Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teman cello Putin mentransfer jutaan melalui rekening bank Swiss – jaksa

Teman cello Putin mentransfer jutaan melalui rekening bank Swiss – jaksa

  • Empat bankir menyangkal tuduhan tersebut saat persidangan dibuka di Zurich
  • Sergey Roldugin adalah teman dekat para deputi Putin
  • Roldugin telah berada di bawah sanksi Barat sejak 2022
  • Pengadilan akan mengumumkan putusan pada 30 Maret

ZURICH (Reuters) – Seorang pemain cello yang memiliki hubungan dengan Vladimir Putin memindahkan jutaan franc melalui rekening bank Swiss tanpa pemeriksaan yang layak, kata jaksa Swiss pada Rabu di persidangan empat bankir yang dituduh membantunya.

Jaksa menuduh bahwa Sergei Roldugin, teman dekat presiden Rusia, menyetorkan jutaan franc ke rekening bank Swiss antara tahun 2014 dan 2016.

Empat bankir – tiga orang Rusia yang bekerja di Zurich dan satu orang Swiss – muncul di Pengadilan Distrik Zurich pada hari Rabu dan membantah tuduhan kurangnya ketekunan dalam urusan keuangan. Mereka tidak dapat diidentifikasi di bawah pembatasan pelaporan Swiss.

Sidang telah ditunda, dengan keputusan jatuh tempo pada 30 Maret.

Jaksa mengatakan kepada pengadilan bahwa para bankir telah gagal untuk mengidentifikasi pemilik manfaat dari dana tersebut. Jaksa Jan Hofmann mengatakan jumlah uang yang diperkirakan mencapai 30 juta franc Swiss ($31,84 juta) terlibat dalam kasus tersebut.

Roldugin ditunjuk sebagai pemilik dua akun yang dibuka dengan Gazprombank Swiss pada tahun 2014.

Pembaruan terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

Ini terlepas dari kenyataan bahwa musisi, yang muncul di daftar orang Rusia yang dikenai sanksi di Swiss, tidak memiliki aktivitas yang terdaftar sebagai pengusaha.

Roldugin termasuk di antara puluhan anggota lingkaran dalam Putin yang dikenai sanksi oleh Barat, termasuk Swiss, setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 2022.

Reuters telah menghubungi perwakilannya untuk memberikan komentar.

READ  Ratusan demonstran pro-Palestina berkumpul di tengah hujan di ibu kota untuk memperingati masa lalu yang menyakitkan

Surat dakwaan, yang dilihat oleh Reuters, mengatakan kasus tersebut menyoroti bagaimana orang-orang seperti Roldogen digunakan sebagai “pencemar”, cara untuk menyembunyikan pemegang uang asli.

“Semua bukti bertentangan dengan Sergei Roldugin sebagai pemilik sebenarnya dari aset tersebut,” kata jaksa Hoffman di pengadilan.

“Para bankir tidak mengikuti aturan dan karena itu harus dihukum,” tambahnya.

Pengacara Bernard Loetscher mengatakan kecurigaan tentang identitas pemilik sebenarnya “tidak cukup dari sudut pandang hukum pidana” untuk sebuah hukuman.

Juga masuk akal, kata Loetscher, bahwa Roldogen kaya karena dia adalah teman Putin.

Pembela mengatakan statusnya sebagai kandidat pilihan Kremlin berarti dia dapat memanfaatkan pembiayaan yang menguntungkan dan pinjaman tanpa jaminan untuk membangun kekayaannya.

Jaksa menuntut penangguhan hukuman penjara tujuh bulan untuk setiap bankir.

Pertanyaan tentang asal-usul Putin

Ada sedikit jejak keturunan Putin.

Surat dakwaan menyatakan, “Diketahui bahwa …

Reuters meminta Kremlin mengomentari hubungan Putin dengan Rooldugin, kekayaan dan asetnya.

Putin pernah mengatakan di masa lalu bahwa Roldugin adalah seorang teman, musisi brilian, dan pelaku yang secara jujur ​​mendapatkan sejumlah uang dari saham minoritas di sebuah perusahaan Rusia.

Kremlin sebelumnya menolak anggapan bahwa uang Roldugin terkait dengan pemimpin Rusia sebagai “butenophobia” anti-Rusia. Kremlin mengatakan keuangan Putin adalah masalah catatan publik, mengatakan dia secara teratur mengumumkan aset dan gajinya kepada para pemilih Rusia.

Ayah rohani

Surat dakwaan tersebut mengatakan para bankir dalam kasus tersebut tidak melakukan pemeriksaan yang memadai untuk mengetahui apakah Roldugin adalah pemilik sebenarnya dari aset yang dimaksud.

“Pada saat akun dibuka, dilaporkan di berbagai artikel … bahwa Sergei Roldugin adalah teman dekat Presiden Rusia Vladimir Putin dan ayah baptis putrinya,” kata surat kabar itu.

READ  Berita terbaru tentang Bakhmut dan Perang Rusia-Ukraina: Pembaruan langsung

Bendera merah lainnya diabaikan, tambahnya, dan para tergugat tidak berusaha menjelaskan kemungkinan Roldugin sebagai pemilik sebenarnya dari aset, atau sumber dana.

Hanya aktivitas profesional Roldugin sebagai musisi yang terdaftar dalam dokumen bank, kata surat dakwaan, membuat kepemilikan asetnya “sama sekali tidak masuk akal”.

Di Swiss, bank berkewajiban untuk menolak atau mengakhiri hubungan bisnis jika terdapat keraguan tentang identitas pihak yang melakukan kontrak.

($1 = 0,9421 franc Swiss)

Pelaporan oleh John Revell; Diedit oleh Angus McSwan, Alex Richardson, Raisa Kasuluski, Mark Heinrichs dan Jane Merriman

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.