Januari 18, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Surplus perdagangan Indonesia November turun menjadi US$ 3,51 miliar; Ekspor ke registri

Jakarta: Surplus perdagangan Indonesia menyempit menjadi $3,51 miliar pada November, menjelang rekor tertinggi sebelum akhir tahun, sementara ekspor melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, data resmi menunjukkan pada hari Rabu.

Sebuah jajak pendapat Reuters memperkirakan surplus November sebesar $ 4,45 miliar. Surplus Oktober adalah $5,74 miliar.

Surplus November bahkan lebih besar untuk ekonomi terbesar di Asia Tenggara, yang diuntungkan oleh peningkatan ekspor karena kenaikan harga komoditas.

Fakhrul Fulvian, kepala ekonom di Trimeca Securities, mengatakan: “Impor besar diharapkan dapat meningkatkan ekonomi domestik.

“Keyakinan ekonomi telah mendorong impor dan kami berharap tren ini akan berlanjut hingga 2022.”

Negara yang kaya sumber daya ini telah mencapai surplus perdagangan setiap bulan sejak Mei 2020, membantu menstabilkan mata uang rupee dan menghambat pemulihan ekonominya dari epidemi COVID-19.

Impor naik 52,62 persen tahun-ke-tahun menjadi $ 19,33 miliar pada November, mengalahkan ekspektasi 37,55 persen, didorong oleh peningkatan pembelian mesin dan obat-obatan, barang konsumsi dan bahan baku untuk produksi.

Ekspor naik 49,70 persen menjadi US$ 22,84 miliar, diperkirakan 44 persen, sementara ekspor minyak dan gas naik hampir 75 persen dan ekspor pertambangan hampir 147 persen.

(Laporan oleh Gayatri Suroyo dan Francisco Nangoi; Penyuntingan oleh Tom Hoke dan Clarence Fernandez)

READ  Proyek Keluar Batubara Indonesia - Majalah PV Australia