Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia menangkap pejabat senior Kementerian Pertahanan lainnya atas tuduhan suap

Rusia menangkap pejabat senior Kementerian Pertahanan lainnya atas tuduhan suap

Pejabat senior kedua di Kementerian Pertahanan Rusia ditangkap atas tuduhan suap, para pejabat mengumumkan pada hari Selasa, beberapa hari setelah penangkapan Presiden Vladimir Putin. Gantikan Menteri Pertahanan Dalam perombakan kabinet yang memicu harapan akan adanya lebih banyak pembersihan di kementerian.

Komite Investigasi, badan investigasi kriminal terkemuka Rusia, mengatakan Letnan Jenderal Yuri Kuznetsov, kepala Direktorat Personalia Utama kementerian, ditangkap atas tuduhan suap dan ditahan sambil menunggu penyelidikan dan persidangan.

Kuznetsov dituduh menerima suap dalam jumlah yang sangat besar, dengan ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara. Rumahnya dan harta benda lainnya digeledah dan pihak berwenang menyita koin emas, barang mewah, dan uang tunai lebih dari 100 juta rubel (lebih dari $1 juta), kata komite dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Minggu, Putin merombak kabinetnya saat dia mulai bekerja Masa jabatannya yang kelima menggantikan Sergei Shoigu, Ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan selama 11 setengah tahun, bersama dengan Andrei Belousov, seorang ekonom dan mantan wakil perdana menteri. Putin menunjuk Shoigu sebagai Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, peran yang kurang lebih mirip dengan Penasihat Keamanan Nasional AS, menggantikan Nikolai Patrushev.

Patrushev, seorang tokoh garis keras dan kuat di lingkaran dalam Putin yang telah menjabat selama 16 tahun, ditunjuk sebagai asisten presiden. Alexei Dyumin, gubernur wilayah Tula yang kerap disebut-sebut sebagai salah satu calon penerus Putin, juga ditunjuk sebagai asisten presiden dalam perombakan kabinet.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa Patrushev akan mengawasi industri pembuatan kapal Rusia dalam pekerjaan barunya, namun nantinya ia juga dapat mengambil tugas lain.

Dia menolak klaim bahwa perombakan Shoigu mewakili penurunan pangkat, dan menggambarkan posisi barunya sebagai “pekerjaan yang sangat senior dengan tanggung jawab yang luas.”

READ  Kepala intelijen Inggris di GCHQ mengatakan bahwa tentara Rusia menolak untuk melaksanakan perintah di Ukraina

Meskipun Shoigu, yang memiliki hubungan pribadi dengan Putin dan menemaninya berlibur di pegunungan Siberia selama bertahun-tahun, diberi posisi senior baru, masa depan lingkaran dalamnya di Kementerian Pertahanan tampak diragukan di bawah pemerintahan Belousov.

Wakil Shoigu, Timur Ivanov, ditangkap bulan lalu atas tuduhan suap dan diperintahkan untuk tetap ditahan sambil menunggu penyelidikan resmi. Penangkapannya secara luas ditafsirkan sebagai serangan terhadap Shoigu dan kemungkinan awal pemecatannya.

Shoigu secara luas dipandang sebagai tokoh kunci di balik keputusan Putin untuk mengirim pasukan Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Dia dan Kepala Staf Umum Jenderal Valery Gerasimov telah menghadapi kritik keras dari kelompok garis keras Rusia atas kemunduran militer, termasuk kegagalan merebut Kiev dalam beberapa minggu. Invasi pertama dan penarikan cepat pasukan Rusia dari timur laut dan selatan Ukraina pada musim gugur tahun 2022.

Perubahan ini terjadi ketika pasukan Rusia melancarkan serangan di beberapa sektor di Ukraina dalam upaya mengambil keuntungan dari melambatnya bantuan Barat ke Ukraina, yang oleh banyak pengamat dianggap sebagai momen yang menentukan dalam perang tersebut.

Kremlin berusaha meredakan kebingungan yang meluas mengenai pemilihan seorang ekonom yang tidak memiliki catatan militer sebelumnya sebagai menteri pertahanan dengan menekankan bahwa Gerasimov, yang memimpin pertempuran di Ukraina, tetap mempertahankan jabatannya.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di Ukraina https://apnews.com/hub/russia-ukraine