November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan perang Rusia-Ukraina: PBB mengumumkan perpanjangan kesepakatan biji-bijian

Pembaruan perang Rusia-Ukraina: PBB mengumumkan perpanjangan kesepakatan biji-bijian

diatribusikan padanya…Mauricio Lima untuk The New York Times

AMSTERDAM – Pengadilan Belanda akan memberikan putusannya pada hari Kamis dalam persidangan empat pria yang terkait dengan dinas keamanan Rusia atas … Menjatuhkan pesawat penumpang atas Ukraina timur pada tahun 2014, selama pemberontakan separatis yang didukung Moskow yang menandakan invasi besar-besaran Rusia ke negara itu tahun ini.

Dengan para terdakwa diyakini berada di wilayah yang dikuasai Rusia atau di Rusia sendiri, dan tidak mungkin menjalani hukuman apa pun yang dijatuhkan pada mereka, persidangan hanya menjanjikan keadilan terbatas bagi 298 orang yang terbunuh. Pesawat itu sedang dalam penerbangan Malaysia Airlines terjadwal dari Amsterdam ke Kuala Lumpur ketika ditembak jatuh.

Tetapi perang di Ukraina membuat masalah ini lebih penting. Mendukung separatis di timur Ukraina telah menjadi bagian utama dari Presiden Vladimir Putin dalih Ketika dia memberi perintah untuk menginvasi negara itu pada bulan Februari tahun ini. Wasit akan diawasi dengan ketat, paling tidak karena dia bisa memberi contoh kemungkinan penuntutan Kejahatan Rusia selama perang saat ini.

“Saya selalu mengatakan bahwa anggota keluarga kami adalah orang non-Ukraina pertama yang menjadi korban perang yang dimulai delapan tahun lalu,” kata Pete Bloig, presiden yayasan yang mewakili anggota keluarga korban kecelakaan itu.

uji coba Dibuka lebih dari dua tahun yang lalu Sebagai upaya untuk memberikan tanggung jawab atas apa yang telah lama dianggap sebagai kejahatan tanpa hukuman. Pada 17 Juli 2014, rudal anti-pesawat yang disediakan oleh militer Rusia untuk pasukan separatis menembak jatuh Malaysia Airlines Penerbangan 17, yang dikenal sebagai MH17, jauh di atas timur Ukraina. Semua orang di dalamnya tewas, dan mayat serta puing-puing berserakan di ladang Ukraina.

READ  Badai di Filipina: Korban tewas Nalgi (Paeng) meningkat menjadi 98, menurut badan bencana

Dunia bereaksi dengan kemarahan, dan negara-negara Barat berusaha meminta pertanggungjawaban Rusia. sebagian besar dari korban Mereka orang Belanda, tapi penerbangan itu juga membawa penumpang dari Australia, Malaysia, Inggris, dan beberapa negara lainnya.

Namun, Rusia telah berulang kali membantah bertanggung jawab atas kematian tersebut Bukti bahwa pesawat itu dijatuhkan oleh rudal permukaan-ke-udara Buk yang dikirim ke Ukraina timur dari pangkalan militer Rusia di seberang perbatasan, serta panggilan dan pesan yang disadap yang melibatkan separatis yang didukung Rusia.

Sebaliknya, Moskow telah menghasilkan serangkaian kontra-penjelasan dan teori konspirasi yang tidak masuk akal yang sebagian besar berfokus pada menyalahkan Ukraina dan menyerang legitimasi penyelidikan. Diantaranya adalah kemungkinan CIA menerbangkan pesawat berisi mayat ke Ukraina timur untuk menghancurkan Moskow.

diatribusikan padanya…Foto oleh Peter DeJonge

Sejak Rusia memveto upaya untuk membentuk pengadilan PBB untuk kasus tersebut, persidangan diadakan di pengadilan pidana distrik di pinggiran Amsterdam, dekat bandara Schiphol yang luas.

Di antara empat tersangka yang dituduh melakukan pembunuhan Igor GirkinTuan Girkin, mantan kolonel di Dinas Keamanan Federal Rusia, badan penerus KGB pada saat jatuh, adalah menteri pertahanan di wilayah yang memisahkan diri, Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri, sekarang dikendalikan oleh militer Rusia.

Terdakwa lainnya adalah Sergei Dubinsky dan Oleg Pulatov, keduanya mantan perwira GRU, dan Leonid Kharchenko, warga negara Ukraina yang memimpin unit militer yang didukung Rusia. Penuntut menuntut penjara seumur hidup untuk masing-masing dari mereka.

Tapi tak satu pun dari mereka ditangkap atau dibawa ke pengadilan. Mereka diadili secara in absentia.

READ  Perlombaan yang bervariasi untuk menjadi Perdana Menteri Inggris, dengan Rishi Sunak, Soyla Braverman, Kimi Badenouche

Pak Ploeg, Ketua Yayasan Bencana Penerbangan MH17Ketidakhadiran mereka, katanya, mempersulit persidangan untuk memberikan kejelasan dan transparansi kepada para korban, dan membantu mereka menerima apa yang terjadi.

“Mengapa?” “Pertanyaannya belum terjawab,” kata Mr. Ploig, yang kehilangan saudara laki-laki, ipar perempuan, dan putra mereka dalam jatuhnya pesawat. Kakaknya adalah salah satu dari dua korban MH17 yang jenazahnya belum ditemukan.

Mr Bloegg menambahkan bahwa dia terkejut dengan “ketidakhormatan” pemerintah Rusia terhadap para korban dalam menyebarkan kebohongan tentang insiden itu, dan mengatakan dia berharap pengadilan akan mengakui “peran negara Rusia dalam menjatuhkan MH17.”

Selain memegang kasus pidana dalam negeri, Holland A Pengaduan terhadap Rusia di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa pada Juli 2020 atas keterlibatannya dalam kecelakaan itu.