Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop Webb Menangkap Pandangan Baru 'Pilar Penciptaan'

Teleskop Webb Menangkap Pandangan Baru ‘Pilar Penciptaan’

Ya, itu penuh dengan bintang dan bintang.

Dua puluh tujuh tahun yang lalu, Pada tahun 1995, Teleskop Luar Angkasa Hubble memukau dunia Dengan lanskap kosmik yang disebut Pilar Penciptaan. Gambar itu mengungkapkan gunung gas dan debu yang menjulang tinggi di Nebula Elang, salah satu pabrik bintang paling produktif di Bima Sakti. Itu adalah seni tinggi dari luar angkasa dan kemenangan optik untuk Hubble yang baru direformasi dan dilahirkan kembali, yang dirusak oleh lensa buram yang mencegahnya merekam pemandangan alam semesta yang lebih jelas.

Sekarang Teleskop Luar Angkasa James Webb, penerus Hubble, telah mengalihkan mata inframerahnya untuk melihat gumpalan yang sama dan memeriksa bayi yang baru lahir masih di tempat tidur berdebu mereka. Dalam tampilan baru dari gumpalan yang dirilis Rabu, garis dan gelombang merah ceri adalah pancaran material yang telah dikompresi dari gumpalan gas dan debu – protobintang – saat mereka runtuh dan memanas menuju bintang.

setelah, setelah 20 tahun dan sekitar 10 miliar dolar teleskop web Diluncurkan pada Hari Natal dar tahun lalu di orbit mengelilingi matahari dan satu juta mil dari Bumi. Peluncurannya luar biasa sukses, sepertinya Prosedur penyingkapan yang rumit di luar angkasa yang menempatkan teleskop.

Teleskop telah membuktikan nilainya. Dalam beberapa bulan terakhir, para astronom dibuat kagum olehnya Perspektif baru tentang alam semesta yang mereka pikir mereka tahu: galaksi dan bintang Di ujung waktu, hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang; Gambar menakutkan dari planet seperti Neptunus Dan Jupiter; investigasi sensitif Atmosfer planet luar Mereka adalah tempat persembunyian potensial bagi bentuk kehidupan asing; Pemandangan puing-puing dari asteroid kecil tepat setelahnya Pesawat ruang angkasa DART NASA, mempraktikkan pertahanan planetsengaja menghancurkannya; dan lanskap kosmik seperti Pilar Penciptaan atau Lereng kosmik Nebula Carinamenekankan skala tipis dan drama rapuh dari siklus penciptaan dan kehancuran yang menjadi ciri musim keberadaan di galaksi kita.

Nebula Elang berjarak sekitar 6.500 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di konstelasi Ular, dari kata Latin yang berarti “ular”. Nebula, juga dikenal sebagai Messier 16, adalah cahaya bintang yang nyaris tidak terlihat dengan mata telanjang pada malam yang cerah di bulan Juli dan Agustus.

Nikmati selagi bisa: Dalam beberapa juta tahun, nebula akan hilang, diuapkan oleh keturunan bintangnya yang ganas seperti awan abu-abu kering angin di sore musim panas.

Gambar baru dibuat menggunakan webcam inframerah-dekat, atau NIRCam. Kata para astronom dalam jumpa pers Mengamati teleskop akan memungkinkan penghitungan bintang nebula dan jenisnya dengan lebih baik, sehingga meningkatkan model dan teori mereka tentang bagaimana bintang terbentuk, lolos dari pembibitan berdebu, mati, dan mengangkut materi mereka ke masa depan. Debu menjadi debu, abu menjadi abu.