Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sepasang bintang membuat 'sidik jari' pada gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb

Sepasang bintang membuat ‘sidik jari’ pada gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb

Dua bintang yang terjerat menciptakan apa yang tampak seperti “sidik jari” di luar angkasa. NASA rilis foto Rabu duo diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webbyang menunjukkan setidaknya 17 cincin debu yang mengelilingi bintang-bintang.

wolfrayetfingerprintstar.jpg
Dua bintang, bersama-sama dikenal sebagai Wolf-Rayet 140, menciptakan cincin debu di ruang angkasa yang menyerupai sidik jari dalam gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA.

NASA


Gambar diambil dengan bantuan instrumen inframerah menengah teleskop, yang dibuat oleh NASA dan Badan Antariksa Eropa.

Bintang-bintang, yang secara kolektif dikenal sebagai Wolf-Rayet 140, terletak 5.000 tahun cahaya dari Bumi, kata NASA dalam siaran pers. NASA menjelaskan bahwa setiap cincin debu terbentuk ketika dua bintang saling berdekatan selama orbitnya, menyebabkan gas yang dipancarkan dari keduanya memampatkan dan membentuk cincin.

“Mengubah gas menjadi debu seperti mengubah tepung menjadi roti: memerlukan kondisi dan bahan tertentu,” kata NASA tentang cincin debu.

Dibutuhkan sekitar delapan tahun untuk setiap cincin terbentuk.

“Kami melihat lebih dari satu abad produksi debu dari sistem ini,” kata astronom Ryan Lau.

NASA telah mengungkapkan bahwa pasangan itu mendekati akhir hidup mereka, yang akan menyebabkan keruntuhan mereka dan pembentukan lubang hitam. Bintang yang diklasifikasikan sebagai Wolf-Rayet memiliki massa setidaknya 25 kali lebih besar dari massa Matahari, dan mengeluarkan sejumlah besar gas.

Menurut NASA, keduanya mungkin telah kehilangan lebih dari setengah massa aslinya dari waktu ke waktu.

Para astronom juga percaya bahwa angin dari bintang-bintang menyapu daerah di sekitar puing-puing yang dapat merusak cincin, itulah sebabnya mereka dapat dilihat dengan jelas melalui teleskop.

“Kemungkinan akan ada lebih banyak episode yang menjadi sangat redup dan tersebar sehingga bahkan Webb tidak dapat melihatnya dalam data,” kata NASA.

Materi yang melayang dari bintang Wolf-Rayet dapat menumpuk dan membentuk bintang baru. NASA telah mengungkapkan bahwa ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Matahari mungkin juga terbentuk dengan cara ini.

Hanya 600 bintang Wolf-Rayet yang telah ditemukan oleh para astronom di langit, tetapi mereka mengatakan setidaknya ada beberapa ribu.

READ  NASA mengungkapkan di mana mereka ingin orang Amerika berikutnya mendarat di bulan