Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Semuanya telah terungkap termasuk Gemini AI, Android 15, dan lainnya

Semuanya telah terungkap termasuk Gemini AI, Android 15, dan lainnya

Di akhir I/O, konferensi pengembang tahunan Google di Shoreline Amphitheatre di Mountain View, CEO Google Sundar Pichai mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut mengatakan “AI” sebanyak 121 kali. Hal ini, pada dasarnya, adalah inti dari ceramah Google selama dua jam — menghadirkan AI ke dalam semua aplikasi dan layanan Google yang digunakan oleh lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia. Berikut adalah semua pembaruan penting dari acara besar Google, ditambah beberapa pengumuman tambahan setelah keynote.

Gemini Pro

Google

Google telah mengumumkan model AI baru yang disebut Gemini 1.5 Flash, yang dikatakan dioptimalkan untuk kecepatan dan efisiensi. Flash berada di antara Gemini 1.5 Pro dan Gemini 1.5 Nano, model terkecil perusahaan yang berjalan secara native di perangkat. Google mengatakan pihaknya menciptakan Flash karena pengembang menginginkan model yang lebih ringan dan lebih murah daripada Gemini Pro untuk membangun aplikasi dan layanan yang didukung AI sambil mempertahankan beberapa hal seperti jendela konteks sepanjang jutaan karakter yang membedakan Gemini Pro dari model pesaing. Akhir tahun ini, Google akan menggandakan jendela konteks Gemini menjadi 2 juta token, yang berarti Google akan mampu memproses 2 jam video, 22 jam audio, dan lebih dari 60.000 baris kode atau lebih dari 1,4 juta kata dalam waktu yang bersamaan. . waktu. .

Proyek AstraProyek Astra

Google

Google memamerkan Project Astra, versi awal dari asisten global yang didukung AI, yang menurut Demis Hassabis, CEO DeepMind Google, adalah versi agen AI Google “yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.”

Dalam video yang menurut Google diambil dalam satu kali pengambilan, seorang pengguna Astra berkeliling kantor Google di London sambil memegang ponselnya dan mengarahkan kamera ke berbagai hal — speaker, beberapa kode di papan tulis, di luar jendela — dan melakukan percakapan alami dengan aplikasi tentang apa yang tampak seperti perintah. Dan di salah satu momen paling mengesankan dalam video, dia dengan tepat memberi tahu pengguna di mana dia meninggalkan kacamatanya sebelumnya tanpa pengguna pernah mengangkat kacamatanya.

READ  Starfield mendekati garis finis saat Phil Spencer dan Pete Hines melihat gameplay Xbox Live

Video berakhir dengan kejutan – ketika pengguna menemukan kacamata yang hilang dan memakainya, kami mengetahui bahwa mereka memiliki sistem kamera internal dan dapat menggunakan Project Astra untuk melakukan percakapan dengan pengguna secara lancar, yang mungkin menunjukkan bahwa Google mungkin sedang mengerjakan pesaing kacamata pintar Ray Ban dari Meta.

Tanyakan gambarnyaTanyakan gambarnya

Google

Google Foto sudah pintar dalam mencari foto atau video tertentu, namun dengan AI, Google membawa segalanya ke level berikutnya. Jika Anda pelanggan Google One di AS, Anda dapat mengajukan pertanyaan rumit kepada Google Foto seperti “Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah Anda kunjungi” saat fitur tersebut diluncurkan dalam beberapa waktu ke depan. bulan. Google Foto akan menggunakan informasi GPS Anda serta penilaiannya sendiri tentang apa yang “terbaik” untuk memberi Anda pilihan. Anda juga dapat meminta Google Foto untuk membuat teks untuk memposting foto di media sosial.

MelihatMelihat

Google

Mesin pembuat media baru yang didukung AI dari Google disebut Veo dan Imagine 3. Veo adalah jawaban Google untuk Sora OpenAI. Google mengatakan dapat menghasilkan video 1080p “berkualitas tinggi” yang dapat berdurasi “lebih dari satu menit”, dan dapat memahami konsep sinematik seperti time-lapse.

Sementara itu, Imagen 3 adalah generator teks-ke-gambar yang diklaim Google menangani teks lebih baik dibandingkan pendahulunya, Imagen 2. Hasilnya adalah model teks-ke-gambar kualitas tertinggi milik perusahaan dengan “tingkat detail luar biasa” untuk “realistis”. , gambar seperti aslinya.” ” dan lebih sedikit artefak — yang pada dasarnya membandingkannya dengan DALLE-3 OpenAI.

pencarian Googlepencarian Google

Google

Google membuat perubahan besar pada cara kerja pencarian secara mendasar. Sebagian besar pembaruan yang diumumkan hari ini seperti kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang sangat rumit (“Temukan studio yoga atau Pilates terbaik di Boston dan lihat detail penawaran dan waktu berjalan kaki dari Beacon Hill.”) dan gunakan penelusuran untuk merencanakan makanan dan liburan. Ini tidak akan tersedia kecuali Anda mendaftar ke Search Labs, platform perusahaan yang memungkinkan orang mencoba fitur beta.

READ  Sony menunjuk pemimpin baru untuk PlayStation setelah Jim Ryan pensiun

Namun fitur baru yang besar, yang oleh Google disebut Ikhtisar AI dan telah diuji oleh perusahaan selama satu tahun, akhirnya diluncurkan ke jutaan orang di Amerika Serikat. Google Penelusuran kini akan menampilkan jawaban yang dihasilkan AI di bagian atas hasil secara default, dan perusahaan mengatakan akan menyediakan fitur tersebut kepada lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia pada akhir tahun ini.

Gemini di AndroidGemini di Android

Google

Google mengintegrasikan Gemini langsung ke Android. Saat Android 15 dirilis akhir tahun ini, Gemini akan mengetahui aplikasi, foto, atau video apa yang Anda putar, dan mereka akan dapat menyeretnya sebagai overlay dan menanyakan pertanyaan spesifik konteks. Bagaimana dengan Asisten Google yang sudah melakukan ini? Siapa yang kamu kenal! Google tidak membahas hal ini sama sekali selama keynote hari ini.

Google belum cukup siap untuk meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi jam tangan pintarnya, namun Google menjanjikan beberapa peningkatan besar dalam masa pakai baterai. Perusahaan mengatakan Wear OS 5 akan mengonsumsi daya 20 persen lebih sedikit dibandingkan Wear OS 4 jika pengguna berlari maraton. Wear OS 4 memang memberikan peningkatan pada masa pakai baterai untuk jam tangan pintar yang mendukungnya, namun masih jauh lebih baik dalam mengelola daya perangkat. Google juga memberikan panduan baru kepada pengembang tentang cara menghemat daya dan baterai, sehingga mereka dapat membuat aplikasi yang lebih efisien.

Pratinjau pengembang Android 15 mungkin telah berlangsung selama berbulan-bulan, tetapi masih ada fitur yang akan hadir. Kunci Deteksi Pencurian adalah salah satu fitur baru Android 15 yang akan menggunakan AI (ini lagi) untuk memprediksi pencurian ponsel dan mengunci berbagai hal sesuai dengan itu. Google mengatakan algoritmenya dapat mendeteksi gerakan yang terkait dengan pencurian, seperti gerakan yang terkait dengan mengambil ponsel dan berjalan pergi, mengendarai sepeda, atau mengemudi. Jika ponsel Android 15 memilih salah satu situasi ini, layar ponsel akan terkunci dengan cepat, sehingga menyulitkan pembajak ponsel untuk mengakses data Anda.

READ  Meluangkan waktu untuk bermain video game multipemain bersama teman adalah hal yang penting

Ada banyak pembaruan lainnya juga. Google mengatakan akan menambahkan tanda air digital ke video dan teks yang dihasilkan AI, menjadikan Gemini dapat diakses di panel samping di Gmail dan Dokumen, mendukung kolega virtual yang didukung AI di Workspace, mendengarkan panggilan telepon, dan mendeteksi apakah Anda benar-benar ditipu. waktu, dan masih banyak lagi.

Ikuti semua berita dari Google I/O 2024 secara langsung Di Sini!

Diperbarui pada 15 Mei, 14:45 ET: Kisah ini diperbarui setelah publikasi untuk menyertakan detail tentang pengumuman Android 15 dan WearOS 5 baru yang dirilis setelah keynote I/O 2024.