November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kherson Ukraina berlomba untuk memulihkan energi dan air setelah penarikan Rusia

Kherson Ukraina berlomba untuk memulihkan energi dan air setelah penarikan Rusia

  • Infrastruktur utama di Kherson ditambang oleh penguasa Rusia
  • Situasi kemanusiaan di Kherson “sangat sulit” – resmi
  • Pihak berwenang sedang bekerja untuk memulihkan layanan vital
  • Pertempuran berkecamuk di Donetsk timur, wilayah Luhansk

Kherson, Ukraina (Reuters) – Perusahaan utilitas publik di Kherson bekerja untuk memulihkan infrastruktur vital yang telah dihancurkan oleh pasukan Rusia yang melarikan diri, kata pejabat regional pada Minggu, dengan sebagian besar rumah di kota Ukraina selatan masih tanpa listrik dan air.

Gubernur wilayah Kherson, Yaroslav Janusevich, mengatakan bahwa pihak berwenang memutuskan untuk mempertahankan jam malam dari pukul 5 sore hingga 8 pagi dan mencegah orang meninggalkan atau memasuki kota, sebagai tindakan keamanan.

“Musuh telah menghancurkan semua target infrastruktur penting,” kata Yanusvich kepada televisi Ukraina. “Kami berusaha bertemu dalam beberapa hari dan (setelah itu) kami membuka kota,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia berharap operator seluler akan mulai beroperasi pada hari Minggu.

Pasukan Ukraina mencapai Kherson tengah pada hari Jumat setelah Rusia melepaskan satu-satunya ibu kota regional yang telah direbutnya sejak invasi dimulai pada Februari. Penarikan itu merupakan penarikan mundur besar-besaran ketiga Rusia dalam perang dan yang pertama melibatkan penyerahan kota besar yang diduduki itu dalam menghadapi serangan balik besar-besaran Ukraina yang merebut kembali bagian timur dan selatan.

Kepala kereta api Ukraina mengatakan bahwa layanan kereta api ke Kherson diperkirakan akan dilanjutkan minggu ini.

Namun, pejabat regional lainnya mengatakan bahwa sementara ranjau sedang berlangsung dan pihak berwenang bekerja untuk memulihkan layanan vital, dalam hal kemanusiaan, situasi di kota “tetap sangat sulit”.

“Sebagian besar rumah tidak memiliki listrik atau air, dan mereka memiliki masalah dengan pasokan gas,” kata Yury Sobolevsky, wakil kepala pertama dewan regional Kherson, kepada televisi Ukraina.

READ  Salut baru Marie di Kremlin menunjukkan bahwa Vladimir Putin lebih takut dari sebelumnya tentang perang di Ukraina

Sementara penduduk yang gembira menyambut pasukan yang datang ke Kherson, Staf Umum Ukraina melaporkan berlanjutnya pertempuran sengit di sepanjang Front Timur di wilayah Donetsk dan Luhansk.

Dalam pembaruan paginya, dikatakan bahwa pasukannya menangkis, selama 24 jam terakhir, serangan Rusia di beberapa pemukiman di dua wilayah, sementara Rusia melaporkan tembakan artileri dan rudal Rusia di wilayah timur Bakhmut, Avdiivka, Novopavlevka dan Zaporizhia.

Presiden Volodymyr Zelensky mengaitkan keberhasilan Ukraina di Kherson dan di tempat lain sebagian dengan perlawanan keras di wilayah Donetsk, meskipun serangan Rusia berulang kali.

“Hanya ada neraka, ada pertempuran yang sangat sengit setiap hari,” katanya dalam pidato video Sabtu malam regulernya.

“Dua puluh tahun lebih muda”

Ratusan warga berbaris di jalan-jalan Kherson pada hari Sabtu, mengibarkan bendera nasional, meneriakkan “Terima kasih, terima kasih” dan menghiasi tentara Ukraina dengan pita biru dan kuning.

“Tidak mungkin mengungkapkan dengan kata-kata apa yang saya rasakan sekarang. Tidak pernah dalam hidup saya, saya merasakan kegembiraan seperti sekarang,” kata Natalia Koloba, seorang warga Kherson. “Saudara dan ibu mertua kami telah datang dan kami bebas hari ini. Ini luar biasa.”

Sebelumnya pada hari Sabtu, di jalan menuju Kherson, penduduk desa yang membawa bunga menunggu untuk menyambut dan mencium tentara Ukraina saat mereka masuk untuk mengamankan kendali tepi barat Sungai Dnipro setelah penarikan Rusia yang menakjubkan.

“Kami menjadi 20 tahun lebih muda dalam dua hari terakhir,” kata Valentina Pohailova, 61, sebelum seorang tentara Ukraina melompat keluar dari truk pikap dan memeluknya serta rekannya, Natalia Borkonok, 66 tahun, di sebuah desa kecil. dekat pusat kota. Kherson.

Tapi rentetan tembakan artileri mengepung bandara internasional, dan polisi mengatakan mereka mendirikan pos pemeriksaan di dalam dan sekitar kota dan mencari ranjau di belakang.

READ  Sumber mengatakan AS mengatakan Lula bermaksud untuk segera mengakui pemenang pemilihan Brasil

Jalan menuju Kherson dari Mykolaiv dipagari dengan ladang yang ditandai dengan bermil-mil parit Rusia yang sepi. Tangki T72 yang hancur tergeletak dengan menara terbalik.

Sampah, selimut, dan jaring kamuflase berserakan di parit-parit yang sepi. Sebuah parit irigasi dipenuhi dengan peralatan Rusia yang dibuang dan beberapa ranjau anti-tank terlihat di sisi jalan.

Pelaporan tambahan oleh David Ljungren, Jonathan Landay, Gleb Garanich dan Pavel Politiuk.

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.