Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Yellen memperingatkan bahwa perubahan iklim menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar di Amerika Serikat

Yellen memperingatkan bahwa perubahan iklim menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar di Amerika Serikat

  • Menteri Keuangan Janet Yellen memperingatkan Selasa bahwa perubahan iklim dapat menyebabkan kerugian nilai aset di seluruh sistem keuangan negara di tahun-tahun mendatang.
  • Pernyataan Yellen disampaikan pada pertemuan pertama dengan Komite Penasihat tentang Risiko Keuangan Terkait Iklim.
  • “Transisi yang tertunda dan tidak terkendali menuju net-zero economy juga dapat menyebabkan guncangan pada sistem keuangan,” kata Yellen.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen menerima sambutan tentang “Langkah Selanjutnya dalam Evolusi Keuangan Pembangunan” di Pusat Kajian Strategis dan Internasional (CSIS) di Washington, AS, 9 Februari 2023. \

Leah Mellis | Reuters

Menteri Keuangan Janet Yellen memperingatkan pada hari Selasa bahwa perubahan iklim telah menimbulkan dampak ekonomi yang signifikan di Amerika Serikat dan dapat berdampak besar pada sistem keuangan di tahun-tahun mendatang.

Yellen membuat pernyataan tersebut selama pertemuan pertama dengan Komite Penasihat Risiko Keuangan Iklim (CFRAC), sebuah dewan penasehat yang dibuat tahun lalu oleh Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan dalam upaya memajukan langkah-langkah AS untuk mengurangi risiko iklim terhadap perekonomian. .

“Saat perubahan iklim meningkat, bencana alam dan suhu yang lebih tinggi dapat menurunkan nilai aset yang dapat mengalir melalui sistem keuangan,” katanya dalam pertemuan tersebut. Transisi yang tertunda dan tidak terkendali menuju net-zero economy juga dapat menyebabkan guncangan pada sistem keuangan.

Bencana terkait iklim telah menyebabkan kerugian ekonomi melalui kerusakan infrastruktur, gangguan layanan kritis, dan kerugian nilai properti, menurut a Laporan pemerintah federal Dirilis tahun lalu. Amerika Serikat telah mengalami rata-rata hampir delapan miliar dolar bencana setiap tahun selama empat dekade terakhir. Dalam lima tahun terakhir, jumlah itu melonjak menjadi hampir 18 acara setiap tahunnya.

“Efek ini tidak hipotetis,” kata Yellen. “Mereka sudah bermain.”

READ  Saham-saham menguat di kawasan Asia-Pasifik karena data inflasi AS tetap menjadi sorotan

Yellen mengatakan negara bagian seperti California, Florida, dan Louisiana baru-baru ini dilanda badai hebat dan kebakaran hutan, dan dia mencatat bahwa badai di Selatan dan badai hebat di Pantai Barat menunjukkan bahwa perubahan iklim semakin cepat.

Dia mengatakan beberapa perusahaan asuransi menaikkan suku bunga atau mengurangi area berisiko tinggi sebagai tanggapan atas kerugian yang lebih tinggi.

“Ini berpotensi menimbulkan konsekuensi yang mengerikan bagi pemilik rumah dan nilai properti mereka,” kata Yellen. “Perkembangan seperti itu dapat meluas ke bagian lain dari sistem keuangan kita yang saling berhubungan.”

Pemerintahan Biden telah mengambil tindakan eksekutif untuk mengatasi risiko iklim terhadap ekonomi, termasuk tindakan segera oleh Komisi Sekuritas dan Bursa yang akan mewajibkan perusahaan publik untuk mengungkapkan emisi gas rumah kaca. Badan tersebut sekarang mempertimbangkan untuk mengurangi aturan pengungkapan iklim yang diusulkan.

Yellen sebelumnya menggembar-gemborkan investasi iklim bersejarah dalam Undang-Undang Pengendalian Inflasi Presiden Biden, yang secara khusus mempromosikan keringanan pajak undang-undang dan insentif sektor swasta lainnya yang ditujukan untuk menurunkan biaya energi konsumen dan emisi gas rumah kaca domestik.

Dia menonton: Kemungkinan pelonggaran aturan pengungkapan iklim