Februari 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

TikTok akan meluncurkan kembali e-commerce di Indonesia dengan investasi Tokopedia sebesar 1,5 miliar.

TikTok akan meluncurkan kembali e-commerce di Indonesia dengan investasi Tokopedia sebesar 1,5 miliar.

LONDON: Novel grafis tahun 2003 yang berkisah tentang Gaza dicetak setelah pecahnya konflik antara Israel dan Hamas pada bulan Oktober.

Komik tersebut, yang ditulis oleh jurnalis Malta-Amerika Joe Sacco, memelopori apa yang disebut “jurnalisme komik” dan menceritakan kisah ciptaannya sendiri di Enclave pada tahun 1991.

Hal ini mendapat pujian dari akademisi terkenal Palestina-Amerika Edward Said, yang mengatakan: “Kecuali satu atau dua novelis dan penyair, tidak ada yang menyajikan kejadian mengerikan ini lebih dari Joe Sacco.”

Sejak konflik pecah, penerbit komik tersebut mengatakan permintaan terhadap novel tersebut meroket.

Gary Groth, salah satu pendiri Fantagraphics, berkata: “Kami dengan cepat berhasil mencetak beberapa ribu eksemplar dan sekarang sedang mencetak ulang. Pengecer dan pedagang grosir mulai memesan buku ini dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa setiap elemen di rantai ritel – konsumen dan pengecer – menunjukkan adanya permintaan terhadap buku tersebut.

Sacco, seorang kartunis dari Portland, mengatakan kepada Observer di Inggris: “Keadaan tampak sangat buruk ketika saya pergi pada awal tahun 1990an, pada akhir intifada pertama, namun 10 tahun kemudian keadaan menjadi lebih buruk.

“Buku ini masih relevan sebagai bukti pedih atas penderitaan rakyat Palestina – namun, dalam beberapa hal, ini merupakan penghargaan atas keberanian dan keengganan mereka untuk menyerah.

Untungnya, ada banyak jurnalis Palestina yang berani melakukan pekerjaan yang patut dicontoh meskipun kondisinya sangat buruk dan bahaya yang sangat nyata bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Namun alasan utama saya ingin kembali ke Gaza adalah untuk melihat teman-temanku di sana. Kuharap mereka berhasil melewatinya.”