September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sedikitnya 12 orang tewas dan ratusan terluka dalam kebocoran gas di Yordania di pelabuhan Aqaba

Sedikitnya 12 orang tewas dan ratusan terluka dalam kebocoran gas di Yordania di pelabuhan Aqaba

Sebuah video yang diambil oleh kamera pengintai terdekat, yang diterbitkan oleh saluran Al-Mamlaka milik negara, menunjukkan kontainer dipindahkan oleh derek sebelum jatuh, melepaskan awan bahan gas kuning ke kapal dan ke pelabuhan. Video menunjukkan orang-orang melarikan diri setelah kontainer jatuh.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Pusat Nasional untuk Manajemen Keamanan dan Krisis menyatakan bahwa “tepat pukul 16:15 sore ini, kebocoran gas klorin terjadi di pelabuhan Aqaba karena jatuh dan meledaknya tangki yang mengandung zat ini.”

Seorang juru bicara Direktorat Keamanan Publik mengatakan bahwa tim spesialis bahan berbahaya dari Pertahanan Sipil Yordania telah dikirim ke tempat kejadian. Pertahanan Sipil Yordania mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa daerah itu telah dikarantina.

Kantor Berita resmi Jordan (Petra) melaporkan bahwa pada Senin malam waktu setempat, tumpahan racun telah dikendalikan dan tidak lagi menimbulkan bahaya.

Shboul menambahkan bahwa pihak berwenang telah membersihkan lokasi dan menutup daerah itu untuk mencegah korban lebih lanjut.

Adegan yang disiarkan oleh televisi pemerintah Yordania menunjukkan tim dengan pakaian hazmat di lokasi kecelakaan.

Pemerintah mengatakan delapan orang yang tewas adalah warga Yordania dan sisanya dari kebangsaan yang berbeda.

Di antara yang terluka, 123 menerima perawatan di rumah sakit. Menurut Direktorat Keamanan Publik negara itu, sekitar 45 dari mereka adalah karyawan Direktorat Keamanan Publik, Pertahanan Sipil dan Gendarmerie sebagai kader penanggap pertama.

Rumah sakit terdekat yang merawat yang terluka telah mencapai kapasitas maksimum mereka, menurut televisi Yordania, mengutip kepala Direktorat Kesehatan Aqaba, Jamal Obeidat.

Obeidat mengatakan bahwa rumah sakit lapangan akan menyebar dan menginstruksikan warga Aqaba untuk menutup jendela mereka dan tinggal di rumah mereka, menurut Al-Mamlaka Channel.

READ  Eropa meningkatkan dukungan untuk Ukraina saat Rusia menekan serangan

Pesawat juga telah dikirim untuk membantu evakuasi.

Aqaba adalah resor wisata populer yang terletak di Laut Merah. Kecelakaan itu membuat khawatir banyak wisatawan, tetapi Komisaris Pariwisata Nidal Al-Majali mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dampak difusi gas dibatasi oleh angin yang lambat.

Wayne Chang dan Irene Nasir dari CNN berkontribusi pada laporan ini.