November 26, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tidak ada situasi win-win di dunia yang terfragmentasi

Tidak ada situasi win-win di dunia yang terfragmentasi

Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing, mengatakan dalam pidatonya di KTT Asia-Pasifik Morgan Stanley di Singapura pada hari Rabu bahwa Singapura tidak akan memihak dalam perselisihan geopolitik dan sebaliknya akan mengambil posisi untuk mendukung supremasi hukum.

Dia mengatakan dunia harus tetap terhubung meskipun ada tekanan disintegrasi, karena keretakan apa pun akan membuat masing-masing negara “kurang optimal” dan menderita secara ekonomi.

“Dengan saling ketergantungan datang bahaya,” kata Chan, “tetapi dunia yang terfragmentasi dengan saling ketergantungan yang lebih sedikit, di mana orang-orang dan negara-negara besar berpikir mereka dapat meningkatkan keamanan mereka sendiri, dan secara tidak langsung memperburuk ketidakamanan negara lain, ini tidak bisa menjadi situasi yang saling menguntungkan. “Untuk semua orang”.

“Perusahaan global memiliki suara dan mereka perlu didengar, dan Anda lebih memilih dunia yang terintegrasi daripada yang terfragmentasi,” kata Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing (foto di sini pada tahun 2019).

bloomberg | bloomberg | Gambar Getty

“Penting untuk diingat bahwa dunia yang lebih saling terhubung adalah dunia yang lebih aman. Namun saat ini, karena tekanan, baik lokal maupun global, ada godaan untuk berpikir bahwa jika dunia terbagi, maka dua blok berbeda, masing-masing berbeda blok akan lebih aman.

Jika fragmentasi berlanjut, kata Chan, negara dan perusahaan akan bekerja kurang optimal, “alih-alih … menikmati pertumbuhan cepat selama 50 tahun terakhir berdasarkan sistem terintegrasi global.”

Dalam beberapa bulan terakhir, ketika Rusia pindah ke Ukraina, kami keberatan dengan hal ini. Orang-orang bertanya-tanya, apakah ini langkah pro-AS? Atau apakah itu gerakan anti-Rusia atau anti-Cina? Juga tidak.

Chan Chun Sing

Menteri Pendidikan Singapura

Dia mengatakan Singapura akan memainkan perannya dengan membangun jembatan dan “bekerja sama” melintasi blok-blok yang terpecah.

“Kami yakin akan ada keunggulan pada konektivitas, stabilitas, kemajuan, kohesi, dan kepercayaan,” tambah Chan.

Morgan Stanley Investment Management mengatakan dalam catatan terpisah pada hari Rabu bahwa fragmentasi mulai mengganggu stabilitas ekonomi global.

Deglobalisasi dan runtuhnya rantai pasokan, misalnya, memicu inflasi, kata Andrew Harmston, manajer portofolio senior perusahaan.

Pemilihan saham dan tren investasi dari CNBC Pro:

“Perdagangan dunia sebagai persentase dari PDB di masa lalu meningkat sangat cepat, yang berkontribusi pada tingkat inflasi yang sangat rendah. Tetapi kecenderungan pemukiman kembali akan cenderung mengurangi perdagangan,” katanya.

Menurut Yayasan HeinrichMeskipun istilah seperti “teman pendukung” telah ditambahkan ke leksikon kebijakan perdagangan AS dan negara lain seperti Jepang, tidak banyak yang terungkap tentang apa artinya.

“Jika pemerintah berusaha untuk campur tangan dalam rantai pasokan, mereka harus menunjukkan bahwa mereka memantau risiko lebih baik daripada yang dilakukan perusahaan. Tetapi kurang jelas kebijakan teman-ke-teman apa yang akan mengatasi kegagalan pasar tanpa lebih jauh memecah-mecah sistem perdagangan global.” kata Hallet HarbuttDan Penulis Laporan Heinrich.

“Jaminan terbaik” untuk kelangsungan hidup sebuah negara kecil

Chan mengatakan Singapura akan terus menahan diri untuk tidak memihak tetapi akan mengambil posisi tegas.

“Dalam beberapa bulan terakhir ketika Rusia pindah ke Ukraina, kami keberatan dengan itu. Orang-orang bertanya, apakah ini langkah pro-Amerika? Atau apakah ini langkah anti-Rusia atau anti-China? Bukan keduanya. Ketika Amerika Serikat pindah ke Grenada, kami keberatan, dan ketika Uni Soviet pindah ke Afghanistan, kami keberatan.

Credit Suisse mengatakan pembatasan AS pada chip bukanlah kabar baik bagi pasar

“Kami percaya bahwa supremasi hukum, terutama di tingkat internasional, adalah jaminan terbaik bagi kelangsungan hidup sebuah negara kecil,” imbuhnya.

“Dan ini tidak hanya berlaku untuk Singapura, tapi saya sarankan ini juga berlaku untuk setiap negara di ASEAN.”

Sementara kata-kata positif dipertukarkan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela pertemuan G20 pada hari Senin, penting untuk memperhatikan tindakan selanjutnya, kata Chan.