Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky berterima kasih kepada Meloni Italia di Roma – DW – 14/05/2023

Zelensky berterima kasih kepada Meloni Italia di Roma – DW – 14/05/2023

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Dia memulai misi diplomatik penting ke Italia dan Vatikan pada hari Sabtu, di mana dia mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior pemerintah Italia dan Gereja Katolik Roma.

Setibanya di sana, Zelensky menulis di Twitter bahwa itu adalah “kunjungan penting untuk mendekatkan kemenangan Ukraina”.

Di Roma, Zelensky mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Italia Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Giorgia Meloni.

Meloni menjanjikan dukungan penuh Italia ke Ukraina dalam upayanya untuk mengusir “agresi Rusia yang brutal dan tidak adil”. Berbicara bersama Zelensky, dia mengatakan Italia akan terus memasok Ukraina Dengan senjata dan dukungan untuk negaranya selama mungkin.

“Kami bertaruh pada kemenangan Ukraina,” tambah Meloni. Perdana Menteri Italia juga memperbarui dukungannya terhadap upaya Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Pada konferensi pers bersama, Zelensky berterima kasih kepada Meloni atas “bantuannya dalam menyelamatkan nyawa”.

Kunjungan pemimpin Ukraina itu menandai yang pertama ke Italia sejak Rusia meluncurkan invasi besar-besaran awal tahun lalu.

Italia menjanjikan dukungan penuh kepada Ukraina

Browser ini tidak mendukung komponen video.

Berikut adalah beberapa perkembangan penting lainnya terkait perang Rusia di Ukraina pada Sabtu, 13 Mei:

Zelensky meminta Paus Fransiskus untuk mengutuk Rusia dengan lebih keras

Setelah pembicaraannya dengan Mattarella dan Meloni, Zelensky menuju ke Vatikan untuk sebuah pertemuan Paus Francis.

“Saya berterima kasih atas ketertarikan pribadinya pada tragedi jutaan warga Ukraina,” tulis Zelensky di Twitter. “Saya berbicara tentang puluhan ribu anak yang dideportasi.”

“Selain itu, saya telah meminta Paus Fransiskus untuk mengutuk kejahatan Rusia di Ukraina. Karena tidak ada kesetaraan antara korban dan agresor,” tambahnya seraya menambahkan bahwa ia juga meminta kepala Gereja Katolik untuk mendukung 10- titik rencana perdamaian.

READ  Di bawah Kyiv yang terkepung, pengganti orang tua asing berlindung di ruang bawah tanah
Zelensky mengadakan pembicaraan pribadi dengan paus di Vatikan pada hari SabtuFoto: Berita Vatikan / AP Foto / gambar aliansi

Vatikan berkata: “Paus telah menegaskan doanya yang terus-menerus, dibuktikan dengan banyak seruan publiknya dan doa terus-menerus dari Tuhan untuk perdamaian, sejak Februari tahun lalu.”

Paus telah mengisyaratkan kepada wartawan bahwa “misi” Vatikan untuk mencoba mengakhiri perang sekarang sedang berlangsung, sebuah pernyataan yang secara terbuka diungkapkan oleh Moskow dan Kiev keheranan. Vatikan telah mengkonfirmasi bahwa ada sesuatu yang sedang dikerjakan, tanpa memberikan rincian apapun. Paus berusia 86 tahun itu telah berulang kali menyerukan perdamaian dan menawarkan untuk menengahi antara Kiev dan Moskow,

Awal pekan ini, Francis bertemu dengan duta besar Rusia untuk Vatikan, Alexander Avdeev. koran Italia Il Messaggero Dilaporkan bahwa Vatikan mungkin telah memberikan surat kepada Avdeev kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Moskow mengatakan pasukan Rusia maju ke Bakhmut

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya masih melakukan penetrasi ke dalam Kota Bakhmut di garis depan Dia telah merebut kendali atas sebuah distrik di sebelah timur kota Ukraina.

“Di arah Donetsk, detasemen penyerangan membebaskan sebuah blok pemukiman di bagian barat laut kota Artemovsk,” kata Kementerian Pertahanan, mengacu pada Bakhmut dengan nama Rusianya.

Sementara itu, seorang komandan militer senior Ukraina mengatakan bahwa pasukan Kiev bergerak maju di sepanjang garis depan melawan pasukan Rusia di dekat Bakhmut.

“Tentara kami bergerak maju di beberapa area depan, dan musuh kehilangan peralatan dan tenaga,” kata komandan Angkatan Darat Ukraina Oleksandr Sersky di media sosial.

Helikopter dan pesawat perang Rusia jatuh di wilayah Bryansk

Media Rusia melaporkan bahwa sebuah helikopter militer dan jet tempur jatuh di wilayah Bryansk Rusia. Tidak segera jelas apa yang menyebabkan kecelakaan itu.

Kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa helikopter itu jatuh di daerah tak berpenghuni di dekat kota Klinsti. Video yang diposting di media sosial menunjukkan helikopter itu meledak sebelum jatuh ke tanah dan dilalap api.

READ  Caramelo, seekor kuda asal Brazil yang terdampar di atap rumah akibat banjir, telah diselamatkan setelah mengejutkan negara

Tass kemudian melaporkan bahwa jet tempur Sukhoi Su-34 Rusia telah jatuh di area yang sama. Keadaan kecelakaan itu tidak segera jelas.

Media Rusia melaporkan bahwa kedua penumpang helikopter Mi-8 itu tewas, meski belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah Rusia.

Jerman akan mengirimkan paket bantuan militer kepada Ukraina senilai 2,7 miliar euro

Jerman menjanjikan Ukraina Pengiriman senjata lainnya senilai 2,7 miliar euro ($2,95 miliar) menjelang kemungkinan kunjungan Presiden Zelensky ke Jerman, Kementerian Pertahanan Jerman mengumumkan pada hari Sabtu.

Menurut kementerian, paket tersebut, yang terbesar di Jerman hingga saat ini, mencakup 20 kendaraan tempur infanteri Marder, 30 tank Leopard-1, dan empat sistem pertahanan udara IRIS-T-SLM.

“Kita semua berharap untuk segera mengakhiri perang mengerikan yang dilancarkan Rusia terhadap rakyat Ukraina, tapi sayangnya itu tidak terlihat. Itulah mengapa Jerman akan memberikan semua bantuan yang bisa dilakukan, selama diperlukan,” Menteri Pertahanan Boris Pistorius mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Jerman tahun lalu memberi Ukraina dukungan militer 2 miliar euro dan mengalokasikan 2,2 miliar euro untuk tahun ini, meskipun detailnya belum diselesaikan.

Zelensky: Rusia kalah “perang dalam pikiran mereka”

Dalam pidato Jumat malamnya, Zelensky mengatakan Rusia “sudah siap secara internal untuk kekalahan.”

“Mereka telah kehilangan perang ini dalam pikiran mereka. Kita harus menekan mereka setiap hari sehingga rasa kekalahan mereka berubah menjadi pelarian, kesalahan dan kekalahan mereka,” katanya.

Ukraina mengklaim telah memulihkan petak-petak tanah darinya Rusia Pasukan di dekat Bakhmut, tempat pertempuran perang terpanjang dan paling berdarah.

Pada hari Jumat, Moskow mengakui mundurnya pasukannya ke utara kota.

Yevgeny Prigozhin, Kepala Sektor Swasta Rusia Kelompok tentara bayaran Wagner Dia, yang memimpin kampanye di Bakhmut, mengatakan dalam pesan audio bahwa apa yang Moskow “sayangnya disebut” kekalahan “dan bukan pengelompokan kembali”.

READ  Pekerja di Felixstow, pelabuhan peti kemas terbesar di Inggris, akan memulai mogok kerja selama 8 hari

Pemimpin keuangan G7 untuk memperingatkan ketidakpastian global

itu Para pemimpin keuangan dari Kelompok Tujuh Negara-negara G7 yang lebih kaya bersiap untuk menyelesaikan pertemuan tiga hari di Jepang dengan peringatan meningkatnya ketidakpastian ekonomi.

“Ekonomi global telah menunjukkan ketahanan dalam menghadapi berbagai guncangan, termasuk pandemi COVID-19, perang agresi Rusia melawan Ukraina, dan tekanan inflasi terkait,” kata para pemimpin dalam draf akhir pernyataan yang dilihat oleh kantor berita Reuters. .

“Kita harus tetap waspada dan tetap proaktif serta fleksibel dalam kebijakan ekonomi makro kita di tengah meningkatnya ketidakpastian tentang prospek ekonomi global.”

Lebih banyak liputan DW tentang perang Rusia di Ukraina

Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan pada hari Jumat memanggil duta besar Amerika Untuk pertemuan mengenai tuduhan yang dia buat sehari sebelumnya tentang negara yang memasok senjata ke Rusia untuk perang di Ukraina.

Seorang siswa dengan slogan anti perang, seorang pendiri sekolah kejuruan yang tidak ingin direkrut menjadi tentara: Beberapa orang di Rusia masih menentang perang di Ukraina. Mereka mengambil risiko besar untuk melakukannya, kata Juri Richito dari DW dalam video di bawah ini.

Protes diam Rusia terhadap perang

Browser ini tidak mendukung komponen video.

ab, dh, lo / rc (AFP, AP, dpa, Reuters)