Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zhengzhou China, rumah bagi pabrik iPhone terbesar di dunia, mengakhiri penguncian Covid-nya

Zhengzhou China, rumah bagi pabrik iPhone terbesar di dunia, mengakhiri penguncian Covid-nya


Hongkong
Bisnis CNN

Zhengzhou, di Cina tengah, adalah rumah bagi pabrik iPhone terbesar di dunia. Diangkat Penutupan Covid selama lima hari, dalam sebuah langkah analis menyebut bantuan yang sangat dibutuhkan untuk Apple dan pemasok utamanya Foxconn.

Zhengzhou adalah lokasi “Kota iPhone”, sebuah kampus luas yang dimiliki oleh produsen kontrak Taiwan, Foxconn, yang biasanya menampung sekitar 200.000 pekerja yang memproduksi produk untuk Apple.

(AAPL)
, termasuk iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Jumat lalu, kota mematikan wilayah metropolitan selama lima hari karena kasus Covid-19 melonjak di sana.

Otoritas setempat mencabut penguncian di empat distrik Guangzhou pada hari Rabu, kata Zhang Yi, juru bicara Komisi Kesehatan Guangzhou, pada konferensi pers. pelonggaran pembatasan diberlakukan awal bulan ini di Pusat Manufaktur dan Transportasi datang setelah warga bentrok dengan polisi pada hari Selasa. Video yang beredar di media sosial menunjukkan warga meneriakkan “Cabut lockdown”.

Zhang mengatakan Guangzhou akan berhenti mengirim semua kontak dekat pasien Covid-19 ke fasilitas karantina terpusat dan akan mengizinkan beberapa orang untuk diisolasi di rumah. Kota ini juga tidak akan meluncurkan tes Covid-19 massal di seluruh distrik. “Semua provinsi harus melakukan tes secara ilmiah,” tambah Zhang.

Fasilitas besar Foxconn bukan bagian dari wilayah metropolitan Zhengzhou. Namun, para analis mengatakan penutupan itu akan mengganggu upaya untuk memulihkan produksi yang hilang di kampus, yang merupakan lokasinya Pemberontakan buruh yang kejam minggu lalu.

“Ini adalah kabar baik dalam badai kelam untuk Cupertino,” Daniel Ives, direktur pelaksana penelitian ekuitas di Wedbush Securities, mengatakan kepada CNN Business, mengacu pada kota California tempat Apple berkantor pusat. “Ada banyak pekerjaan berat yang harus dilakukan Apple untuk mendukung pabrik-pabrik.”

READ  Bahkan Deutsche Bank akan meninggalkan Rusia

Ives memperkirakan bahwa pemadaman pasokan yang sedang berlangsung di kampus Foxconn di Zhengzhou merugikan Apple hampir $1 miliar per minggu karena kehilangan penjualan iPhone. Kerusuhan dimulai pada bulan Oktober ketika para pekerja meninggalkan kampus universitas di Zhengzhou, ibu kota Provinsi Henan tengah, karena masalah Covid. Karena kurangnya staf, bonus ditawarkan kepada pekerja untuk kembali.

Tetapi protes meletus minggu lalu ketika staf yang baru direkrut mengatakan manajemen telah mengingkari janji. Akhirnya buruh yang bentrok dengan aparat keamanan ditawari uang untuk berhenti dan keluar.

Analis mengatakan kesengsaraan produksi Foxconn akan mempercepat diversifikasi rantai pasokan dari China ke negara-negara seperti India.

Ming-Chi Kuo, analis di TF International Securities, menulis di media sosial Diperkirakan pengiriman iPhone menjadi 20% lebih rendah dari yang diharapkan pada kuartal Oktober-Desember saat ini. Dia mengatakan tingkat utilisasi kapasitas rata-rata untuk pabrik Zhengzhou hanya sekitar 20% pada November, dan diharapkan meningkat menjadi 30% hingga 40% pada Desember.

Total pengiriman iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max pada kuartal saat ini akan menjadi 15 juta hingga 20 juta unit lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya, menurut Kuo. Dia menambahkan, karena tingginya harga seri iPhone 14 Pro, total pendapatan iPhone Apple pada kuartal liburan saat ini bisa 20% hingga 30% lebih rendah dari ekspektasi investor.

— Laura He dan Wen Chang di Hong Kong dan Xiaofei Xu di Paris berkontribusi pada artikel ini.