Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Video: Salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia meletus, menutupi desa-desa dalam abu |  Berita Dunia

Video: Salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia meletus, menutupi desa-desa dalam abu | Berita Dunia

Gunung berapi Merabi di Indonesia telah meletus, memuntahkan awan panas hingga tujuh kilometer, Reuters melaporkan, mengutip badan penanggulangan bencana negara. Gunung Merapi terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia. Reuters melaporkan bahwa gunung berapi tersebut meletus sekitar pukul 12:00 waktu setempat (0500 GMT) dan aliran lahar terlihat sekitar 1,5 km jauhnya.

Setelah letusan, warga sekitar diperingatkan untuk menghentikan aktivitas apa pun di zona bahaya. Pejabat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa zona tersebut telah ditandai untuk radius tiga hingga tujuh kilometer dari kawah.

Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia dan tingginya 2.963 meter (9.721 kaki). Gunung berapi itu sudah berada pada tingkat siaga tertinggi kedua di negara itu. Dalam video yang dibagikan secara luas di media sosial, gunung berapi tersebut terlihat meletus.

Namun, belum ada warga yang dievakuasi, kata seorang pejabat kepada Reuters.

“Ini terlihat sekali kejadian, dengan 5-6 longsoran. Cakupannya terus meningkat dan evakuasi warga akan direkomendasikan jika jaraknya lebih dari 7 km,” kata pejabat itu. .

Terletak di Cincin Api Pasifik, Indonesia memiliki lebih banyak gunung berapi daripada negara lain di dunia. Gunung Merapi meletus pada tahun 2010 dan menewaskan lebih dari 350 orang.

READ  VC Indonesia sedang belajar menghindari surga pajak global demi akar lokal