Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Satelit NOAA menangkap mosaik Bumi untuk menampilkan pemandangan panorama yang menakjubkan

National Oceanic and Atmospheric Administration telah merilis gambar pertamanya NOAA-21 Visible Imaging Infrared Radiometer (VIIRS) Array Instrument.

Satelit yang baru diluncurkan menangkap pemandangan panorama Bumi yang menakjubkan, dibuat dari petak data yang diambil di seluruh dunia selama periode 24 jam antara 5 Desember dan 6 Desember.

Satelit yang mengorbit kutub memantau seluruh planet dua kali setiap hari, tidak seperti satelit geostasioner.

Menurut badan tersebut, gambar mozaik menunjukkan perairan biru cerah yang mengandung fitoplankton di Laut Karibia, sistem cuaca bergerak, dan kabut asap dari kebakaran pertanian di India utara.

2022 Cerita luar angkasa yang keluar dari dunia ini

Gambar di atas yang diambil oleh instrumen VIIRS NOAA-21 menunjukkan warna lautan di sekitar ujung selatan Florida dan Karibia.
(Kredit: Tim Gambar NOAA STAR VIIRS)

Warna biru kehijauan di sekitar Kuba dan Bahama disebabkan oleh sedimen di perairan dangkal di sekitar landas kontinen, kata Dr. Satya Calourie, seorang ilmuwan program satelit bersama, dalam sebuah pernyataan.

VIIRS Menyediakan pengukuran warna laut Membantu mendeteksi ganggang berbahaya dan memantau aktivitas fitoplankton dan suhu permukaan laut.

Citra satelit yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada 21 Oktober ini menunjukkan asap dari kebakaran hutan besar-besaran di atas pulau Kalimantan dan Sumatra di Indonesia.

Citra satelit yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada 21 Oktober ini menunjukkan asap dari kebakaran hutan besar-besaran di atas pulau Kalimantan dan Sumatra di Indonesia.
(AFP/AFP melalui Getty Images)

Di atas Bumi, instrumen — yang juga terbang di satelit NOAA-20 dan Suomi-NPP dari Common Polar System — dapat mendeteksi dan Mengukur intensitas kebakaran hutankekeringan dan banjir.

READ  Studi tersebut mengatakan bahwa asteroid yang membunuh dinosaurus juga menyebabkan tsunami global

Intensitas api dimasukkan ke dalam produk yang melacak ketebalan dan pergerakan asap api.

Kapsul ruang angkasa Rusia kemungkinan bocor karena pukulan mikrometer, kata pejabat

VIIRS juga menghasilkan produk lingkungan yang penting pada es, tudung es, awan, kabut, aerosol dan debu, serta kesehatan tanaman dunia.

Tidak seperti satelit geostasioner, satelit yang mengorbit kutub menangkap petak data di seluruh dunia dan memantau seluruh planet dua kali sehari.  Mosaik global ini, ditangkap oleh instrumen VIIRS pada satelit NOAA-21 yang baru diluncurkan, adalah gambar komposit yang dibuat dari petak-petak ini selama periode 24 jam antara 5 Desember dan 6 Desember 2022.

Tidak seperti satelit geostasioner, satelit yang mengorbit kutub menangkap petak data di seluruh dunia dan memantau seluruh planet dua kali sehari. Mosaik global ini, ditangkap oleh instrumen VIIRS pada satelit NOAA-21 yang baru diluncurkan, adalah gambar komposit yang dibuat dari petak-petak ini selama periode 24 jam antara 5 Desember dan 6 Desember 2022.
(Tim SDR di NOAA STAR VIIRS.)

Perangkat diluncurkan dari Vandenberg Space Force Base pada 10 November.

NOAA-21, sebelumnya dikenal sebagai JPSS-2, adalah satelit operasional kedua dalam rangkaian yang disebut Sistem Satelit Polar Bersama.

Klik di sini untuk aplikasi FOX NEWS

NOAA dan NASA mengawasi pengembangan, peluncuran, pengujian, dan pengoperasian semua satelit dalam sistem.