September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

TSMC mengamankan pesanan 3nm dari AMD, Qualcomm, dan lainnya, kata laporan

TSMC mengamankan pesanan 3nm dari AMD, Qualcomm, dan lainnya, kata laporan

Ini bukan saran investasi. Penulis tidak memiliki posisi di salah satu saham yang disebutkan. Wccftech.com berisi file Kebijakan dan etika pengungkapan.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Corporation (TSMC) telah menerima banyak pesanan untuk teknologi manufaktur chip 3-nanometer (3 nm), menurut sebuah laporan di media Taiwan. TSMC diatur untuk meningkatkan produksi 3nm pada paruh tahun ini, dan teknologi menjadi pusat kontroversi awal bulan ini ketika dilaporkan bahwa proses manufaktur akan menghadapi penundaan karena perubahan desain Intel pada produknya. TSMC membantah laporan tersebut dan menyatakan bahwa teknologi prosesnya berjalan sesuai rencana, dan sekarang, publikasi Taiwan DigiTimes melaporkan bahwa perusahaan tersebut telah membeli pesanan dari beberapa perusahaan berbeda untuk memproduksi produknya menggunakan teknologi canggih.

Perusahaan teknologi besar berduyun-duyun ke proses TSMC 3nm seperti yang dikatakan pers Taiwan

laporan dari DigiTimes Dia mengutip sumber di perusahaan desain sirkuit terpadu untuk berbagi rincian pesanan yang mungkin telah diterima TSMC untuk proses 3nm. Pembuat chip harus bergantung pada daftar permintaan yang kuat untuk operasi baru mereka, karena investasi tinggi dan biaya pemasangan hanya dapat diperoleh kembali setelah sejumlah besar chip semikonduktor diproduksi. Mesin yang digunakan dalam pembuatan chip canggih mahal untuk dijalankan, dan pesanan yang terlalu sedikit sering mengakibatkan kurangnya pemanfaatan kapasitas yang membuat pembuat chip mengeluarkan lebih banyak uang untuk diproduksi daripada yang dapat dihasilkannya.

Hal ini juga menimbulkan beberapa kontroversi ketika divisi pembuatan chip Samsung Foundry dari Samsung Electronics mengumumkan bahwa mereka memproduksi prosesor 3nm secara massal awal tahun ini. Keputusan itu, yang secara luas dilihat sebagai upaya Samsung untuk mendapatkan dukungan di TSMC, juga diikuti oleh pertanyaan tentang pesanan potensial yang mungkin diterima perusahaan untuk produknya. Salah satu pesanan itu dikonfirmasi oleh perusahaan China, tetapi rincian tentang yang lain masih belum jelas.

READ  Samsung memperkenalkan smartphone lipat baru, berupaya mempertahankan kepemimpinan di pasar yang sedang berkembang
Cuplikan proses pembuatan chip TSMC. Foto: Perusahaan Industri Semikonduktor Taiwan

DigiTimes melaporkan bahwa TSMC telah menerima pesanan 3-nanometer dari berbagai perusahaan, dengan perusahaan terkemuka Cupertino, raksasa teknologi konsumen California Apple, Inc, dan pembuat chip Intel di Santa Clara, California. Intel Kerjasama dengan TSMC 3nm telah menerima banyak perhatian media, dengan yang terbaru di bagian depan ini mengklaim bahwa perusahaan memilikinya Proses 3nm dijatuhkan untuk beberapa produknya.

Laporan juga menunjukkan bahwa selain Intel dan Apple, MediaTek, NVIDIA, Broadcom, AMD dan Qualcomm Taiwan telah memesan produk 3nm. Jika benar, itu akan memberi TSMC keunggulan kuat atas Samsung, karena perusahaan akan dapat dengan cepat meningkatkan produksi 3nm dan menangkap pangsa pasar yang besar.

DigiTimes menambahkan bahwa Qualcomm diyakini terlibat dengan Samsung dalam chip 3nm juga karena perusahaan lebih memilih untuk mendiversifikasi pemasoknya dan memiliki pertimbangan bisnis lain untuk dipertimbangkan juga ketika melakukan bisnis dengan Samsung. Qualcomm adalah produsen prosesor smartphone terkemuka di dunia, dan bersaing dengan Samsung di bidang ini juga, dan prosesor Exynos perusahaan Korea juga menargetkan pasar yang sama dengan produk Qualcomm.

Teknologi 3nm dari Samsung dan TSMC berbeda satu sama lain karena menggunakan desain transistor yang berbeda. TSMC telah memilih untuk tetap menggunakan teknologi FinFET tradisional untuk produknya, sementara Samsung telah mengambil lompatan maju dengan teknologi GaaFET canggihnya, yang secara teoritis memungkinkan kinerja yang unggul karena konduktivitas listriknya yang tinggi.