Juli 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berbahasa Indonesia: Musik Gamelan – Indonesia di Melbourne

Berbahasa Indonesia: Musik Gamelan – Indonesia di Melbourne

Para musisi gamelan tampil bersama di sebuah gereja kecil di Northcote, Melbourne Utara. Foto: Disediakan.

Pada bulan November 2023, sebuah peristiwa unik terjadi. Delapan grup gamelan yakni Gamelan Danta, Kakabi Suling Melbourne, Gamelan Mahindra Bali, Gamelan Komunitas Melbourne, Muki Rahayu, Putra Panji Asmara, Talo Palak, Chelonding Sapta Nugraha tampil bersama di sebuah gereja kecil di Northcote, pinggiran kota Melbourne Utara.

Pertemuan ini didedikasikan untuk Pak Bodijono, seorang ahli talang (dalang), pemusik, penari dan guru gamelan Jawa. Dia mengajar di Australia selama lebih dari 45 tahun dan meninggal pada tanggal 30 Januari 2021.

Di episode Talking Indonesia kali ini, Begitu juga dengan Ambio Ngobrol dengan penyelenggara pertemuan ini: John Cheong-Holtwayseorang musisi gamelan Australia; Eka Potijono, putri mendiang Bach Bodijono; Dan Suku JoslinSeorang seniman biracial yang kemudian berdamai dengan keturunan Indonesianya.

Kami berbicara tentang perbedaan antara gamelan dan genre musik lainnya, peran gamelan di luar konser, dan menjadi bagian dari kancah musik gamelan di kota seperti Melbourne. Kami juga menyinggung sejumlah seniman dan kelompok gamelan Rhea Sommertjo, Beni Chandra Rini, Gamelan Danta, Bli Puding Septa, Desak Puttu Varti dan Shankar Lestari.

Pada tahun 2024, podcast Talking Indonesia dipandu oleh Tito Ambio dari RMIT dan Dr Elizabeth Kramer dari University of New South Wales. Dr Gemma Burde Universitas Monash dan Dr.Jackie Baker dari Universitas Murdoch.

Tonton podcast Talking Indonesia baru setiap dua minggu. Tangkap episode sebelumnya di sini dan berlangganan di sini Podcast Apple Atau dengarkan melalui aplikasi podcasting favorit Anda.