Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tonton langsung: Sam Bankman-Fried berbicara di DealBook Summit

Tonton langsung: Sam Bankman-Fried berbicara di DealBook Summit

video

Cinemagraph
dikaitkan dengan diadiatribusikan padanya…Timo Linzen

Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan kecil yang didirikan oleh Sam Bankman-Fried pada tahun 2017 di usia 25 tahun, adalah awal — dan penurunan — dari kerajaan kripto miliknya.

Kebutuhan Alameda akan dana untuk menjalankan bisnisnya adalah alasan utama mengapa Mr. Bankman-Fred mendirikan FTX pada tahun 2019. Namun cara kedua entitas tersebut didirikan membuat masalah di satu unit mengguncang unit lainnya karena harga cryptocurrency mulai turun di masa lalu. sumber.

Cara utama Alameda menghasilkan uang cukup mudah: dia membeli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya di satu bagian dunia dan menjualnya di bagian lain, mengantongi selisihnya. Dia menggunakan “leverage” – atau meminjam uang – untuk mendorong perdagangannya dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Akhirnya, karena investor yang lebih cerdas seperti dana lindung nilai menumpuk, kesepakatan seperti itu menjadi kurang menguntungkan bagi Alameda. Namun, dengan harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya yang naik — dan diperkirakan akan terus meningkat — Alameda tidak memiliki masalah untuk membayar kembali pinjaman dolar atau mata uang kripto.

Tapi Tuan Bankman-Fred datang dengan sebuah ide: mengapa tidak membangun pertukaran cryptocurrency yang dapat menghasilkan pendapatan untuk membantu mendanai aktivitas Alameda?

FTX lahir. Saya pindah dari Hong Kong ke Bahama, tempat Mr. Bankman-Fred membangun basis operasinya, dan memulai bursa saham. Dalam presentasi keuangan kepada investor, perusahaan mengklaim pada tahun 2021 bahwa mereka menghasilkan pendapatan tahunan sebesar $1 miliar dengan menagih pelanggan yang ingin memperdagangkan mata uang kripto di platformnya.

Hubungan antara FTX dan Alameda berpusat pada token yang dibuat oleh FTX — disebut FTT — yang dapat digunakan oleh klien bursa untuk memperdagangkan aset kripto mereka. Alameda menjabat sebagai pembuat pasar utama untuk token, membeli dan menjual sebagian besar FTT. FTT populer di kalangan investor bursa saham, yang tertarik dengan diskon bisnis yang ditawarkannya, dan Alameda mulai menggunakan kepemilikannya sebagai jaminan untuk lebih banyak pinjaman untuk memfasilitasi kegiatan bisnisnya.

Masalah diperparah musim semi ini ketika pasar cryptocurrency mulai berayun. Kemerosotan harga cryptocurrency menurunkan nilai FTT, dan Alameda berjuang untuk membayar pemberi pinjamannya.

Sekarang hubungan antara Alameda dan FTX – dan bagaimana mereka saling mendukung – berada di bawah pengawasan karena jaksa dan regulator menyelidiki keruntuhan pertukaran tersebut.

READ  Bank Sentral Eropa mencoba menenangkan kekhawatiran krisis utang setelah obligasi 'panik'