Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tesla memperluas pemotongan harga ke AS dan Eropa untuk membantu mendorong penjualan

  • Tesla memangkas harga di AS dan Eropa hingga 20%
  • Langkah tersebut mengikuti pemotongan di seluruh Asia minggu lalu
  • Beberapa model sekarang memenuhi syarat untuk kredit pajak AS
  • Harga Model 3 di Jerman sejalan dengan Volkswagen ID 3

13 Jan (Reuters) – Tesla (TSLA.O) Itu memangkas harga mobil listriknya di Amerika Serikat dan Eropa, situs web perusahaan menunjukkan, memperluas strategi diskon agresif baru setelah melewatkan perkiraan Wall Street untuk pengiriman.

Pemotongan harga AS, diumumkan Kamis malam waktu AS pada sedan Model 3 dan crossover Model Y, berkisar antara 6% dan 20% di atas harga pra-diskon, menurut perhitungan Reuters.

Ini sebelum memperhitungkan hingga $7.500 dalam kredit pajak federal yang mulai berlaku untuk beberapa model kendaraan listrik pada awal Januari.

Tesla juga menurunkan harga SUV crossover mewah Model X dan sedan Model S di Amerika Serikat.

Di Jerman, ia memotong harga Model 3 dan Model Y – penjualan terbaik globalnya – antara 1% dan sekitar 17% tergantung pada konfigurasinya. Harga juga diturunkan di Austria, Swiss, dan Prancis.

Untuk pembeli Model Y yang sudah berjalan lama di AS, harga baru Tesla digabungkan dengan subsidi AS yang mulai berlaku bulan ini merupakan diskon 31%. Selain itu, langkah Tesla memperluas kendaraan dalam jajarannya yang memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak administrasi Biden.

Sebelum pemotongan harga, Model Y versi lima kursi tidak memenuhi syarat untuk kredit ini, penunjukan CEO Tesla Elon Musk disebut “tidak masuk akal.” Setelah pemotongan harga, versi Model Y yang sudah berjalan lama akan memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit federal senilai $7.500.

Dikombinasikan dengan pemotongan harga yang diumumkan minggu lalu di China dan pasar Asia lainnya, langkah tersebut menandai pembalikan di pasar terbesar Tesla dari strategi yang telah ditempuh sepanjang tahun 2022, ketika permintaan kuat dan harga jual rata-rata untuk mobil listriknya cenderung lebih tinggi.

READ  Apakah ada kebutuhan untuk platform baru, Elon Musk bertanya. Setelah kritik terhadap kebebasan berekspresi di Twitter

“Ini harus benar-benar mendorong volume Tesla untuk tahun 2023,” kata Gary Black, seorang investor Tesla yang tetap optimis tentang perusahaan dan prospeknya melalui penurunan tajam harga saham baru-baru ini, dalam sebuah tweet. “Itu langkah yang tepat.”

Namun, beberapa pengguna di forum penggemar Tesla online mengeluh tentang pemotongan harga untuk pelanggan yang kurang beruntung yang baru saja membeli mobil mereka, meninggalkan mereka dengan barang bernilai rendah di pasar mobil bekas.

“Tidak terlalu senang dengan fluktuasi harga yang besar ini. Hanya pemotongan €10.000 seperti itu – itu pasti membuat Anda merasa seperti Anda membayar terlalu banyak,” tulis seorang pengguna di forum Tesla Drivers and Friends pada hari Jumat.

Di Cina, di mana Tesla memangkas harga minggu lalu sebesar 6-13,5%, pemilik telah memprotes pusat pengiriman di seluruh negeri, mendesak Tesla untuk mendapatkan kompensasi.

Sebelum pemotongan harga, saham Tesla di AS, menurut model yang situs webnya menunjukkan segera tersedia, cenderung lebih tinggi. Harga model Tesla bekas juga turun, meningkatkan tekanan pada mereka untuk menyesuaikan harga stiker mobil baru.

Grafik Reuters

Kepemimpinan Penjualan Baru

Pergeseran tersebut merupakan langkah besar pertama Tesla sejak mempekerjakan Chief Executive Officer Tom Chu untuk China dan Asia untuk mengawasi produksi dan penjualan di Amerika Serikat.

Tesla memotong harga di China dan pasar Asia lainnya minggu lalu. Dikombinasikan dengan pemotongan harga sebelumnya yang diumumkan pada bulan Oktober dan insentif baru-baru ini, harga China untuk Model 3 atau Model Y turun 13% hingga 24% dari bulan September setelah langkah terbaru, perhitungan Reuters menunjukkan.

Tesla juga memangkas harga di Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Singapura.

Analis mengatakan pemotongan harga China akan meningkatkan permintaan dan memberi tekanan lebih pada pesaingnya di sana, termasuk BYD (002594.SZ)untuk mengikuti apa yang bisa menjadi perang harga di pasar tunggal terbesar untuk kendaraan listrik.

READ  Twitter, Coca-Cola, Warner Bros. Penemuan dan banyak lagi

Tekanan ini juga dapat terjadi di Eropa.

Model 3 Tesla adalah mobil listrik terlaris di Jerman bulan lalu, diikuti oleh Model Y, mengalahkan Volkswagen. (VOWG_p.DE) ID.4 sepenuhnya listrik. Volkswagen baru-baru ini menaikkan harga entry-level ID 3, menjadikannya setara dengan Model 3 yang sekarang didiskon.

Tesla melewatkan perkiraan Wall Street untuk pengiriman kuartal keempat. Pertumbuhan pengiriman selama setahun penuh adalah 40% – juga di bawah perkiraan pertumbuhan 50% Musk.

Bulan lalu, Musk mengatakan bahwa “perubahan dramatis dalam suku bunga” telah mengubah prospek industri dan Tesla dapat memangkas harga untuk mempertahankan pertumbuhan volume, yang dapat menyebabkan pendapatan lebih rendah.

Saham Tesla berada di bawah tekanan

Pelaporan tambahan oleh Victoria Waldersee di Berlin, Zhang Yan di Shanghai, Hyunju-jin di Seoul dan Kevin Krolicki di Singapura; Diedit oleh Lincoln Feast, Kenneth Maxwell dan Mark Potter

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.