Desember 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

NASA mengambil gambar matahari yang "tersenyum".  Ini tidak manis seperti yang terlihat.

NASA mengambil gambar matahari yang “tersenyum”. Ini tidak manis seperti yang terlihat.

Penangguhan

Ternyata siapa pun yang menggambar wajah matahari tersenyum di masa kecil mereka melakukannya. Terbukti secara ilmiah – sampai batas tertentu – benar. Pekan lalu, Solar Dynamics Observatory NASA menangkap gambar objek terbesar di tata surya kita yang terlihat seperti Stay Puft Marshmallow Man dari “Ghostbusters,” matahari Teletubbies berwajah bayi atau jack-o-lantern (jika Anda berada di semangat Halloween).

Tapi seperti apa rupanya spons scrub papa Api mungkin tidak semanis kelihatannya. Bagi kami di Bumi, ini dapat menghasilkan emoji matahari Bagus melihat senja – Atau itu bisa menunjukkan masalah untuk sistem komunikasi planet ini.

William Shatner mengatakan perjalanannya ke luar angkasa ‘terasa seperti pemakaman’ bagi Bumi

Dia mengatakan matahari pada dasarnya adalah “reaktor nuklir terbesar di tata surya kita”. Brian Keating, profesor fisika di University of California, San Diego. Ada gelombang gerakan yang terjadi setiap detik dalam bola gas panas yang besar dan bercahaya — dari konversi hidrogen menjadi helium, yang menghasilkan jumlah panas yang sama seperti banyak bom nuklir, hingga badai listrik dan gempa bumi matahari.

Beberapa aktivitas matahari ini dicitrakan oleh satelit NASA pada hari Rabu, kata Keating kepada Washington Post.

Dalam gambar, trio bintik yang membentuk “wajah” – yang tidak dapat dilihat dengan mata manusia karena terletak pada spektrum ultraviolet – adalah apa yang dikenal sebagai lubang koronal, atau bagian yang sedikit lebih dingin dari lapisan luar matahari, yang biasanya sekitar 10.000 derajat Fahrenheit.

“Kita berbicara tentang beberapa ratus derajat, jadi tidak seperti resor ski,” kata Keating. “Tapi karena sangat gelap dan karena kita melihatnya dalam sinar ultraviolet, yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, [NASA satellite] Mereka melihatnya sebagai lubang gelap.”

READ  Lagu Cinta Ikan dan Pertarungan Modern: Perpustakaan Audio Bawah Laut untuk Mengungkapkan Bahasa Terdalam | Hewan liar

Matahari yang Antusias Tersenyum Pada Kami – Enam Pemandangan Spektakuler

Lubang koronal tidak hanya Bentuk-bentuk menarik bergerak di sekitar permukaan matahari. Mereka adalah daerah dengan aktivitas medan magnet tinggi yang terus-menerus mengirim angin matahari – atau fluks proton, elektron, dan partikel lain – ke alam semesta.

“Lebih dari sekadar wajah tersenyum, matanya seperti laser berkelap-kelip yang mengirimkan partikel yang dapat menyebabkan gangguan parah di atmosfer Bumi,” kata Keating.

Ketika partikel, yang membawa muatan listrik, bertabrakan dengan planet secara kecil dosis senja berwarna-warni Mungkin mengikuti itu, tampilan hebat yang dihasilkan oleh interaksi gas atmosfer dengan tembakan energi dari matahari. Masalah muncul jika terlalu banyak partikel yang sangat kecil bertabrakan dengan Bumi, kata Keating. Alih-alih diserap ke dalam medan magnet bumi, mereka dapat ditangkap oleh antena radio dan mengganggu radio, televisi, dan saluran komunikasi lainnya. Keating menambahkan bahwa badai matahari yang parah dapat merusak jaringan listrik dan menyebabkan pemadaman.

Pada 14 Desember, Parker Solar Probe NASA terbang melalui atmosfer bagian atas Matahari dan mengambil sampel partikel dan medan magnet di sana. (Video: NASA Goddard)

Ketika Gambar matahari yang tersenyum telah diambil sebelumnya – misalnya, pada tahun 2013 lalu “makan bersalah” Atau pada tahun 2014 ketika NASA menyebutnya sebagai “Labu Matahari”Skenario terburuk yang dijelaskan oleh Keating belum pernah terjadi selama hampir dua abad. Badai geomagnetik parah terakhir yang paling mempengaruhi Bumi adalah 1859 Acara Carringtonmenyebabkan kebakaran di banyak stasiun telegraf dengan munculnya aurora borealis di daerah tropis.

Dia mengatakan bahwa acara besar seperti ini sudah lama ditunggu.

“Para ilmuwan memperkirakan itu terjadi rata-rata, dengan peluang 2%, setiap tahun, dan kami baru saja menghindari semua peluru magnet ini untuk waktu yang lama,” kata Keating. “Jadi itu bisa sangat menakutkan, dan konsekuensinya bisa lebih dramatis, terutama di masyarakat kita yang bergantung pada teknologi saat ini.”

READ  Balet Galaksi Ditangkap oleh Kamera Energi Gelap Modern

Partikel matahari dari peristiwa senyum terakhir dapat mencapai Bumi tepat pada waktunya pada malam hantu tahun ini.

“Mungkin ada sesuatu yang menghalangi kita pada malam Halloween,” kata Keating. “Sangat menakutkan, tapi saya harap itu tidak terlalu menakutkan.”

Pusat Prediksi Cuaca Antariksa Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional ekspor Saksikan badai magnet kecil pada hari Sabtu, memperingatkan bahwa kondisi dapat berubah dari “tidak stabil” menjadi “aktif.” Letusan lubang korona diperkirakan akan berlanjut hingga Rabu.