April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Serangan drone mengguncang kilang minyak Rusia, dan korban sipil dilaporkan di Belgorod

Serangan drone mengguncang kilang minyak Rusia, dan korban sipil dilaporkan di Belgorod

Di wilayah Samara Rusia, serangkaian “serangan drone” menargetkan kilang minyak lokal, kata Gubernur Dmitry Azarov melalui Telegram.

Azarov mengatakan bahwa salah satu serangan tersebut menyebabkan kebakaran di kilang Kuibyshev, namun tidak ada korban jiwa. Kilang Kuibyshev, yang dijalankan oleh raksasa minyak Rusia Rosneft, adalah salah satu kilang terbesar di Samara, dengan kapasitas produksi tahunan sebesar tujuh juta ton, menurut situs resminya.

Azarov juga menulis bahwa serangan drone lainnya, kali ini terhadap kilang Novokuibyshevsk di wilayah tersebut, berhasil dihalau tanpa menyebabkan kerusakan pada peralatan teknologi fasilitas tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan pernyataan yang merinci penghancuran “12 drone Ukraina” selama operasi malam hari. Serangan ini menargetkan wilayah yang berbatasan dengan Ukraina, termasuk Bryansk (5 drone), Belgorod (5 drone), dan Voronezh (1 drone), serta sebuah drone yang ditembak jatuh di Saratov.

Di Belgorod, Gubernur Vyacheslav Gladkov mengirim telegram laporan Dampak serangan drone di dua wilayah.

Dia menambahkan: “Sepertinya pagi ini akan sulit.”

Menurutnya, dua orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka di Belgorod dan wilayah sekitarnya.

Gubernur menulis: “Berbagai kerusakan terjadi di 69 apartemen di 14 bangunan tempat tinggal, di empat rumah tempat tinggal pribadi dan tiga badan usaha.”

Laporan media Rusia mengungkapkan dampak serangan pesawat tak berawak di kota Belgorod, dan pusat bisnis Mont Blanc termasuk di antara gedung-gedung tinggi yang rusak.

Pembaruan Intelijen Pertahanan Inggris Ukraina 23 Maret 2024

Topik menarik lainnya

Pembaruan Intelijen Pertahanan Inggris Ukraina 23 Maret 2024

Berita terbaru dari Intelijen Pertahanan Inggris.

Selain itu, drone juga menargetkan Pabrik Logam Listrik Oskol, menyebabkan ledakan keras dan pemandangan mengerikan yang terekam dalam video oleh warga.

Terlepas dari intensitas serangan yang terjadi, pusat pers perusahaan tersebut mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa atau kerusakan serius pada pabrik tersebut, yang berfungsi sebagai pemasok utama industri pertahanan Rusia.

Serangan-serangan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina, ketika Kiev mengintensifkan serangan balasannya di wilayah Rusia, dengan fokus khusus pada lokasi-lokasi energi. Amerika Serikat dilaporkan telah mendesak Kiev untuk menghentikan serangannya terhadap kilang minyak Rusia, dengan alasan kekhawatiran mengenai kenaikan harga minyak mentah dan potensi pembalasan.

Waktu kejadian ini bertepatan dengan gelombang keberhasilan serangan Ukraina terhadap fasilitas minyak Rusia, menjelang pemilihan presiden baru-baru ini di Rusia. Kemenangan Vladimir Putin dalam pemilu yang diwarnai dengan pertanyaan mengenai legitimasi telah menutupi kemampuan drone Ukraina yang kuat, sehingga menempatkan sebagian besar kilang minyak di Rusia bagian barat dalam bahaya, seperti yang dikatakan oleh mantan analis CIA Helima Croft.

Julia Strack

READ  Kesepakatan ekspor gandum Ukraina kembali karena Rusia melanjutkan partisipasi