Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

United Auto Workers melakukan pemogokan melawan Ford, GM dan Stellantis

United Auto Workers melakukan pemogokan melawan Ford, GM dan Stellantis

Produsen mobil Tiga Besar Detroit gagal tiba Perjanjian kerja baru Sebelum kontrak mereka berakhir, karyawan yang diwakili oleh serikat pekerja United Auto Workers telah berakhir masa berlakunya pada Kamis tengah malam, yang memicu salah satu pemogokan terbesar yang melanda Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden UAW Sean Fine mengatakan dalam pidato Facebook Live Kamis malam bahwa karyawan di tiga pabrik Ford, GM dan Stellantis akan segera meninggalkan pekerjaannya: Pabrik Perakitan GM di Wentzville, Missouri, Pabrik Perakitan Ford di Wayne, Michigan, dan Perakitan Ford Tanam Di Wayne, Michigan. Kompleks Majelis Stellantis di Toledo, Ohio.

“Malam ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah kami, kami akan mencapai tiga besar pada waktu yang bersamaan,” ujarnya.

Sekitar 12.700 karyawan di fasilitas tersebut akan berpartisipasi dalam proses perburuhan. Karyawan akan dibayar sekitar $500 setiap minggu dari dana mogok UAW sebesar $825 juta, menurut Associated Press.

“Warga lokal yang belum diajak mogok kerja akan tetap bekerja sesuai perjanjian yang sudah habis masa berlakunya,” kata Fine.

Dia mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak mengharapkan adanya perundingan pada hari Jumat, namun kedua belah pihak dapat kembali berunding pada hari Sabtu.


Seorang pakar mempertimbangkan dampak pemogokan UAW terhadap perekonomian

05:10

Lusinan pekerja berkumpul di luar pabrik Ford di Wayne menjelang tenggat waktu tengah malam, sementara unjuk rasa besar-besaran dijadwalkan pada Jumat sore di pusat kota Detroit.

“Kami akan menunjukkan kekuatan dan persatuan kami pada hari pertama aksi bersejarah ini,” kata Fine. “Semua opsi tetap ada.”

Secara strategis, menargetkan hanya tiga pabrik akan memberikan fleksibilitas kepada UAW untuk berpotensi menutup pekerjaan di fasilitas lain ketika pejabat serikat pekerja melanjutkan negosiasi dengan produsen mobil. Hal ini juga akan mempertahankan dana pemogokan kelompok buruh, menurut Benjamin Salisbury, analis industri otomotif di Hite Securities.

READ  T-Mobile mencapai penyelesaian hingga $500 juta dalam pelanggaran data besar-besaran tahun 2021

Penghentian pekerjaan ini menandai pemogokan pertama di pabrik mobil Detroit sejak pekerja GM melakukan mogok kerja pada tahun 2019.

Mengapa UAW mogok?

Tuntutan UAW mencakup kenaikan gaji sebesar 36% dalam kontrak empat tahun; Manfaat pensiun bagi seluruh karyawan; Terbatasnya penggunaan pekerja sementara; Cuti yang lebih dibayar, termasuk a Empat hari kerja dalam seminggu; dan lebih banyak perlindungan kerja, termasuk hak mogok saat penutupan pabrik.

Ketika pembicaraan menemui jalan buntu pada hari Kamis, para pemimpin di Ford, General Motors dan Stellantis (sebelumnya Fiat Chrysler) mengatakan mereka telah mengajukan banyak tawaran kepada UAW dalam beberapa pekan terakhir dengan harapan dapat menandatangani kesepakatan baru untuk 145.000 pekerja di serikat tersebut.

“Saya pikir mereka sedang mempersiapkan pemogokan bersejarah dengan ketiga perusahaan tersebut,” kata CEO Ford Jim Farley kepada CBS News Kamis pagi.


Apa yang diminta oleh pekerja otomotif dan manfaat apa yang ditawarkan oleh produsen mobil?

07:13

“Pada jam 8 malam ini di Solidarity House di Detroit, UAW mengajukan proposal tandingan substantif pertamanya kepada Ford hanya beberapa jam setelah berakhirnya perjanjian tawar-menawar kolektif yang berlaku selama empat tahun,” kata Ford dalam pernyataan selanjutnya.

Apa yang dikatakan para pembuat mobil

Setelah pemogokan dimulai, Stellantis mengatakan pihaknya “sangat kecewa dengan penolakan pimpinan UAW untuk terlibat secara bertanggung jawab dalam mencapai kesepakatan yang adil demi kepentingan terbaik karyawan kami, keluarga mereka, dan pelanggan kami. perusahaan dalam keadaan darurat.” situasi ini dan kami akan membuat semua keputusan struktural yang tepat untuk melindungi operasi kami di Amerika Utara dan perusahaan.”

Stellantis, didirikan pada tahun 2021 melalui merger antara Fiat Chrysler dan produsen mobil Eropa Groupe PSA, memiliki Chrysler, Dodge, Jeep dan Ram, bersama dengan merek asing besar termasuk Citroën, Peugeot dan Maserati.

READ  China mempertimbangkan untuk memberi AS akses penuh ke audit sebagian besar perusahaan (1)

CEO GM Mary Barra mengatakan kepada CBS News pada hari Jumat bahwa pemogokan tetap terjadi meskipun perusahaan berupaya untuk bernegosiasi dengan itikad baik.

“Kami telah berdiskusi sejak 18 Juli,” kata Barra, seraya menambahkan bahwa GM pada awalnya menerima lebih dari 1.000 lamaran dari UAW. “Kami memiliki tawaran bersejarah dan kami siap untuk melanjutkannya.”

Barra juga mengatakan GM tidak dapat memberikan kenaikan gaji yang diinginkan anggota UAW karena sebagian keuntungan perusahaan harus digunakan untuk pengembangan produk baru, khususnya kendaraan listrik.

“Kita harus memastikan perusahaan sukses selama 115 tahun ke depan, dan itu berarti kita perlu berinvestasi,” ujarnya. “Jika kami tidak berinvestasi dan mencari produk baru yang ingin dibeli pelanggan, hal ini akan berdampak pada jumlah kendaraan yang kami buat, yang secara langsung berdampak pada jumlah orang yang menjadi bagian dari tim produksi kami.”


CEO GM Mary Barra mempertahankan posisinya di tengah pemogokan UAW, mengatakan perusahaan telah mengajukan 4 penawaran

05:22

Meskipun Tiga Besar belum bersedia memenuhi seluruh tuntutan UAW, mereka menyatakan bahwa mereka telah membuat tawaran balasan yang masuk akal dan bersedia melakukan negosiasi lebih lanjut. Dalam menguraikan posisi mereka, para pejabat pembuat mobil mengatakan mereka berada di bawah tekanan besar untuk menjaga biaya dan harga mobil tetap rendah agar dapat bersaing dengan Tesla dan produsen mobil asing, terutama ketika perusahaan-perusahaan tersebut bersaing untuk mendapatkan bagian dari pasar kendaraan listrik yang sedang berkembang.

“Tawaran awal mereka adalah membayar setiap pekerja sekitar $300,000 per jam, dan bekerja empat hari,” kata Farley pada hari Kamis tentang tuntutan UAW. “Ini akan membuat perusahaan kami gulung tikar.”

READ  Mengapa perekonomian Amerika lebih unggul dibandingkan perekonomian Eropa?

“Jika pemogokan berlangsung lebih dari tiga hingga empat minggu, hal ini akan merugikan strategi kendaraan listrik GM dan Ford pada tahun 2024. … Sementara pendukung Detroit melawan UAW, ada sebotol sampanye yang dibekukan di kantor pusat Tesla,” dia kata analis Wedbush Securities Dan Ives dalam sebuah laporan.

Dia mengatakan meskipun Fine mengakui bahwa produsen mobil telah menaikkan tawaran upah mereka, usulan tersebut masih belum memadai. Ford menawarkan bunga 20% selama 4,5 tahun, sementara GM dan Stellantis menawarkan masing-masing 18% dan 17,5% selama empat tahun.

Para analis memperingatkan bahwa pemogokan dapat mengganggu industri otomotif dalam negeri, menyebabkan kenaikan harga kendaraan, dan menyebabkan hilangnya upah dan keuntungan sekitar $6 miliar, sekaligus mengurangi pertumbuhan ekonomi AS secara keseluruhan hingga 0,3%.