Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Transkrip pengatur lalu lintas menunjukkan bahwa pesawat Penjaga Pantai Jepang tidak diizinkan lepas landas sebelum jatuh

Transkrip pengatur lalu lintas menunjukkan bahwa pesawat Penjaga Pantai Jepang tidak diizinkan lepas landas sebelum jatuh


Tokyo
CNN

Pesawat Penjaga Pantai Jepang itu Itu bertabrakan dengan pesawat penumpang Transkrip resmi komunikasi kontrol lalu lintas udara yang dirilis Rabu menunjukkan bahwa pesawat di Bandara Internasional Haneda Tokyo hanya diinstruksikan untuk “berhenti” dan tidak diizinkan untuk lepas landas.

Kecelakaan fatal tersebut mengakibatkan Japan Airlines Penerbangan 516 bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai setelah mendarat di landasan pacu pada hari Selasa, menyebabkan pesawat tersebut meledak hingga meledak. Bola api yang mengerikan.

Seluruh 379 orang yang berada di dalam pesawat Japan Airlines (JAL) dievakuasi dengan selamat dalam kejadian tersebut Hal itu disambut sebagai tanggapan tertulis Dari awak dan penumpang. Menteri Transportasi Jepang Tetsu Saito mengatakan lima dari enam awak pesawat kecil Penjaga Pantai itu tewas.

Saito pada hari Rabu merilis transkrip komunikasi lebih dari empat menit antara pengawas lalu lintas udara dan kedua pesawat sesaat sebelum kecelakaan, menunjukkan bahwa penerbangan Japan Airlines telah diberi izin untuk mendarat tetapi tidak menunjukkan persetujuan yang jelas untuk pesawat Penjaga Pantai tersebut. mati. .

Dalam perkembangan lain, catatan yang tersedia untuk umum tampaknya menunjukkan bahwa lampu peringatan yang tidak berfungsi – yang dirancang untuk mencegah pilot salah mengarahkan ke landasan – bisa menjadi faktor lain dalam kecelakaan tersebut.

Berita Kyodo/AFP

Foto pesawat Japan Airlines yang terbakar di Bandara Haneda, Rabu.

Pengendali lalu lintas udara memberikan izin kepada pesawat penumpang JAL untuk mendarat pada pukul 17:43:26 waktu setempat (3:43:26 ET), menurut transkrip.

Namun, teks tersebut tidak menunjukkan persetujuan yang jelas bagi pesawat Penjaga Pantai untuk lepas landas, melainkan memintanya untuk “taksi ke titik tunggu” pada pukul 17:45:11 (3:45:11 ET). Awak pesawat Penjaga Pantai mengkonfirmasi instruksi tersebut beberapa detik kemudian, menurut transkrip.

READ  Putin mengunjungi “sahabatnya” Xi untuk menunjukkan kemitraan tanpa batas

Sekitar dua menit kemudian, penerbangan Japan Airlines bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai di landasan, menurut cap waktu pada video pengawasan bandara.

Menteri Perhubungan Saito mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa insiden tersebut “masih dalam penyelidikan” dan langkah selanjutnya adalah mendengarkan rekaman audio percakapan antara pilot Penjaga Pantai dan menara kendali penerbangan.

01:31- Sumber: CNN

Pakar penerbangan punya satu pertanyaan setelah kebakaran pesawat

Dia menambahkan, Kementerian Perhubungan mengambil segala tindakan pencegahan untuk mencegah terulangnya kecelakaan serupa.

Dalam konferensi pers setelah konferensi pers Saito, pejabat dari Dewan Keselamatan Transportasi Jepang (JTSB) mengatakan mereka telah menemukan perekam penerbangan dan audio pesawat Penjaga Pantai. Namun mereka menambahkan, masih melakukan pencarian terhadap kedua pesawat JAL tersebut.

Faktor lain yang dapat diselidiki sebagai bagian dari penyelidikan kecelakaan hari Selasa adalah bahwa lampu landasan pacu – dikenal sebagai lampu berhenti landasan pacu dan dirancang untuk mencegah pilot salah arah ke landasan pacu – mungkin tidak berfungsi, menurut informasi yang tersedia untuk umum. Catatan.

Sebuah buletin percontohan mengatakan lampu stop strip “tidak dapat digunakan” dari taxiway C1 hingga C14, yang mencakup taxiway di mana pengawas menara Haneda memerintahkan penerbangan Penjaga Pantai untuk menunggu dan menunggu izin lepas landas. Pemberitahuan – atau NOTAM – pertama kali diposting secara publik pada tanggal 25 Desember 2023, dan tetap aktif.

Seorang pengawas lalu lintas udara mengizinkan pesawat JAL mendarat di landasan pacu dan menginstruksikan pesawat Penjaga Pantai untuk “tetap stabil,” kata seorang pejabat JTBS kepada wartawan.

Peluncuran teks tersebut terjadi setelah Japan Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa malam bahwa pengatur lalu lintas udara telah mengizinkan awaknya untuk mendarat sebelum tabrakan terjadi.

READ  Pemilihan Sierra Leone: Julius Maada Bio terpilih kembali di tengah protes dari oposisi

Audio dari LiveATC.net tampaknya merinci kru yang membaca perintah izin landasan, mengatakan “diizinkan untuk mendarat 34 kanan”.

Japan Airlines menjanjikan kerja sama penuh dalam penyelidikan untuk menentukan tanggung jawab atas kecelakaan fatal tersebut.

Seorang juru bicara maskapai penerbangan mengatakan kepada CNN pada hari Kamis bahwa perusahaan memperkirakan kerugian hingga $100 juta setelah insiden tersebut. Lebih dari 100 penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai tersebut telah dibatalkan sejak kejadian tersebut, dengan 50 penerbangan dibatalkan pada hari Rabu dan 68 penerbangan lainnya pada hari Kamis.

Japan Airlines juga menawarkan perubahan reservasi atau pengembalian uang tiket kepada setiap wisatawan yang ingin melakukannya untuk penerbangan sebelum 31 Maret.

Penumpang di pesawat Japan Airlines, Airbus A350, serta saksi tabrakan, menggambarkan teror memberi bantuan karena jelas bahwa semua orang di dalamnya selamat.

Hebatnya, Japan Airlines mengatakan hanya satu orang di dalam pesawatnya yang mengalami memar, namun 13 orang “meminta nasihat medis karena ketidaknyamanan fisik.”

Rincian baru telah muncul tentang kecepatan dan efisiensi evakuasi pesawat yang terbakar.

Butuh waktu 18 menit untuk mengeluarkan seluruh penumpang dan awak pesawat yang terbakar, lapor lembaga penyiaran publik NHK pada Kamis.

Jaringan tersebut mengatakan, mengutip pejabat Japan Airlines, bahwa pilot pesawat A350 tidak mengetahui adanya kebakaran setelah tabrakan, namun pramugari menyadarinya ketika asap mulai memenuhi kabin.

NHK menambahkan bahwa awak pesawat mengimbau para penumpang untuk tetap tenang, karena kepala kru memberi tahu pilot tentang kebakaran tersebut dan meminta izin untuk membuka pintu darurat.

Japanese Broadcasting Corporation (NHK) melaporkan, pesawat tersebut memiliki delapan pintu keluar darurat, menambahkan bahwa proses evakuasi dimulai dari dua pintu keluar di depan, aman dari api, dan satu pintu keluar di belakang.

READ  Protes terhadap penguncian virus corona di China meletus setelah kebakaran Xinjiang

Kapten adalah orang terakhir yang meninggalkan pesawat pada pukul 18:05, 18 menit setelah mendarat, menurut NHK.

Helen Regan dari CNN, Tilly Rippan, Pete Muntean dan Lauren Koenig berkontribusi dalam pelaporan.