Mei 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Chip Exynos 2500 Samsung Galaxy S25 mungkin menyamai Snapdragon dalam hal efisiensi

Chip Exynos 2500 Samsung Galaxy S25 mungkin menyamai Snapdragon dalam hal efisiensi

Setelah chipset Exynos 2200 yang mengecewakan, divisi smartphone Samsung memutuskan untuk menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 2 secara eksklusif untuk Galaxy S23. Dengan Galaxy S24, chip Exynos kembali dan ternyata merupakan chip yang bagus. Dengan chip Exynos andalan berikutnya, yang dirancang untuk Galaxy S25, Samsung bertujuan untuk menyamai efisiensi chipset Snapdragon.

Chipset Exynos 2500 3nm kabarnya telah dikonfirmasi untuk Galaxy S25

Laporan baru dari Penerbitan Korea Selatan Bisnis Korea Samsung mengklaim akan membekali Galaxy S25 dengan prosesor Exynos 2500. Chipset baru ini akan diproduksi menggunakan node proses 3nm generasi kedua dari Samsung Foundry (SF3). Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Synopsis, sebuah perusahaan otomasi desain elektronik (EDA) global, untuk meningkatkan efisiensi daya chip 3nm miliknya.

Exynos 2500 tidak akan menjadi chip 3nm pertama Samsung, karena Exynos W1000 untuk Galaxy Watch 7 akan menjadi chip 3nm pertama perusahaan pada Juli 2024.

Samsung Foundry adalah perusahaan pertama yang memulai produksi massal chip 3nm menggunakan arsitektur transistor baru yang disebut Gate Allaround (GAA). Struktur baru ini mengurangi kebocoran daya dan meningkatkan arus motor, sehingga meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi panas. Sebagai perbandingan, chip 3nm lainnya, seperti chip M4 di iPad Pro baru Apple, dibuat menggunakan proses 3nm TSMC, yang menggunakan arsitektur FinFET lama.

Saksikan perbandingan kami antara Galaxy S24+ dengan chip Exynos 2400 dan Galaxy S24 Ultra dengan chip Snapdragon 8 Gen 3 untuk Galaxy, pada video di bawah ini.

Setelah membuktikan bahwa Exynos 2400 adalah chipset yang kuat dan berfungsi dengan baik serta mewakili peningkatan yang signifikan dibandingkan chip Exynos generasi sebelumnya, kepercayaan Samsung terhadap chipset Exynos semakin meningkat. Oleh karena itu, perusahaan telah memutuskan untuk menggunakan prosesor Exynos 2500 untuk beberapa unit Galaxy S25 dan Galaxy S25+. Galaxy S25 Ultra kemungkinan akan tetap menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 4.

READ  NVIDIA menghadirkan GeForce RTX 4080 SUPER yang ditandatangani oleh CEO-nya Jensen Huang

Apa yang diharapkan dari Galaxy S25?

Galaxy S25 diharapkan memiliki desain yang benar-benar baru, kualitas kamera yang lebih baik, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Ponsel ini juga dapat menampilkan komunikasi satelit dua arah untuk komunikasi darurat. Kemungkinan akan menjalankan Android 15 One UI 7.1 dan mendapatkan pembaruan OS Android utama selama tujuh tahun.

Lebih banyak fitur Galaxy S25 kemungkinan akan bocor menjelang tanggal peluncuran, yang diperkirakan terjadi pada Januari 2025.