Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berita langsung: Saham Asia-Pasifik jatuh setelah pernyataan Powell tentang kenaikan suku bunga

Berita langsung: Saham Asia-Pasifik jatuh setelah pernyataan Powell tentang kenaikan suku bunga

Mata uang Asia menurun terhadap kenaikan dolar setelah pernyataan Powell

Mata uang Asia jatuh terhadap dolar pada hari Rabu, karena greenback didorong oleh komentar dari Ketua Federal Reserve AS Jay Powell yang menyarankan bank sentral dapat kembali menaikkan suku bunga.

Semua harga diberikan dalam dolar:

  • Renminbi China turun 0,2 persen ke level terendah 6,976 yuan, level terendah sejak akhir Desember.

  • Won Korea Selatan turun 1,8 persen menjadi 1.322,41 won

  • Yen Jepang turun 0,4 persen menjadi 137,68 yen, setelah turun 0,9 persen pada Selasa, juga menandai level terlemah sejak Desember.

  • Dolar Australia kehilangan 0,2 persen menjadi A$0,657 setelah jatuh 2,2 persen pada hari Selasa.

Kedutaan Besar China di Jerman “bingung” dengan rencana yang dilaporkan untuk melarang Huawei

© Reuters

Kedutaan Besar China di Jerman mengkritik rencana yang dilaporkan untuk melarang Huawei dan ZTE dari bagian jaringan 5G negara Eropa itu.

Kementerian Dalam Negeri Federal Jerman mengatakan pada hari Selasa bahwa pemerintah sedang melakukan peninjauan terhadap risiko keamanan yang ditimbulkan oleh komponen yang sudah dipasang di jaringan 5G negara tersebut.

Media Jerman juga melaporkan bahwa pemerintah berencana untuk melarang bagian tertentu yang dibuat oleh grup telekomunikasi China Huawei dan ZTE, yang berperan besar dalam jaringan telekomunikasi Jerman.

Jika laporannya benar, China. . . “Ini mengungkapkan ketidakpuasan yang mendalam dan kebingungan yang besar,” kata kedutaan pada Selasa malam.

Defisit neraca berjalan Jepang pada bulan Januari mencapai rekor tertinggi

Defisit neraca berjalan Jepang mencapai rekor tertinggi pada Januari, menurut data Kementerian Keuangan yang dirilis Rabu pagi.

Pada 1,98 triliun yen ($14,41 miliar), defisit perdagangan Jepang untuk bulan tersebut secara signifikan melebihi ekspektasi pasar. Itu juga merupakan defisit terbesar yang pernah dicatat negara itu selama satu bulan.

Dengan ekonomi terbesar kedua di Asia yang sangat bergantung pada impor bahan bakar dan bahan mentah, para pejabat menyalahkan kenaikan biaya energi — serta ekspor yang lemah ke China selama liburan Tahun Baru Imlek — sebagai penyebab rekor defisit.

Saham jatuh di kawasan Asia-Pasifik karena Powell menakuti investor

Saham jatuh di kawasan Asia-Pasifik pada Rabu pagi karena investor mengkhawatirkan komentar hawkish dari Ketua Federal Reserve Jay Powell.

Indeks Kospi Korea Selatan turun 1,1 persen dan indeks Standard & Poor’s/ASX 200 Australia turun 0,9 persen. Indeks berjangka Hang Seng Hong Kong menunjukkan penurunan sebesar 1,3 persen.

Powell memperingatkan pada hari Selasa bahwa Fed siap untuk kembali ke suku bunga yang lebih tinggi untuk melawan inflasi. Komentarnya menaikkan imbal hasil nota Treasury AS dua tahun menjadi lebih dari 5 persen untuk pertama kalinya sejak 2007. S&P 500 dan Nasdaq Composite masing-masing turun 1,5 persen dan 1,2 persen.

Apa yang Anda lihat di Asia hari ini

Jakarta: China dan Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara akan bertemu di ibu kota Indonesia untuk membahas Laut China Selatan, di mana ketegangan telah meningkat di tengah klaim teritorial yang tumpang tindih antara sejumlah negara anggota ASEAN dan Beijing.

Pendapatan: Cathay Pacific mengumumkan pendapatannya. Lalu lintas di Bandara Hong Kong telah pulih dari tingkat pandemi terendahnya, tetapi angka kelulusan masih jauh lebih rendah dari tingkat 2019.

Pasar: Saham jatuh di Jepang sementara berjangka jatuh di Hong Kong. Saham Wall Street jatuh setelah Ketua Federal Reserve Jay Powell memperingatkan bahwa bank sentral dapat menaikkan suku bunga lebih agresif jika ekonomi tumbuh terlalu cepat.

Elon Musk mengatakan Twitter dapat mencapai arus kas positif pada kuartal kedua

Elon Musk mengatakan pemotongan biaya berarti bahwa biaya Twitter diperkirakan sekitar $3 miliar per tahun.

Elon Musk mengatakan Twitter dapat kembali membukukan arus kas positif pada kuartal berikutnya, karena CEO mencoba memangkas biaya, menarik pengiklan, dan mengatasi masalah teknis platform.

Berbicara di konferensi investor Morgan Stanley pada hari Selasa, Musk mengatakan arus kas di perusahaan yang dia beli seharga $44 miliar tahun lalu akan mencapai titik impas pada kuartal kedua, menambahkan bahwa hal itu dapat menjadi positif pada periode tersebut.

Dia mengatakan biaya Twitter diperkirakan sekitar $3 miliar per tahun, turun dari $4,5 miliar yang menurutnya akan dikeluarkan perusahaan pada tahun 2023.

Baca lebih lanjut tentang rencana pemotongan biaya Musk di sini.

Senator memperkenalkan RUU bipartisan yang membuka jalan bagi potensi larangan TikTok AS

Senat Demokrat dan Republik telah memperkenalkan undang-undang yang akan memberi pemerintah kekuatan baru untuk memblokir aplikasi China yang menimbulkan ancaman keamanan, termasuk platform berbagi video populer TikTok.

Mark Warner, ketua Komite Intelijen Partai Demokrat, mengumumkan RUU itu Selasa sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pendekatan yang lebih terkoordinasi di seluruh pemerintahan untuk melawan ancaman dari negara-negara termasuk China, Rusia dan Iran.

Undang-Undang Pembatasan mewajibkan Sekretaris Perdagangan untuk menetapkan proses untuk mengidentifikasi ancaman TIK dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Baca lebih lanjut tentang RUU yang diusulkan di sini.

Hasil Treasury dua tahun melebihi 5% untuk pertama kalinya sejak 2007

Imbal hasil Treasury dua tahun, yang bergerak sesuai ekspektasi suku bunga, mencapai 5 persen untuk pertama kalinya sejak 2007.

Hasil memuncak pada 5,01 persen – naik 0,13 poin persentase pada hari itu – setelah komentar dari Ketua Federal Reserve Jay Powell pada hari Selasa, yang mengindikasikan bahwa bank sentral AS mungkin siap untuk mempercepat laju kenaikan suku bunga sebagai tanggapan. Data ekonomi yang lebih panas dari perkiraan.

Investor sekarang mengharapkan suku bunga mencapai puncaknya pada 5,6 persen pada bulan September, dengan kemungkinan satu kali pemotongan pada bulan Desember.

Ukraina membantah terlibat dalam ledakan pipa Nordstream

Kebocoran gas di pipa Nord Stream 2 terlihat pada akhir September 2022
Kebocoran gas di pipa Nord Stream 2 terlihat pada akhir September 2022 © Pertahanan Denmark / AFP via Getty Images

Ukraina membantah terlibat dalam pengeboman tahun lalu yang menghancurkan pipa gas Nordstream yang menghubungkan Rusia dan Eropa Barat, setelah laporan media di Amerika Serikat dan Jerman menyatakan bahwa agen pro-Ukraina mungkin berada di balik serangan tersebut.

“Meskipun saya menikmati mengumpulkan teori konspirasi lucu tentang pemerintah Ukraina, saya harus mengatakan: Ukraina tidak ada hubungannya dengan insiden Laut Baltik dan tidak memiliki informasi tentang ‘kelompok sabotase pro-Ukraina,’” Mykhailo Podolyak, penasihat Presiden Volodymyr Zelensky menulis.

Podolak menanggapi laporan di New York Times yang mengatakan para pejabat AS telah meninjau intelijen baru yang mengindikasikan bahwa “kelompok pro-Ukraina” telah melakukan pengeboman bawah air yang menghantam pipa Nordstream 1 dan 2.

Baca lebih lanjut tentang para terduga pelaku di sini.

READ  Kapan itu muncul di daerah Anda?