Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Apple Tim Cook Mendapat Gaji 50% Setelah Umpan Balik Pemegang Saham | sebuah apel

CEO Apple, Tim MasakTn.

Adalah Cook, 62, yang menjadi CEO setelah co-founder Steve Jobs mengundurkan diri sebelum kematiannya pada tahun 2011. Membayar $99,4 juta pada tahun 2022 Dan $98,8 juta pada tahun 2021. Tapi kata perusahaan itu dalam pengajuan peraturan Kamis larut malam itu menetapkan “kompensasi target” sebesar $49 juta untuk tahun 2023.

“Komite Kompensasi menimbang pendapat pemegang saham, kinerja Apple yang luar biasa, dan rekomendasi dari Mr. Cook untuk menyesuaikan kompensasinya berdasarkan umpan balik yang diterima.” sebuah apel mengatakan dalam pengajuan.

Gaji pokok dan bonus tahunan Cook akan tetap tidak berubah masing-masing sebesar $3 juta dan $6 juta. Tetapi jumlah “target” yang akan dia dapatkan dalam bonus berbasis saham akan turun dari $75 juta tahun lalu menjadi $40 juta tahun depan.

Jumlah yang diberikan dalam bonus saham juga akan lebih bergantung pada kinerja harga saham Apple dibandingkan tahun lalu. Sekarang 75% bonus saham bergantung pada kinerja pasar saham Apple, naik dari 50% tahun lalu.

Saham Apple telah turun 23% selama 12 bulan terakhir menjadi $133,41 pada penutupan Kamis, membuat beberapa pemegang saham ketakutan.

Perusahaan mengatakan bahwa 64% pemegang saham mendukung rencana pembayarannya pada pertemuan tahunannya tahun lalu, tetapi mengakui bahwa ada “penurunan tahun-ke-tahun yang signifikan karena proposal ‘katakan pembayaran’ tahunan kami menerima tingkat dukungan pemegang saham yang jauh lebih tinggi. Selama beberapa tahun.”

Layanan penasihat pemegang saham Institutional Shareholder Services mendesak investor tahun lalu untuk memilih menentang paket gaji Cook, dengan mengatakan ada “kekhawatiran signifikan” tentang “desain dan ukuran” paket tersebut. ISS mencatat bahwa Cook memperoleh lebih dari 1.447 kali gaji rata-rata karyawan Apple.

READ  Ancaman lubang $ 4 triliun dalam pandangan global menghantui IMF: Pekan Lingkungan

Apple mengatakan telah menghubungi investor untuk mendengar tentang kekhawatiran mereka. Perusahaan mengatakan: “Para pemegang saham yang kami ajak bicara yang tidak mendukung proposal ‘argumen tentang pembayaran’ tahun 2022 kami secara konsisten mengutip ukuran dan struktur penghargaan saham tahun 2021 dan 2022 yang diberikan kepada Tuan Cook sebagai alasan utama keputusan mereka untuk memilih.

“Menyeimbangkan umpan balik pemegang saham, keinginan untuk terus menciptakan kinerja yang berarti dan insentif retensi, dan dukungan Tn. Cook untuk perubahan kompensasinya untuk mencerminkan umpan balik yang diterima, Komite Kompensasi mempertahankan komponen tunai dari kompensasi Tn. Cook tahun 2023 dan mengurangi target ekuitas Nilai hibah penghargaan.

Total gaji Cook sebesar $99,4 juta tahun lalu termasuk $630.600 untuk biaya keamanan pribadi dan $712.500 untuk penggunaan jet pribadi. Gajinya pada tahun 2022 sedikit lebih tinggi dari $98,8 juta yang dikumpulkan pada tahun 2021, tetapi itu lebih dari 570% Dari $14,7 juta yang dia peroleh pada tahun 2020.

Cook, yang memiliki kekayaan bersih pribadi lebih dari $1 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index, katanya Dia berencana untuk memberikan semua kekayaannya sebelum dia meninggal. Pada 2015, dia mengatakan kepada majalah Fortune bahwa dia berencana untuk menyumbangkan semua kekayaannya untuk amal setelah membiayai pendidikan keponakannya yang berusia 10 tahun.