Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Video baru menunjukkan ledakan besar di sebuah gedung yang tampaknya telah diduduki oleh pasukan Rusia di Solidar

Menara pendingin di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Rivne di Varash, Ukraina. (Michael Robinson Chavez/The Washington Post/Getty Images)

Kepala Badan Energi Atom Internasional akan melakukan perjalanan ke Ukraina minggu depan untuk membangun kehadiran permanen ahli keselamatan di semua pembangkit listrik tenaga nuklir negara itu.

“Direktur Jenderal Rafael Mariano Grossi akan berada di Ukraina minggu depan untuk membangun kehadiran pakar keselamatan dan keamanan nuklir yang berkelanjutan di semua fasilitas tenaga nuklir negara itu, sangat meningkatkan upaya IAEA untuk membantu mencegah proliferasi kecelakaan nuklir selama konflik militer saat ini. , ”Menurut pernyataan Badan Energi Atom Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sementara itu dikendalikan oleh Rusia Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye Sudah menjadi anggota tim IAEA di lokasi, para ahli juga akan ditempatkan di pembangkit listrik tenaga nuklir Khmelnytskyi di Ukraina barat dalam “beberapa hari mendatang”. IAEA mengatakan Grossi akan melakukan perjalanan ke pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina selatan dan Rivne – serta ke situs Chernobyl – untuk mengatur dua misi anggota IAEA di setiap situs.

Grossi juga akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah Ukraina di Kyiv untuk membahas pendirian A berulang-ulang ke Zona perlindungan keselamatan dan keamanan nuklir di sekitar Zaporizhzhia. Kyiv menuduh Rusia menggunakan pabrik itu sebagai kedok untuk melancarkan serangan, mengetahui bahwa Ukraina tidak dapat membalas tembakan tanpa risiko mengenai salah satu dari enam reaktor pabrik itu. Sementara itu, Moskow mengklaim bahwa pasukan Ukraina menargetkan situs tersebut.

“Saya tetap bertekad untuk mewujudkan zona perlindungan yang sangat dibutuhkan sesegera mungkin. Konsultasi saya dengan Ukraina dan Rusia mengalami kemajuan, meskipun tidak pada kecepatan yang dibutuhkan. Saya tetap berharap bahwa kita dapat menyepakati dan mengimplementasikan zona tersebut segera.” ”

Menurut pernyataan tersebut, saluran listrik cadangan 330 kV terakhir yang tersisa di Zaporizhzhia telah disambungkan kembali ke stasiun tersebut, setelah mengalami pemadaman listrik minggu lalu.

READ  Protes Peru atas tumpahan minyak: Turis yang disandera oleh kelompok pribumi dibebaskan, kata pejabat

Pernyataan itu menambahkan bahwa Grossi “mengulangi keprihatinan seriusnya tentang tekanan yang dihadapi oleh karyawan ZNPP, dengan konsekuensi potensial bagi keselamatan dan keamanan nuklir.”

Dia berkata, “Rendahnya tingkat kepegawaian ZNPP dikombinasikan dengan tekanan psikologis akibat konflik militer yang sedang berlangsung dan tidak adanya anggota keluarga yang melarikan diri dari daerah tersebut telah menciptakan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang tidak harus ditanggung oleh staf NPP.”