Mei 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Stellantis memblokir pembangunan pabrik baterai sambil meminta dukungan lebih

Stellantis memblokir pembangunan pabrik baterai sambil meminta dukungan lebih

OTTAWA (Reuters) – Pembuat mobil Stellantis (STLAM.MI) telah menghentikan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik senilai lebih dari C$5 miliar ($3,7 miliar) di Kanada di tengah pembicaraan dengan pemerintah federal atas dukungannya untuk pabrik tersebut.

“Efektif segera, semua pekerjaan konstruksi terkait produksi unit baterai di lokasi Windsor telah dihentikan,” kata juru bicara perusahaan, seraya menambahkan bahwa beberapa konstruksi terkait produksi sel baterai terus berlanjut.

Stellantis mengatakan pemerintah belum memenuhi apa yang disepakati tahun lalu.

Langkah tersebut dilakukan sebulan setelah Kanada setuju untuk memberikan dukungan hingga C$13 miliar dan hibah C$700 juta untuk menarik pembuat mobil Jerman Volkswagen (VOWG_p.DE) untuk membangun pabrik baterai Amerika Utara di negara tersebut.

Stellantis dan LG Energy Solution (373220.KS) (LGES) dari Korea Selatan mengumumkan investasi mereka di pabrik baterai di Kanada tahun lalu, yang bertujuan untuk kapasitas produksi tahunan lebih dari 45 gigawatt-jam (GWh) dan diperkirakan akan menghasilkan sekitar 2.500 peluang kerja baru di Kanada. daerah Windsor.

Investasi, yang juga akan disumbangkan oleh pemerintah federal dan provinsi, adalah yang terbesar di sektor otomotif Kanada pada saat itu.

Pemerintah federal mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan administrasi Stellantis dan masalah dapat diselesaikan.

“Saya cukup yakin kami akan mendapatkan kesepakatan. Tapi saya juga ingin menunjukkan bahwa sumber daya pemerintah federal tidak terbatas,” Menteri Keuangan Chrystia Freeland mengatakan kepada wartawan, menambahkan bahwa pemerintah provinsi Ontario harus melakukannya. “Ini bagian yang adil.”

Pemerintah provinsi Ontario mengatakan telah menandatangani kesepakatan dengan pembuat mobil dan tidak dalam negosiasi.

READ  Pemegang saham terbesar ketiga Tesla mengatakan Elon Musk harus mundur sebagai CEO

“Ini benar-benar membuat saya khawatir,” kata Perdana Menteri Ontario Doug Ford kepada wartawan ketika ditanya tentang penghentian konstruksi. “Kami membutuhkan pemerintah federal untuk bertindak seperti yang dilakukan dengan Volkswagen.”

Pabrik baterai besar-besaran Volkswagen adalah investasi tunggal terbesar yang pernah ada dalam rantai pasokan kendaraan listrik Kanada.

($1 = 1,3372 dolar Kanada)

(Laporan oleh Ismail Shakil di Ottawa)

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.