November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Setelah tur Mars yang menakjubkan, India mengatakan pengorbit tidak lagi memiliki bahan bakar

Setelah tur Mars yang menakjubkan, India mengatakan pengorbit tidak lagi memiliki bahan bakar

Perbesar / Gambar cakram penuh Mars yang diambil oleh Mars Orbiter Mission.

ISRO

Terlepas dari pencapaian India yang sederhana, misi penjelajah Mars India adalah salah satu yang paling luar biasa di era penerbangan luar angkasa modern. Diluncurkan pada tahun 2013, itu adalah misi Mars pertama yang dibangun oleh negara Asia untuk mencapai orbit di sekitar Planet Merah – hanya Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Badan Antariksa Eropa yang telah melakukannya sebelumnya.

Dan mungkin yang paling penting, India telah menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa yang kuat dan mampu dapat dikembangkan di Mars dengan anggaran yang kecil. Alih-alih menghabiskan biaya ratusan juta dolar, misi Mars hanya dikembangkan sekitar $25 juta, melalui sebuah proses Pejabat India menggambarkannya Atas nama “Teknik Ekonomi”.

Tetapi semua hal baik berakhir, dan akhir pekan ini, badan antariksa India, ISRO, menyatakan misi itu “tidak dapat dipulihkan.” Pembaruan datang setelah pertemuan satu hari untuk membahas pesawat ruang angkasa dan apakah itu bisa diselamatkan setelah kontak dengan rover hilang pada bulan April selama gerhana panjang ketika Mars bergerak antara orbit dan matahari.

“Dalam pertemuan nasional, ISRO membahas bahwa dorongan itu pasti sudah habis, dan oleh karena itu, posisi yang diinginkan untuk pembangkit energi berkelanjutan tidak dapat dicapai,” badan antariksa itu Dia mengatakan dalam pembaruan yang diterbitkan pada hari Senin. “Pesawat ruang angkasa telah dinyatakan tidak dapat dipulihkan, dan telah mencapai akhir masa pakainya. Misi ini akan dianggap sebagai pencapaian teknologi dan ilmiah yang luar biasa dalam sejarah eksplorasi planet.”

Probe pasti melebihi harapan. Awalnya dirancang selama enam bulan, itu membawa data kembali ke Bumi selama hampir delapan tahun.

READ  Bentuk kehidupan misterius ditemukan di gua lava Hawaii berabad-abad yang lalu

Di antara kontribusi ilmiahnya adalah gambar biasa dari seluruh cakram Mars, berwarna, karena orbit elips pesawat ruang angkasa. Sebagian besar pesawat ruang angkasa di orbit sekitar Mars menghabiskan waktu mereka relatif dekat dengan planet ini, melihat langsung ke permukaan. Misi Pengorbit Mars juga memberikan data berharga tentang atmosfer Mars yang tipis dan badai debu yang diamati. Pejabat India mengatakan lebih dari 7.200 pengguna telah mendaftar untuk secara bebas mengunduh data yang dikumpulkan oleh misi tersebut.

Selama pertemuan tersebut, para ilmuwan dan insinyur membahas tantangan bertahan dari periode gerhana yang panjang hingga tujuh jam. Banyak propelan pesawat ruang angkasa yang harus dihabiskan lima tahun lalu untuk memposisikan ulang kendaraan agar selamat dari gerhana ini dan memastikan sinar matahari yang cukup mencapai panel suryanya.

Setelah keberhasilan misi Mars Orbiter, India telah mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk misi bulan dan Mars. Negara ini merencanakan beberapa misi ke permukaan bulan, dengan tujuan akhir mengembalikan sampel. Penjelajah lain direncanakan di sekitar Mars dalam beberapa tahun ke depan, yang akan diikuti oleh penjelajah selama paruh kedua tahun 2020-an.