Juli 12, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sekilas pasar smartphone Indonesia pada Q1 2024

Sekilas pasar smartphone Indonesia pada Q1 2024

  • Pasar ponsel pintar Indonesia tumbuh 27,4% YoY pada kuartal pertama tahun 2024, dengan pengiriman 10 juta unit.
  • Oppo menyalip Samsung sebagai merek terdepan di Indonesia dengan pertumbuhan 8,5% year-on-year.
  • Merek-merek transisi (itel, infinix, Tecno) mengalami pertumbuhan ekspor YoY terbesar (279% YoY) dan mengklaim posisi ketiga.

Pasar ponsel pintar Indonesia mencatatkan rekor pada kuartal pertama, menurut data Perusahaan Data Internasional (IDC). Ekspor naik 27,4% YoY hingga mencapai 10 juta unit pada kuartal pertama tahun 2024.

Pertumbuhan ini didorong oleh peluncuran kembali saluran ritel secara strategis menjelang musim Ramadhan dan permintaan yang kuat di semua segmen harga.

Selama kuartal ini, ponsel pintar kelas atas di segmen seharga US$600+ terus tumbuh secara signifikan sebesar 12,8% YoY dipimpin oleh Apple. Namun kisah sebenarnya terjadi pada segmen kelas menengah (US$200-US$600), yang benar-benar meledak dengan pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 73,4%. Perkembangan ini ditandai dengan diperkenalkannya model-model populer dari Apple, Samsung, vivo dan Xiaomi dalam kisaran harga tersebut. Bahkan ponsel murah (di bawah US$200) memiliki kinerja yang baik, dengan peningkatan yang lumayan sebesar 17,8% YoY, berkat Transsion dengan penawarannya yang ramah anggaran.

Meskipun segmen anggaran mengalami pertumbuhan yang signifikan, harga jual rata-rata (ASP) ponsel pintar di Indonesia hampir tidak berubah, dengan sedikit peningkatan sebesar 1,6% dibandingkan tahun lalu, mencapai US$215.

READ  Indonesia mensponsori 11 organisasi olahraga jelang Olimpiade Paris 2024