September 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Presiden Indonesia mengatakan Putin dan Xi akan menghadiri KTT G20, dalam konfrontasi dengan Biden

Presiden Indonesia mengatakan Putin dan Xi akan menghadiri KTT G20, dalam konfrontasi dengan Biden

Presiden Indonesia Joko Widodo Beritahu Bloomberg Dalam sebuah wawancara, dia telah menerima jaminan dari Presiden Xi Jinping dan Vladimir Putin bahwa mereka akan menghadiri konferensi yang dijadwalkan pada November di pulau Bali, Indonesia.

Menurut Bloomberg, dia berkata, “Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang.”

Kehadiran dua pemimpin otoriter akan meningkatkan risiko ke KTT, yang merupakan yang pertama dari Kelompok Dua Puluh sejak Invasi Rusia ke Ukraina Ketegangan meningkat karena masalah Taiwan.
Baik Putin maupun apa pun tidak hadir G20 tahun lalu di Roma. Xi baru-baru ini mulai bepergian ke luar daratan China ketika pandemi Covid-19 berkurang.

Gedung Putih belum secara resmi mengumumkan bahwa Biden akan melakukan perjalanan ke Asia untuk KTT itu, tetapi para pejabat mengatakan dia diperkirakan akan hadir.

Pejabat AS dan China bekerja dengan tenang untuk mengatur pertemuan tatap muka pertama antara Biden dan Xi sejak Biden menjabat, dengan fokus pada rangkaian KTT Asia November: G-20 di Bali, pertemuan para pemimpin Asia Tenggara di Kamboja dan KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Thailand.

Ketegangan antara Washington dan Beijing Ini telah memburuk dalam beberapa minggu terakhir Setelah Ketua DPR Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. Cina meningkat Latihan militer Dan Tes Senjata Beberapa saluran komunikasi dengan Amerika Serikat ditutup.
selama Panggilan telepon terakhir merekaBaik Biden dan Xi setuju untuk bekerja menuju pertemuan pribadi. Biden adalah pendukung pertemuan rutin dengan rekan-rekan asingnya, bahkan ketika ketegangan sedang tinggi.
Biden dan para penasihatnya telah melakukan pembicaraan selama berbulan-bulan tentang bagaimana menangani G-20 jika Putin hadir, dan itu telah menjadi topik perdebatan di antara sesama pemimpin dunia di KTT G7 Diadakan di Jerman awal musim panas ini dan pada tahun KTT NATO di Brussel di bulan Maret.

Pada pertemuan G7, khususnya, para pemimpin membahas cara-cara untuk menunjukkan front persatuan melawan Rusia pada konferensi November, menurut para pejabat.

READ  Lviv, kota di Ukraina barat yang sejauh ini terhindar dari serangan Rusia, diguncang ledakan dahsyat

Biden mengatakan Rusia harus dikeluarkan dari G-20, dan anggota senior pemerintahannya menarik diri dari acara G-20 yang dihadiri oleh pejabat Rusia.

Tetapi memboikot KTT G-20 tidak dianggap serius karena Biden dan timnya tidak ingin terlihat menyerahkan meja kepada Putin.

Sebaliknya, Amerika Serikat dan negara-negara G7 mendorong Indonesia untuk mengundang presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Sebagai peserta tamu dalam pertunjukan dukungan untuk Ukraina.
Pada bulan April, menteri keuangan dari berbagai negara, termasuk Menteri Keuangan AS Janet Yellen, Dia meninggalkan sesi tertutup Kelompok Dua Puluh Di Washington, ketika delegasi Rusia memulai sambutannya yang telah disiapkan, ia menawarkan untuk memprotes Moskow atas invasinya ke Ukraina. Sebelum pertemuan, pejabat AS mengatakan Yellen tidak akan berpartisipasi dalam sesi pertemuan tertentu, termasuk Rusia.
di Pertemuan para menteri luar negeri G20 Bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken menantang rekan-rekannya untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap Rusia, dengan mengatakan bahwa agar G-20 tetap relevan, Moskow harus bertanggung jawab atas invasi tersebut.