Oktober 6, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky mengatakan Ukraina sekarang mengekspor energi ke Uni Eropa

Zelensky mengatakan Ukraina sekarang mengekspor energi ke Uni Eropa

(Reuters) – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan peluncuran transfer energi ke Rumania adalah awal dari proses yang dapat membantu Eropa mengurangi ketergantungannya pada hidrokarbon Rusia.

Komentar Zelensky dalam pesan video Kamis malam muncul setelah Perdana Menteri Denis Shmyal mengumumkan bahwa ekspor telah dimulai pada hari sebelumnya – dengan volume 100 megawatt – empat bulan setelah perang Rusia di Ukraina.

Presiden mengatakan dimulainya ekspor adalah “langkah penting lainnya dalam langkah kami menuju Uni Eropa”.

“Berkat listrik Ukraina, sebagian besar gas Rusia yang digunakan oleh konsumen Eropa dapat diganti. Jadi, ini bukan hanya masalah pendapatan ekspor bagi kami, tetapi masalah keamanan bagi seluruh Eropa,” kata Zelensky.

“Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa menghubungkan negara kita dengan sistem energi bersama UE telah terjadi setelah dimulainya perang. Ukraina sekarang melakukan hal-hal yang dulu tampak mustahil.”

Ukraina mencapai kesepakatan pada pertengahan Maret untuk bergabung dengan Jaringan Operator Sistem Transportasi Eropa (ENTSO-E) sebagai pengamat setelah menghubungkan jaringannya dengan jaringan Uni Eropa.

ENTSO-E mengatakan minggu ini bahwa persiapan telah selesai untuk ekspor pertama dari Ukraina, bersama dengan energi dari bekas Soviet Moldova, mulai 30 Juni – menggunakan hubungan dengan Rumania.

Dia mengatakan perdagangan listrik di hubungan lain antara Ukraina dan Slovakia, Ukraina dan Hongaria – serta antara Moldova dan Rumania akan segera menyusul. Grup tersebut mengatakan bahwa total kapasitas komersial pada awalnya akan diidentifikasi sebagai 100 megawatt pada tahap pertama.

Dalam pengumuman sebelumnya, Perdana Menteri Shmyhal mengatakan bahwa potensi ekspor listrik Ukraina ke Eropa bisa mencapai 2,5 gigawatt.

(Laporan oleh Ronald Popesky; Penyuntingan oleh Stephen Coates)