Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Yaman, yang dikuasai pemberontak Houthi, menembakkan rudal balistik ke kapal perusak AS yang membalas serangan terhadap kapal tanker komersial.

Yaman, yang dikuasai pemberontak Houthi, menembakkan rudal balistik ke kapal perusak AS yang membalas serangan terhadap kapal tanker komersial.

Angkatan Laut AS/Bill Mista/Reuters/Arsip

Kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS USS Mason berlayar bersama kapal tanker minyak untuk pengisian armada di Samudra Atlantik, 17 Juli 2021.



CNN

Militer AS mengumumkan pada hari Minggu bahwa dua rudal balistik ditembakkan dari Yaman, yang dikendalikan oleh pemberontak Houthi, menuju kapal perang Amerika di Teluk Aden, setelah Angkatan Laut AS menanggapi panggilan darurat dari sebuah kapal tanker komersial yang disita oleh orang-orang bersenjata.

Komando Pusat AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal tanker tersebut, bernama Central Park, membawa kiriman asam fosfat ketika awaknya meminta bantuan “mereka diserang oleh pihak yang tidak dikenal.” penyataan.

Kapal perusak berpeluru kendali USS Mason, dan kapal sekutu dari satuan tugas anti-pembajakan yang beroperasi di Teluk Aden dan lepas pantai Somalia, menanggapi permintaan bantuan dan “menuntut pembebasan kapal tersebut” setelah tiba. Kata Komando Pusat.

Pernyataan tersebut dipublikasikan di platform media sosial

Pernyataan itu menambahkan, “Al-Maison mengejar para penyerang, yang akhirnya menyebabkan mereka menyerah,” tanpa mengidentifikasi para penyerang.

Beberapa jam kemudian, pada Senin pagi, pada pukul 01:41 waktu setempat, dua rudal balistik diluncurkan dari daerah yang dikuasai pemberontak Houthi di Yaman “menuju lokasi umum” USS Mason dan Central Park, kata pernyataan itu.

Pernyataan itu berbunyi: “Rudal itu mendarat di Teluk Aden, sekitar sepuluh mil laut dari kapal.”

Mason sedang menyelesaikan tanggapannya terhadap panggilan darurat Central Park pada saat peluncuran rudal. Dia menambahkan, tidak ada kerusakan atau cedera pada Central Park atau Mason akibat kejadian tersebut.

Sebuah pernyataan dari Zodiac Maritime, yang mengoperasikan Central Park, pada hari Minggu mengatakan kapal tanker kimia berbendera Liberia itu aman dan “semua awak, kapal dan kargo tidak terluka.”

READ  Sekretaris Jenderal PBB mengatakan dia "tidak mempunyai wewenang apa pun" menjelang pertemuan tahunan tersebut

Kapal tanker tersebut tampaknya memiliki hubungan dengan perusahaan milik Israel; zodiak laut Blogger Sebagai anak perusahaan Ofer Global milik miliarder Israel Eyal Ofer, meskipun juru bicara Zodiac Maritime Jani Jarvinen mengatakan pada hari Minggu bahwa Zodiac “tidak dimiliki oleh Ofer Global.”

Keamanan domain laut “penting bagi stabilitas regional,” Jenderal Eric Kurella, komandan Komando Pusat A.S., mengatakan dalam pernyataan pada hari Minggu.

“Kami akan terus bekerja sama dengan sekutu dan mitra untuk memastikan keselamatan dan keamanan jalur pelayaran internasional,” kata Kurella.