Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

“Sampah satu orang” adalah… komputer bersejarah langka seharga .000

“Sampah satu orang” adalah… komputer bersejarah langka seharga $60.000

Menurut Majalah Smithsonian, sebuah perusahaan penyelamat di London sedang membersihkan properti dan menemukan komputer yang tampak aneh. Tidak ada yang tahu apa itu, dan mereka tidak dapat menemukan apa pun dengan pencarian online cepat. Kedua perangkat tersebut sangat langka Komputer Q1 Ini dimulai pada awal tahun 1970-an.

Meskipun perangkat ini tampak sangat besar, mereka memiliki CPU Intel 8008 namun memiliki monitor, keyboard, dan printer internal. Kedua mesin tersebut kurang dikenal di Universitas Kingston di London, dan sekarang dijual. Mereka kemungkinan akan mendapatkan sekitar $60,000 masing-masing. Lumayan untuk sisa sisa.

Ironisnya, label harga $60.000 lebih murah dari harga aslinya yaitu $90.000. Artikel tersebut mencatat bahwa beberapa Q1 telah digunakan di lokasi NASA di seluruh Amerika Serikat. Ada juga laporan bahwa itu dijual di Eropa dan Asia. Tidak jelas apakah perangkat baru tersebut merupakan salah satu perangkat Q1 yang menggunakan Zilog Z80, bukan 8008, atau apakah kedua perangkat tersebut menggunakan CPU Q1 asli.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Q1, Anda belum membaca Hackaday, tetapi Anda dapat menonton video di bawah ini. Tentu, ini adalah mesin Z80, tapi Anda bisa mengintip ke dalamnya. 8008 mempunyai reputasi yang buruk, tetapi pada periode itu, ia tentu saja berteknologi tinggi.

READ  Museum menyiapkan N64 GoldenEye multi-layar untuk mencegah 'kecurangan layar'