Oktober 7, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

SoftBank Vision Fund mengalami kerugian triwulanan sebesar $21,6 miliar

SoftBank Vision Fund mengalami kerugian triwulanan sebesar $21,6 miliar

Vision Fund SoftBank, gagasan pendiri perusahaan Masayoshi Son, telah menghadapi sejumlah tantangan, termasuk jatuhnya saham teknologi sebagai akibat dari suku bunga tinggi, pasar China yang sulit, dan geopolitik.

Kentaro Takahashe | Bloomberg | Gambar Getty

SoftBank Ini mencatat salah satu kerugian terbesarnya pada unit investasi Vision Fund pada kuartal pertama tahun fiskal, karena saham teknologi terus melemah di tengah kenaikan suku bunga.

Vision Fund raksasa Jepang membukukan kerugian 2,93 triliun yen ($21,68 miliar) pada kuartal Juni. Ini adalah kerugian kuartalan terbesar kedua untuk Vision Fund.

Ini berkontribusi pada kerugian bersih SoftBank sebesar 3,16 triliun yen untuk kuartal tersebut terhadap laba 761,5 miliar yen pada periode yang sama tahun lalu.

SoftBank Vision Fund, yang dimulai pada tahun 2017 dan berinvestasi di perusahaan teknologi, telah terpukul oleh penurunan saham dengan pertumbuhan tinggi sebagai akibat dari inflasi yang merajalela yang telah mendorong Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya untuk menaikkan suku bunga.

Masayoshi Son, pendiri SoftBank yang blak-blakan dan dalang di balik Vision Fund, mengatakan pada bulan Mei bahwa perusahaan akan masuk ke mode “pertahanan” dan menjadi lebih “konservatif” dengan laju investasi setelah penerbitan. Rekor kerugian 3,5 triliun yen per unit investasi tahun fiskal lalu.

SoftBank mengatakan melihat penurunan harga saham dari berbagai perusahaan portofolio, yang “terutama akibat dari tren penurunan global dalam harga saham karena meningkatnya kekhawatiran tentang kemerosotan ekonomi yang didorong oleh inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi.”

Saham perusahaan mulai dari perusahaan e-commerce Korea Selatan Coupang hingga DoorDash di AS terpukul keras pada kuartal kedua.

SoftBank mengatakan harga saham perusahaan swasta dalam portofolionya juga turun.

READ  Inggris memotong tagihan energi untuk bisnis selama musim dingin

Ini adalah berita yang mendesak. . Silakan periksa kembali untuk pembaruan