September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Transformasi digital memacu penyedia layanan TI baru di Thailand, pertumbuhan di Indonesia

Ambisi transformasi digital mendorong pengembangan identitas digital yang berkelanjutan di Asia, dengan jaringan seluler Thailand AIS minggu ini meluncurkan layanan Agen IDP (Agen Penerbit Identitas) untuk verifikasi ID digital. Di tempat lain di benua itu, Bank Indonesia (BI) mengatakan telah mulai mengembangkan ID digital untuk mendukung penyimpanan data nasional untuk platform digitalnya, dan platform e-gov Saudi Abshar melaporkan pencapaian 26 juta pengguna.

AIS menyediakan layanan TI digital di Thailand

AIS adalah perusahaan telekomunikasi pertama di Thailand yang menawarkan layanan agensi TI digital. Cahoon International melaporkanDengan 20 mitra. Ini mengikuti rantai, yang pertama kali memperkenalkan layanan identifikasi melalui toko fisiknya pada bulan Maret Bangkok Post melaporkan.

Sistem ID digital perusahaan dikatakan sesuai dengan standar Badan Pengembangan Transaksi Elektronik (ETDA), berkat kemitraan Thailand dengan ID Digital Nasional (NDID), platform perantara yang berfokus pada verifikasi digital dan sistem identitas.

Setelah penerapan sistem baru, pelanggan AIS sekarang dapat memverifikasi identitas mereka untuk mengajukan transaksi online di 15.949 lokasi AIS Shop, AIS Telewiz, AIS Buddy, dan AIS Mini Corner di seluruh Indonesia.

Maju terus, Cahoon International dikatakan AIS akan terus memperluas layanan verifikasi ke industri lain, termasuk perbankan dan layanan keuangan lainnya, dengan memanfaatkan jaringan 5G-nya.

Penyebaran ID digital AIS datang beberapa bulan setelah CEO NDID mengkonfirmasi bahwa jumlah penduduk Thailand meningkat. Berlangganan ke platform NDID Untuk kebutuhan verifikasi identitas mereka.

Bank Indonesia luncurkan ID digital baru

BI sedang mengembangkan ID Digital baru untuk mendukung platform dan infrastruktur digital mendatang untuk penyimpanan data nasional. Ini merupakan bagian dari rencana BI menjadi bank sentral digital.

READ  India, Brasil | Berita Dunia

Kantor berita lokal Antara News dilaporkan Rilis berita pada hari Kamis mengutip Gubernur BI Perry Vargeo berbicara pada Konferensi Internasional ke-16 tentang Ekonomi Moneter dan Perbankan (BMEB) dan Call for Papers di Jakarta.

“Dalam hal ini, fokus kami adalah pada data sistem pembayaran bank sentral, yang akan menjadi bagian dari data nasional,” kata Vargio. ‚ÄúDengan National Digital ID, kami benar-benar dapat menganalisis perbedaannya. Dulu kami menggunakan ekonometrika di Excel, sekarang kami menggunakan big data, data analytics, dan data scientist.

Gubernur BI juga membahas kekhawatiran terkait penggelaran sistem TI digital secara nasional.

“Risiko operasional akan menjadi risiko baru yang lebih besar daripada risiko terhadap stabilitas moneter dan stabilitas sistem keuangan.”

Pengumuman tersebut merupakan contoh terbaru dari teknologi digital yang digunakan di Indonesia. Avarta adalah perusahaan keuangan dan identitas yang terdesentralisasi Mengumumkan sebuah proyek Pada bulan Mei, ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat aset digital di dalam negeri.

Sistem Abshar Saudi telah mengumumkan tonggak sejarah 26 juta pengguna

Kementerian Dalam Negeri telah mengumumkan bahwa jumlah ID digital yang terdaftar di platform Abshar di Arab Saudi telah melampaui 26 juta.

Lebih lanjut, kementerian mengatakan bahwa hingga saat ini telah menyediakan lebih dari 350 layanan kepada pengguna di sebagian besar departemen dan sektor pemerintah dan telah menangani lebih dari 11,6 juta transaksi elektronik secara keseluruhan, dengan rata-rata 64.000 transaksi per hari.

Diluncurkan pada bulan JuniPlatform ini memungkinkan warga Saudi untuk memperbarui kartu identitas nasional mereka dari jarak jauh menggunakan sistem pengenalan wajah tanpa mengunjungi kantor catatan sipil.

Tahun ini juga, pemerintah Saudi a Aplikasi pendaftaran biometrik Untuk mendaftarkan sidik jari atau biometrik wajah jemaah haji.

READ  Tailwinds untuk Akun Eksternal Indonesia

Topik esai

ekonomi digital | ID Digital | Pemerintah | Layanan pemerintah | Verifikasi Identitas | Indonesia | ID Digital Nasional (NDID) | Arab Saudi | Thailand