April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Video gameplay Arma 3 menjadi viral sebagai rekaman palsu konflik Israel-Hamas – Rolling Stone

Video gameplay Arma 3 menjadi viral sebagai rekaman palsu konflik Israel-Hamas – Rolling Stone

Para troll, pemburu pengaruh, dan orang-orang bodoh membanjiri media sosial dengan klip-klip dari video game militer, dan menganggapnya sebagai rekaman konflik yang terjadi di Gaza. Video palsu tersebut muncul sebagai informasi yang salah mengenai konflik banjir X, platform yang dulu bernama Twitter.

Menyusul serangan besar-besaran yang dilakukan militan Hamas terhadap sasaran-sasaran Israel pada hari Sabtu, termasuk membunuh warga sipil dan menyandera mereka, media sosial dibanjiri dengan rekaman menyesatkan yang dimaksudkan untuk menunjukkan eskalasi konflik oleh militer – termasuk sejumlah besar klip. Dari Irma 3video game pertarungan dunia terbuka yang sangat realistis yang memungkinkan pengguna menyesuaikan skenario permainan.

Satu klip, yang menggambarkan sebuah helikopter ditembak jatuh oleh rudal yang ditembakkan dari bahu, mendapat lebih dari 2,5 juta tayangan. Pada X. Komentar pengguna tersebut berbunyi: “Video baru: Pejuang Hamas menembak jatuh sebuah helikopter militer Israel di Gaza.” terakhir Irma klip 3 Syuting helikopter yang jatuh mendapat lebih dari 8,5 juta tayangan. Kedua postingan tersebut menerima tag umpan balik komunitas yang menjelaskan sumbernya, namun tidak dihapus dari situs web.

dua Irma 3 pinKeduanya diposting dengan lebih dari 3 juta views di TikTok oleh akun yang sering memposting klip dari game tersebut dengan cara yang licik. Salah satu video, yang menggambarkan sekelompok jet tempur terbang di tengah serangkaian sirene serangan udara dan ledakan amunisi, diberi judul: “BREAKING: Serangan besar-besaran Israel sedang berlangsung sebagai respons terhadap serangan Hamas.” Penafian bahwa video tersebut “difilmkan menggunakan simulator pertarungan digital” ditempatkan di bagian bawah deskripsi — yang tidak terlihat kecuali pengguna memilih opsi untuk mempostingnya — di bawah keterangan dan rangkaian lebih dari 20 tagar.

READ  'Setiap rumah adalah benteng': Pemimpin Wagner menghitung biaya saat Rusia berhenti di Bakhmut | Ukraina

Postingan TikTok tersebut kemudian dibagikan Diposting pada X Ditulis oleh pemimpin Britain First Paul Golding, yang kemudian menghapus postingan tersebut setelah diberitahu bahwa itu palsu. Meski dia pernah ditipu sekali, Goodling Memposting video kedua Dari film “Arma 3” dengan judul “Israel secara signifikan mengintensifkan operasi pembalasannya.” Klip tersebut telah ditonton lebih dari 260.000 kali sejak Minggu, dan tidak ditandai oleh pemberitahuan komunitas.

Sejak dirilis pada tahun 2013, Arma 3 telah menjadi sumber akun troll yang mencoba menampilkan cuplikan gameplay beresolusi tinggi atau memotong adegan sebagai cuplikan pertarungan dari konflik dunia nyata. Pada bulan Oktober tahun lalu, video Arma 3 difilmkan Pertempuran permukaan-ke-udara, Meluncurkan rudalDan Serangan pesawat tak berawak Video tersebut secara keliru digambarkan di media sosial sebagai rekaman pertempuran dari invasi Rusia ke Ukraina. Pada tahun 2018, media pemerintah Rusia melakukan kesalahan Rekaman siaran Dari game tersebut, diklaim menunjukkan serangan Rusia terhadap konvoi militer Suriah. Pada Agustus tahun lalu, sebuah postingan berisi konten Arma 3 diterbitkan Dia mengaku sedang memotret Serangan tentara Tiongkok di Taiwan.

Bohemia Interactive, pengembang game indie asal Ceko yang memproduksi Arma 3, tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Batu Bergulir. Pada bulan November tahun lalu, perusahaan diarahkan Penyalahgunaan kontennya dalam postingan blog.

“Arma 3 lebih dari sekedar game simulasi militer, ini adalah platformer terbuka yang unik,” tulis Pavel Kryzka, direktur PR Bohemia. “Ini berarti bahwa pemain Arma 3 dapat membuat ulang dan mensimulasikan konflik apa pun di masa lalu, saat ini, atau di masa depan dengan sangat detail.…Kebebasan unik dari platform Arma 3 ini memiliki kelemahan: video yang diambil dari Arma 3, terutama saat game tersebut dimodifikasi, cukup mengganggu. mampu Menyebarkan berita palsu.

READ  Paus Fransiskus mengeluarkan kabar terbaru mengenai kesehatan setelah mengandalkan seorang imam untuk berbicara atas namanya di Vatikan - World News

“Kami telah mencoba melawan konten semacam itu dengan menandai video-video ini [social media] “Penyedia platform…tapi itu sama sekali tidak efektif,” tambah Krzyska. “Kami menemukan bahwa cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan berkolaborasi secara aktif dengan media dan pemeriksa fakta terkemuka (seperti AFP, Reuters, dan lainnya), yang memiliki akses dan kapasitas lebih baik untuk secara efektif memerangi penyebaran rekaman berita palsu.”

Penyebaran gambar palsu dari konflik Gaza, bersama dengan konten tidak autentik lainnya, membebani sistem moderasi X yang sudah lemah, sehingga memungkinkan penyebaran informasi yang salah, menurut beberapa pakar di bekas perusahaannya, Twitter.

Ketika dihubungi untuk memberikan komentar, X menjawab bahwa mereka “sedang sibuk saat ini” dan “ingin memeriksanya kembali nanti.”

“Ini tidak seperti dulu. “Tingkat misinformasi sangat mencengangkan,” kata salah satu mantan karyawan Twitter yang akrab dengan proses moderasi platform sebelumnya. “Tidak ada kontrol yang diterapkan untuk melawan misinformasi, dan tidak ada kebijakan atau jalur penegakan hukum yang menentangnya. ”

Para ahli mengatakan sejumlah perubahan di X telah mengubah platform tersebut menjadi tempat berkembang biaknya informasi yang salah tentang konflik tersebut.

“Ini benar-benar karena cara Twitter memberi penghargaan kepada pengguna supernya karena berbagi konten telah berubah secara dramatis dengan perubahan yang dilakukan Elon Musk pada Twitter. Sebelumnya, Twitter membagikan verifikasi,” kata Elliott Huggins, pendiri situs investigasi sumber terbuka Bellingcat Kepada organisasi berita dan individu dengan rekam jejak yang terbukti dalam menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, serta tokoh masyarakat penting.”

“Sekarang, dengan perubahan yang dilakukan Musk, siapa pun bisa mendapatkan tanda centang biru, yang memberikan banyak manfaat dalam hal seberapa terlihat postingan mereka, namun tanda centang biru tersebut sama sekali tidak ada artinya dalam hal nilai informasi yang dibagikan,” tambahnya. “Faktanya, saya akan mengatakan lebih jauh bahwa tanda centang biru pada saat ini umumnya merupakan indikator informasi bernilai rendah.”

READ  Rusia meluncurkan gelombang baru serangan rudal ke Ukraina

Di bawah kepemilikan sebelumnya, Twitter sering kali melakukan kesalahan dalam hal kehati-hatian selama konflik internasional. Selama perang tahun 2021 di wilayah Tigray Ethiopia, yang menyaksikan terbunuhnya ribuan warga sipil, Menghentikan iklan Di kawasan ini, upaya moderasi telah diintensifkan.

Namun setelah akuisisi Musk, Twitter meluncurkan program bagi hasil iklan baru yang memungkinkan beberapa akun terkenal memonetisasi konten mereka. Meskipun platform ini telah lama menjadi target perburuan pengaruh dan misinformasi yang bermotif ideologis, program bagi hasil telah memunculkan jenis akun baru tanpa informasi yang dapat diverifikasi dan tingginya antusiasme dalam mencari klik yang menghasilkan pendapatan.

Umum

Selama akhir pekan, pemilik X, Elon Musk, mempromosikan dua akun, “WarMonitors” dan “sentdefender,” dengan catatan panjang memposting “berita” palsu dan, dalam kasus WarMonitors, konten anti-Semit sebelum menghapus postingan yang merujuk pada mereka.

“Banyak dari akun-akun ini tidak melakukan upaya apa pun untuk memeriksa fakta sumbernya, sehingga mereka lebih cenderung menyebarkan informasi yang salah, dan karena banyak dari mereka yang membeli tanda centang biru, mereka mendapat dorongan ekstra dari Twitter baru Musk,” kata Higgins. . “Akun yang dipromosikan Musk benar-benar termasuk dalam kategori ini, dan menurut saya, bukan suatu kebetulan jika kedua akun yang direkomendasikan Musk terdaftar di layanan berlangganan Twitter.”