Februari 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Yang Hengjun: Australia terkejut dengan penangguhan hukuman mati yang dijatuhkan pada penulis

Yang Hengjun: Australia terkejut dengan penangguhan hukuman mati yang dijatuhkan pada penulis

BEIJING (AP) — Pengadilan Tiongkok menjatuhkan hukuman mati yang ditangguhkan kepada seorang blogger demokrasi Australia kelahiran Tiongkok pada hari Senin. Pemerintah Australia, yang telah berulang kali Dia mengangkat kasusnya Selama bertahun-tahun, dia mengatakan hal itu sangat buruk.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan Yang Hengjun dinyatakan bersalah melakukan spionase dan dijatuhi hukuman mati dengan skorsing dua tahun. Hukuman ini sering kali diringankan menjadi penjara seumur hidup setelah dua tahun.

“Pemerintah Australia terkejut,” kata Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah berita buruk bagi Dr. Yang, keluarganya, dan semua orang yang mendukungnya.”

Yang, mantan diplomat Tiongkok dan agen keamanan negara yang menjadi komentator politik dan penulis novel mata-mata di Australia, ditangkap pada 19 Januari 2019, ketika ia tiba di kota Guangzhou di Tiongkok selatan dari New York bersama istri dan remajanya. anak perempuan.

Dia adalah Saya mencoba di balik pintu tertutup Pada Mei 2021. Detail kasusnya belum terungkap. Yang, yang menjadi warga negara Australia pada tahun 2002, membantah bekerja sebagai mata-mata untuk Australia atau Amerika Serikat.

Keluarganya mengatakan mereka terkejut dan hancur. “Dia dipenjara karena dia mewakili kebenaran, demokrasi, dan pertukaran ide-ide rasional yang saling menghormati,” kata keluarga tersebut melalui juru bicaranya.

Seorang teman di Australia menuduh Tiongkok mengarang kasus spionase terhadap Yang.

“Ini adalah penganiayaan politik yang keterlaluan terhadap publikasi Yang yang membela nilai-nilai universal seperti hak asasi manusia, demokrasi dan supremasi hukum, serta peralihan Tiongkok menuju demokrasi konstitusional,” kata Feng Zhongyi, seorang profesor di Universitas Teknologi Sidney. Pernyataan melalui email.

Dalam suratnya kepada anak-anaknya pada Agustus tahun lalu, Yang mengatakan dia tidak terkena sinar matahari langsung selama lebih dari empat tahun. Dia mengatakan kepada keluarganya bahwa dia takut dia akan meninggal dalam tahanan Setelah ia didiagnosis mengidap kista ginjal, membuat para pendukungnya menuntut pembebasannya untuk mendapat perawatan medis.

READ  Seorang presiden Amerika yang komitmennya pada Afrika telah melewati masa jabatannya

Menteri Luar Negeri Australia mengatakan dalam pernyataannya bahwa Australia “akan menyampaikan tanggapan kami dengan cara yang paling kuat” dan akan terus mendesak kepentingan dan kesejahteraannya, termasuk perawatan medis yang tepat.

Wang, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, mengatakan pengadilan melindungi hak prosedural Yang dan mengatur agar pihak Australia menghadiri keputusan hari Senin, kemungkinan merujuk pada diplomat atau diplomat dari kedutaan Australia.

Pada bulan Oktober tahun lalu, Jurnalis Australia Qing Li telah dibebaskan setelah lebih dari tiga tahun Dia ditahan di Tiongkok dengan tuduhan melanggar larangan tersebut melalui siaran televisi di jaringan televisi milik pemerintah.

Nasib Yang dan Cheng sering menjadi agenda pertemuan tingkat tinggi kedua negara dalam beberapa tahun terakhir.

___

Smith melaporkan dari Sydney. Penulis Associated Press Semina Mestrino di Taipei, Taiwan, berkontribusi untuk laporan ini.