Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Inflasi tinggi dan suku bunga di Inggris – bagaimana perbandingan ekonomi lain?

Inflasi tinggi dan suku bunga di Inggris – bagaimana perbandingan ekonomi lain?

  • Oleh Dharshini David
  • Koresponden Perdagangan Global, BBC News

sumber gambar, Gambar Getty

Inflasi masih lebih tinggi di Inggris daripada di banyak negara kaya lainnya, jadi suku bunga mungkin tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Jadi bagaimana tarif Inggris di bagian lain dari kesejahteraan ekonomi kita? Sertakan pertumbuhan, pekerjaan, dan pajak dan gambarannya akan tercampur.

inflasi ekonomi

Untuk semua pembicaraan tentang inflasi rendah, itu masih berarti harga 7,9% lebih tinggi di Inggris daripada tahun lalu. Di Uni Eropa, angka ini adalah 5,5%, dan lebih rendah di Amerika Serikat sebesar 3%.

Inggris telah mengalami yang terburuk dari dua sumber guncangan harga yang memengaruhi negara-negara kaya – kenaikan harga energi dan pangan tahun lalu akibat perang di Ukraina, dan kekurangan tenaga kerja setelah pandemi.

Seperti UE, Inggris membeli banyak energi – tetapi efek dari penurunan harga gas grosir membutuhkan waktu lebih lama untuk terlihat dalam angka inflasi kita

Hal ini disebabkan oleh penerapan subsidi energi dan pergerakan harga selanjutnya yang membutuhkan waktu untuk tercermin dalam batas penagihan lokal di sini.

Tapi apa yang disebut inflasi “inti”, ukuran yang tidak termasuk energi dan makanan, tetap mendekati tingkat tertinggi dalam 30 tahun. Hal ini menunjukkan masih kuatnya pengeluaran untuk barang-barang yang tidak penting, dan permen, dengan beberapa orang menggunakan tabungan simpanan selama pandemi, atau karena kenaikan upah.

suku bunga

Pengeluaran diskresioner inilah yang ditargetkan oleh Bank of England ketika menaikkan biaya pinjaman.

Tetapi efeknya bervariasi. Di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, kesepakatan hipotek dengan suku bunga tetap biasanya berlangsung selama 25 atau 30 tahun. Dalam beberapa kasus, pemegang hipotek dapat beralih kesepakatan dengan penalti yang lebih ringan. Pemerintah Prancis juga secara efektif membatasi suku bunga, sehingga kesepakatan hipotek 30 tahun yang baru dapat menelan biaya 3,5%. Tingkat hipotek di Amerika mendekati 7%.

Sangat membantu untuk membandingkan tarif efektif – rata-rata antara pinjaman rumah yang ada dan yang baru. Menurut perhitungan terbaru yang diterbitkan, di Inggris, di mana mayoritas berada pada kesepakatan tetap dua atau lima tahun, ini hanya di bawah 3% (walaupun itu akan meningkat karena lebih banyak pinjaman yang dibiayai kembali). Di Perancis dan Jerman kurang dari 2%.

Meskipun inflasi telah melambat di sini, Bank of England masih diharapkan untuk setidaknya menaikkan suku bunga lagi – dan mungkin tetap tinggi lebih lama daripada di UE atau AS.

Dalam hal pertumbuhan, Kanselir Jeremy Hunt memilih untuk menyoroti bahwa sejak 2010 Inggris telah berkembang lebih cepat daripada Prancis, Jepang, dan Italia.

Tetapi banyak ahli membandingkan seperti apa ekonomi sebelum pandemi. Pada musim semi tahun ini, Jerman dan Inggris adalah satu-satunya dua negara G7 yang masih memiliki ekonomi lebih kecil daripada pada akhir 2019, menurut angka resmi triwulanan.

Namun pada tahun 2023, Inggris lebih tangguh dari yang diperkirakan.

Pertumbuhan mungkin datar, tetapi belanja konsumen terus membaik – upah yang lebih tinggi dan tabungan pandemi lagi. Faktanya, zona euro yang tergelincir ke dalam resesi pada awal tahun ini.

Tetapi suku bunga yang lebih tinggi melambat, yang membutuhkan waktu untuk menjadi jelas. Sekarang ada kekhawatiran di antara beberapa ekonom bahwa kita mungkin melihat Inggris tergelincir ke dalam resesi – dan yang lainnya juga.

Tapi kami harus terus mengejar ketertinggalan.

Pengangguran

Terlepas dari kerusakan akibat Covid dan suku bunga tinggi, pasar kerja kami tidak terlalu buruk. Tingkat pengangguran Inggris, sebesar 4%, lebih rendah dari Uni Eropa, meskipun lebih tinggi dari 3,6% di Amerika.

Tapi ada banyak gambar.

Untuk dianggap menganggur, orang harus tersedia untuk bekerja dan mencari pekerjaan. Mereka yang tidak dianggap tidak aktif. Jarang Inggris menjadi salah satu dari sedikit negara kaya di mana terdapat lebih banyak orang yang tidak aktif daripada sebelum pandemi, dan ratusan ribu lebih, terutama karena jumlah pasien jangka panjang meningkat. Organization for Economic Co-operation and Development menempatkan Inggris di bagian bawah G7 untuk tingkat partisipasi angkatan kerja (proporsi orang yang bekerja atau mencari pekerjaan).

Tambahkan pembatasan Brexit, dan itu berarti kekurangan di beberapa industri. Di sisi lain, ini dapat meningkatkan pertumbuhan upah – pekerja lebih mampu mendapatkan kenaikan upah yang lebih besar.

Tapi karena tingkat bunga ini meningkat, pengangguran juga bisa meningkat.

pajak

Proporsi pendapatan negara kita, produk domestik bruto, yang dibayarkan kepada petugas pajak saat ini ditetapkan mencapai rekor pascaperang sebesar 37,7% pada tahun 2028.

Singkatnya, apakah perasaan itu berubah? Apa yang disebut beban pajak kami sebenarnya lebih rendah daripada rata-rata Uni Eropa, meskipun lebih tinggi daripada di Amerika Serikat menurut angka pembanding terbaru. Petugas pajak di Prancis sudah menerima 45 sen untuk setiap euro yang dibuat dalam perekonomian di sana.

Tetapi sebagian besar negara akan menghadapi tekanan yang meningkat pada keuangan publik mereka, berkat populasi yang menua dan utang yang ada.

Sudah beberapa tahun yang sulit dalam segala hal tetapi ada beberapa area di mana Inggris Raya mungkin merasa sangat kekurangan perubahan.