Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lihat satu-satunya foto permukaan Venus yang pernah diambil

Lihat satu-satunya foto permukaan Venus yang pernah diambil

Meskipun puluhan tahun dihabiskan untuk menjelajahi tata surya kita, masih banyak yang belum dicapai manusia, dan masih banyak yang belum kita jelajahi dengan baik. Salah satu hal terpenting yang masih perlu dieksplorasi adalah planet lain di tata surya kita. Tentu, kita punya gambar Mars, tapi bagaimana dengan gambar permukaan Venus? Berapa banyak kita menemukan planet itu? Jawabannya: tidak banyak.

Meskipun Anda dapat menemukan lusinan, bahkan ratusan gambar permukaan Mars, tetangga Bumi lainnya, Venus, terbatas pada serangkaian gambar yang diambil pada awal 1980-an. Selain itu, gambar-gambar tersebut tidak diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA, karena NASA belum mendaratkan pesawat ruang angkasa di permukaan planet tersebut. Sebaliknya, satu-satunya gambar permukaan Venus yang harus kita lihat diambil oleh pesawat ruang angkasa era Soviet lebih dari 40 tahun yang lalu.

Venus adalah planet kedua dari Matahari, terletak di antara Bumi dan Merkurius. Jaraknya sekitar 125 juta mil dari Bumi, hanya 12 juta mil dari Mars, planet yang telah kita jelajahi secara besar-besaran untuk mencari kehidupan di luar kehidupan kita. Sebagai kembaran Bumi, mempelajari lebih banyak tentang Venus telah menjadi persyaratan bagi para astronom selama beberapa dekade—jadi mengapa satu-satunya gambar permukaan Venus begitu tua?

Karena sangat sulit mendapatkan pesawat luar angkasa di sana. Venus sangat bermusuhan, sehingga hingga saat ini, NASA hanya menyelesaikan satu kali terbang melewati Venus dengan satu pesawat ruang angkasa, Mariner 2, pada tahun 1962. Pesawat ruang angkasa tersebut menyelesaikan survei kembaran Bumi selama 42 menit, tetapi baru pada tahun 1970, ketika Soviet mendaratkan Venera 7 di planet ini. Pada tahun 1975, kamera Venera 9 mendarat, dan mengambil beberapa gambar terbaik dari permukaan Venus.

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb mendeteksi galaksi mirip Bima Sakti yang bersembunyi di alam semesta awal

Venera 10, Venera 13, dan Venera 14 akan terus memotret permukaan sepanjang awal 1980-an. Tapi untuk setiap pesawat ruang angkasa yang berhasil, yang lain gagal, dan ketika pesawat ruang angkasa Soviet Venera 3 menabrak Venus pada tahun 1965, itu adalah yang pertama berhasil setelah delapan misi gagal. Permukaannya yang membuat planet ini begitu bermusuhan—foto-foto permukaan Venus menunjukkan bentang alam yang retak dan berdebu.

Panas yang parah dan tekanan atmosfer yang luar biasa mendominasi lanskap ini. Di Venus, suhu berkisar antara 820 hingga 900 derajat Fahrenheit (437 hingga 482 derajat Celcius), membuatnya jauh lebih sulit untuk dijelajahi daripada permukaan Mars yang lebih dingin, yang rata-rata serendah 81 derajat Fahrenheit (-63 derajat Celcius).

Tentu saja, ini semua bisa berubah dalam beberapa tahun ke depan, kapan NASA memulai rangkaian misi terbarunya ke Venus, dimulai dengan pesawat ruang angkasa DAVINCHI, yang akan mempelajari penurunan atmosfer planet. Dengan misi lain yang akan menyusul, mungkin NASA akan segera memiliki beberapa gambar baru dari permukaan Venus untuk ditampilkan. Namun, untuk saat ini, itu hanya perlu.