Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemadaman listrik melanda Tanzania ketika Topan Hadiya semakin parah

Pemadaman listrik melanda Tanzania ketika Topan Hadiya semakin parah

NAIROBI, Kenya (AP) — Topan Hidaya telah melemah secara signifikan saat mendekati pantai Tanzania, kata departemen meteorologi negara itu pada Sabtu.

Namun, para pejabat telah memperingatkan warga untuk berhati-hati, karena topan tersebut membawa hujan lebat dan angin kencang ke negara itu hingga hari Minggu. Departemen Meteorologi tidak menyebutkan kecepatan angin maksimum badai tersebut.

Listrik padam sebagian besar di sebagian besar wilayah Tanzania pada hari Sabtu, karena hujan lebat dan angin kencang dari kota Hedaya melanda negara itu setelah kejadian tersebut. Banjir berminggu-minggu di daerah tersebut.

Layanan feri antara Dar es Salaam dan Zanzibar, pusat komersial Tanzania, dihentikan ketika Topan Hidaya mendekati pantai Afrika Timur sebelumnya, membawa angin berkecepatan maksimum 120 kilometer per jam dan badai kuat.

Media lokal memuat laporan pohon tumbang akibat angin kencang yang dialami Pulau Mafia pada Sabtu sore.

Pihak berwenang meminta warga untuk berhati-hati karena intensitas badai meningkat.

Otoritas Meteorologi menyebutkan curah hujan lebat tercatat terjadi di wilayah pesisir pada malam hari, lebih banyak dari biasanya. Masyarakat Palang Merah Tanzania sedang melakukan kampanye kesiapsiagaan di sepanjang pantai.

Hujan lebat dan banjir di Tanzania dan wilayah Afrika Timur lainnya dalam beberapa pekan terakhir telah menewaskan sekitar 155 orang, kata pihak berwenang. Lebih dari 200.000 orang lainnya terkena dampaknya.

READ  Perang Antara Rusia dan Ukraina: Pembaruan Langsung - The New York Times