Desember 3, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tekan M untuk lebih banyak kekuatan dan kontrol: BMW iX M60 2023 diuji

Tekan M untuk lebih banyak kekuatan dan kontrol: BMW iX M60 2023 diuji

Perbesar / Kami telah mengharapkan desain kontroversial dari BMW, tetapi wajah iX mulai tumbuh pada saya.

Jonathan Gitlin

Hari-hari ini, pembuat mobil berada dalam sedikit ikatan. Selama beberapa generasi, industri telah mengembangkan dan menyempurnakan produk mereka dan sekarang saatnya untuk menyingkirkan pengetahuan ini yang berkaitan dengan teknologi pembakaran internal dan mempelajari semua hal baru tentang motor listrik. Perasaan itu harus sangat akut di sudut-sudut industri yang lebih khusus, seperti dealer ekspres yang bertanggung jawab atas sedan dan SUV buatan pabrik dengan stiker bertuliskan AMG, Blackwing, dan sejenisnya.

BMW M bisa dibilang yang paling terkenal, karena baru saja merayakan hari jadinya yang kelima puluh minggu lalu. Selama beberapa dekade, sejak konsep mid-engine BMW Turbo 1972, lencana tri-warna telah menjadi lambang penanganan yang tajam dan banyak tenaga, biasanya dihasilkan oleh mesin. Tapi masa depan penuh dengan listrik, bahkan di M, itulah sebabnya kami berada di Berlin untuk mencoba inovasi terbarunya, versi modifikasi dari SUV listrik terbaru BMW, 2023 iX M60.

BMW M baru saja merayakan hari jadinya yang ke-50 dengan memperkenalkan M4 CSL.  Tapi baru saja merilis sedan M baru, iX M60.
Perbesar / BMW M baru saja merayakan hari jadinya yang ke-50 dengan memperkenalkan M4 CSL. Tapi baru saja merilis sedan M baru, iX M60.

Jonathan Gitlin

Kami pertama kali mencicipi iX musim panas lalu. Ini adalah hal yang kontroversial, seperti halnya banyak kreasi BMW baru-baru ini, dan paling baik dilihat sebagai alternatif semua-listrik untuk SUV X5 yang lebih tradisional. Tetapi para insinyur di M sekarang telah mendapatkan iX, setelah melakukan keajaiban mereka i4 M50.

Elektrifikasi adalah pedang bermata dua untuk fashionista seperti M. Motor listrik mungkin tidak sehebat beberapa mesin enam silinder BMW. Tetapi bahkan mesin aspirasi alami paling tajam pun dapat berharap untuk menyamai kecepatan motor listrik seketika dalam hal respons throttle seketika, terutama tidak dalam kecepatan 0-40 mph (0-65 km/jam) yang menghabiskan sebagian besar waktu kita mengemudi. waktu ada di dalamnya.

READ  Saham berjangka jatuh setelah reli teknologi

Di sisi lain, jenis motor listrik yang kuat ini hanya berfungsi jika Anda dapat memasoknya dengan listrik bertegangan tinggi, dan itu saat ini berarti menarik paket baterai lithium-ion besar, yang beratnya beberapa ratus pon lebih banyak daripada bensin yang setara. – Powertrain. iX M60 memiliki berat 5.769 pon (2.617 kg), yang dua lebih banyak dari bek tengah. BMW X5 M.secara realistis, pesaing internal terdekat dengan iX M60 dalam hal harga dan output daya.

Penamaan BMW mungkin membingungkan beberapa pelanggan, jadi anggap saja iX sebagai X5 listrik.
Perbesar / Penamaan BMW mungkin membingungkan beberapa pelanggan, jadi anggap saja iX sebagai X5 listrik.

Jonathan Gitlin

Jadi listrik berarti membawa lebih banyak massa. BMW menambahkan lebih banyak tenaga untuk mengimbanginya, tetapi perubahan mekanis pada powertrain dibandingkan dengan iX yang kurang bertenaga yang kami kendarai pada tahun 2021 sangat minim.

Rotor motor belakang telah diperpanjang 0,8 inci (20 mm), memungkinkan medan magnet yang lebih besar untuk diterapkan – dan oleh karena itu lebih banyak daya yang dihasilkan. Motor berputar hingga 15.400 rpm, dan sekarang ada komutator ganda enam tahap yang memungkinkan maksimum 1.200 amp, yang ditransmisikan ke roda melalui transmisi kecepatan tunggal yang ditempatkan di dalam unit penggerak kompak yang sama dengan motor dan elektronika daya.

Seperti unit penggerak elektrik Gen5 BMW lainnya, unit ini dibuat sendiri dan merupakan motor sinkron yang dieksitasi secara elektrik yang tidak menggunakan magnet (dan dengan demikian tidak menggunakan tanah jarang) dalam konstruksinya.

Angka utama adalah 610 hp (455 kW) yang digabungkan dalam iX M60 dalam mode Sport dan kontrol peluncuran dan torsi 811 lb-ft (1.100 Nm) tersedia dalam kontrol peluncuran. Dan karena iX M60 tidak perlu memutar turbocharger atau mengisi V8 4,4 liter dengan udara segar, itu memberikan keunggulan kinerja alami dibandingkan X5 M. Untuk 60 mph (97 km/jam) dibutuhkan hanya 3,6 detik, dan peningkatan Kecepatan tertinggi untuk ban musim panas menjadi 155 mph (250 km/jam).

READ  Mark Zuckerberg mengatakan Meta akan menguji penjualan virtual untuk Horizon Worlds

Dalam mode berkendara iX M60 yang tidak terlalu gila (Personality and Efficiency), pengiriman tenaga dikembalikan sedikit ke maksimum 532 hp (397 k) dan 749 lb-ft (1.015 Nm). Secara individual, unit penggerak depan diberi peringkat 255 hp (190 kW), dan belakang – 483 hp (360 kW).