Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

W. Australia menawarkan untuk mewujudkan impian baterai EV Indonesia

W. Australia menawarkan untuk mewujudkan impian baterai EV Indonesia

Jakarta. Negara bagian Australia Barat menyatakan ingin membantu Indonesia – pemain utama dalam produksi kendaraan listrik (EV), khususnya komponen seperti baterai – menjadi tetangga terdekat yang kaya akan nikel.

Pemerintah Australia Barat dan kelompok lobi bisnis Indonesia, Kadin, baru-baru ini sepakat untuk menjajaki kerja sama dalam rantai pasokan mineral penting. Mereka menandatangani rencana aksi pada bulan Juli sebagai kelanjutan dari kemitraan ini. Menurut Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook, kemitraan ini akan mengalami beberapa kemajuan pada tahun depan.

“Kami memperkirakan surat-surat tersebut akan menghasilkan kesepakatan yang lebih kuat dalam 12 bulan ke depan,” kata Cook kepada wartawan di sela-sela KTT Perdagangan dan Investasi ASEAN (ABIS) 2023 di Jakarta, Minggu.

“Kami tahu bagaimana Indonesia ingin memainkan peran penting dalam pengembangan kendaraan listrik dan komponen lainnya. Australia Barat ingin menjadi bagian dari rantai pasokan tersebut, sehingga kami dapat terus membantu mitra Indonesia kami menjadi yang terdepan dalam produksi kendaraan listrik,” Cook dikatakan.

Cook mengatakan negara bagian yang kaya sumber daya ini memiliki semua mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi baterai.

“Kami ingin menjadi bagian penting dalam rantai pasokan global, khususnya di Indonesia. … Australia Barat adalah mitra investasi yang kuat bagi Indonesia dan ASEAN pada umumnya. … Australia Barat, khususnya ibu kota kami, Perth, lebih dekat ke Jakarta dibandingkan dengan kami. Sidney,” ujarnya.

Cook tidak sendirian dalam perjalanannya ke Jakarta. Ia mendatangkan ratusan delegasi Australia Barat yang akan melakukan pembicaraan trade match dengan pihak swasta Indonesia. Pembicaraan ini kemungkinan besar akan menghasilkan beberapa kesepakatan bisnis nyata.

Laporan Survei Geologi AS tahun 2023 mencantumkan Indonesia dan Australia sebagai dua negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, masing-masing sebesar 21 juta metrik ton. Tambang nikel di Indonesia diperkirakan akan memproduksi 1,6 juta metrik ton pada tahun 2022, sedangkan produksi logam perak-putih Australia akan berjumlah 160.000 metrik ton pada tahun tersebut.

READ  Inflasi Indonesia naik ke target c.bank di bulan Mei

Setengah dari litium dunia diproduksi di Australia Barat. Negara ini juga merupakan pengekspor utama nikel, kobalt, mangan, dan tanah jarang. Pada tahun 2021, seluruh produksi litium di negara tersebut akan berasal dari Australia Barat. Data Survei Geologi AS tahun 2023 menunjukkan cadangan litium Australia berjumlah 6,2 juta metrik ton. Produksi litium Australia meningkat dari 55.300 metrik ton pada tahun 2021 menjadi 61.000 metrik ton pada tahun depan.

Lithium dan nikel penting dalam produksi baterai EV.

Baca Juga: ASEAN memperkirakan peningkatan investasi kendaraan listrik sebesar 570 persen pada tahun 2022

Tag: Kata Kunci: