Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tesla memangkas harga di China, Jerman, dan seluruh dunia setelah pemotongan di AS

Tesla memangkas harga di China, Jerman, dan seluruh dunia setelah pemotongan di AS

Ditulis oleh Hyunjoo Jin, Ethan Wang, dan Christoph Stetz

BEIJING/FRANKFURT (Reuters) – Tesla Inc telah memangkas harga di sejumlah pasar utamanya – termasuk Tiongkok dan Jerman – setelah penurunan harga di Amerika Serikat – karena perusahaan tersebut menghadapi penurunan penjualan dan perang harga yang semakin intensif untuk kendaraan listrik. , terutama terhadap kendaraan listrik Tiongkok yang lebih murah.

Rangkaian pemotongan harga terjadi setelah produsen mobil listrik Elon Musk mengumumkan pada bulan ini bahwa pengiriman kendaraan global pada kuartal pertama turun untuk pertama kalinya dalam hampir empat tahun.

Situs web resmi Tesla menunjukkan pada hari Minggu bahwa harga awal untuk Model 3 yang diperbarui di Tiongkok meningkat sebesar 14.000 yuan ($1.930) menjadi 231.900 yuan ($32.000).

Di Jerman, pembuat mobil tersebut memangkas harga Model 3 berpenggerak roda belakang menjadi 40.990 euro ($43.670,75) dari 42.990 euro, sejak bulan Februari.

Juru bicara Tesla mengatakan ada juga pemotongan harga di beberapa negara lain di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Produsen mobil tersebut memangkas harga kendaraan Model Y, Model X dan Model S di AS sebesar $2.000 pada hari Jumat. Pada hari Sabtu, mereka menurunkan harga program bantuan pengemudi otonom sepenuhnya menjadi $8.000 dari $12.000 di Amerika Serikat.

Produsen mobil listrik ini lambat dalam memperbarui model lamanya, karena suku bunga yang tinggi telah melemahkan selera konsumen terhadap barang-barang mahal, sementara pesaingnya di Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia, meluncurkan model yang lebih murah.

Akhir pekan ini, Musk menunda rencana perjalanannya ke India, di mana ia dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Narendra Modi, karena komitmennya di Tesla. Reuters melaporkan pada hari Sabtu bahwa perjalanan tersebut dijadwalkan termasuk pengumuman rencana Tesla untuk memasuki pasar Asia Selatan.

READ  CEO Tesla Elon Musk Mengatakan Resesi Dapat Berlangsung Hingga Musim Semi 2024 - Bitcoin News Economics

Musk mengatakan Senin lalu bahwa Tesla akan memberhentikan lebih dari 10% tenaga kerja globalnya, seiring dengan persiapan perusahaan tersebut untuk menghadapi penurunan pengiriman tahunan pertamanya.

Pengumuman tersebut muncul setelah Reuters melaporkan pada tanggal 5 April bahwa Tesla telah membatalkan rencananya untuk mengembangkan mobil listrik terjangkau yang telah lama ditunggu-tunggu dan memilih robotaxis. Musk menulis bahwa “Reuters berbohong” setelah laporan tersebut, tanpa menyebutkan informasi yang tidak akurat. Dia tidak berbicara lebih banyak tentang model tersebut, sehingga investor menuntut kejelasan.

Saham Tesla turun 40,8% sepanjang tahun ini.

($1 = 7,2403 yuan Tiongkok)

($1 = 0,9386 euro)

(Laporan oleh Ethan Wang, Bernard Orr dan Hyunjoo Jin, tulisan tambahan oleh Tom Sims; Penyuntingan oleh Michael Perry, William Mallard dan Francis Kerry)