Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Samsung optimistis dengan smartphone yang mengandalkan kecerdasan buatan, meski kehilangan predikat terlaris

Samsung optimistis dengan smartphone yang mengandalkan kecerdasan buatan, meski kehilangan predikat terlaris

Jung Yeon-ji/AFP/Getty Images

Gedung Samsung di Seoul.


Hongkong
CNN

Samsung melaporkan penurunan laba keempat berturut-turut pada hari Rabu, mengakhiri tahun suram yang juga membuat Samsung kehilangan mahkotanya sebagai pembuat ponsel pintar terbesar di dunia.

Raksasa teknologi Korea Selatan ini melaporkan penurunan laba sebesar 35% pada hari Rabu, sebuah tanda betapa permintaan terhadap perangkat konsumen dan chip yang mereka gunakan terus melambat.

Perusahaan mengatakan laba operasionalnya turun menjadi 2,8 triliun won (sekitar $2,1 miliar) pada kuartal Desember. perbandingan Senilai 4,3 triliun won ($3,5 miliar) tahun laludan kira-kira sesuai dengan itu Perkiraan pendapatan Itu dibagikan awal bulan ini.

Meski begitu, Samsung optimistis akan kembalinya permintaan perangkat seluler pada tahun ini.

Perusahaan mengatakan kepada investor bahwa mereka memperkirakan pasar ponsel pintar akan pulih pada tahun 2024, terutama dengan diperkenalkannya produk-produk baru, seperti ponsel pintar bertenaga AI, yang bertujuan untuk “merangsang peningkatan permintaan.”

Samsung yang juga telah lama menjadi penjual ponsel pintar terkemuka di dunia, Itu telah terlampaui Dari apel (Unta) pada kuartal keempat yang biasanya merupakan waktu puncak bagi pengecer karena musim belanja liburan akhir tahun.

berdasarkan Perusahaan riset pasar IDCpembuat iPhone menguasai 20,1% pangsa pasar global pada tahun 2023, sedikit lebih tinggi dari pangsa Samsung sebesar 19,4%.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengakui adanya “penurunan penjualan ponsel pintar” selama kuartal keempat, meski mencatat peningkatan permintaan ponsel pintar kelas atas dibandingkan tiga bulan sebelumnya. Ia mengatakan, penjualan tablet juga melonjak karena konsumen tergiur dengan peluncuran produk baru tersebut.

Samsung Negara ini sedang berjuang melawan hambatan di banyak bidang. Pasca sejarah Kekurangan pasokan Selama krisis Covid, permintaan semikonduktor menurun selama setahun terakhir karena permintaan konsumen terhadap elektronik masih lemah akibat ketidakpastian ekonomi global. Itu adalah pembayaran yang sangat besar kerugian Samsung, produsen chip memori terbesar di dunia.

READ  Lintasan saham Carvana naik 97% tahun ini karena harga mobil bekas jatuh

Perusahaan Rabu untuk menerbitkan Kerugian sebesar 14,9 triliun won (sekitar $11,2 miliar) untuk unit solusi perangkat kerasnya, yang mencakup bisnis chip memori, pada tahun 2023, dibandingkan dengan keuntungan sebesar 23,8 triliun won ($17,8 miliar) pada tahun sebelumnya.

Namun pasar diperkirakan akan pulih secara bertahap tahun ini “meskipun terdapat berbagai potensi hambatan, termasuk kebijakan suku bunga dan masalah geopolitik,” kata Samsung dalam sebuah pernyataan. penyataan Rabu.

Perusahaan menambahkan bahwa mereka dapat menetapkan harga chip memori yang lebih tinggi pada kuartal keempat dibandingkan kuartal sebelumnya, yang menunjukkan “sedikit peningkatan kinerja.”

Namun Samsung memperingatkan bahwa mereka akan terus menghadapi tantangan. “Karena ketidakpastian makroekonomi yang terus berlanjut diperkirakan akan berdampak pada lingkungan bisnis jangka pendek, perusahaan memperkirakan pendapatan pada paruh pertama tahun 2024 akan menunjukkan peningkatan yang moderat, dengan peningkatan yang lebih signifikan diperkirakan terjadi pada paruh kedua tahun ini.” Setahun,” katanya.

Saham Samsung turun 1,6%. Di Seoul pada hari Rabu.