April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sam Bankman Fried harus membayar kembali $11 miliar.  Bagaimana dia bisa melakukan itu?

Sam Bankman Fried harus membayar kembali $11 miliar. Bagaimana dia bisa melakukan itu?


New York
CNN

Seorang hakim federal pada hari Kamis memerintahkan Sam Bankman-Fried untuk membayar kembali lebih dari $11 miliar sebagai bagian dari hukumannya karena menipu pelanggan dan investor di bursa mata uang kripto FTX yang gagal.

Para ahli mengatakan jumlah ini kemungkinan besar akan membuat dia kembali miskin secara finansial selama sisa hidupnya.

“Penyitaan ini dirancang untuk memastikan bahwa jika SBF menghasilkan uang, maka itu bukan miliknya, tapi milik pemerintah dan para korban,” Mitchell Ebner, mantan jaksa federal, mengatakan kepada CNN. “Dia tidak akan pernah bisa mengumpulkan uang seumur hidupnya, dan penyitaan tidak bisa dihilangkan melalui kebangkrutan.”

Pengadilan mempunyai keleluasaan dalam menetapkan jumlah penyitaan, namun hal ini sebagian besar didasarkan pada jumlah uang yang diperoleh terdakwa selama kejahatannya, bukan jumlah yang dapat diharapkan untuk dibayarkan.

Dalam nota hukuman mereka awal bulan ini, jaksa federal memaparkan alasan mereka meminta penyitaan sebesar $11 miliar. Mereka mengatakan $8 miliar mewakili jumlah yang diperoleh Bankman Fried dari “penipuan kawat, konspirasi untuk melakukan penipuan kawat pada pelanggan FTX, dan properti yang terlibat dalam konspirasinya untuk mencuci hasilnya.” $1,72 miliar lainnya mewakili jumlah yang dikumpulkan FTX dari investor berdasarkan klaim palsu, dan $1,3 miliar mewakili uang yang harus dibayarkan perusahaan perdagangan cryptocurrency Bankman-Fried kepada pemberi pinjaman, kata jaksa.

Berbeda dengan restitusi, dimana dana dari aset yang hilang langsung diberikan kepada korban, dana dari penyitaan disita oleh pemerintah dan diserap ke dalam Departemen Keuangan AS.

Hakim Distrik AS Lewis Kaplan mengatakan pada hari Kamis bahwa “tidak praktis” untuk memerintahkan restitusi karena sifat kompleks dari kasus ini dan jumlah korban yang terlibat. Namun dia memutuskan bahwa pemerintah dapat memberikan kompensasi kepada korban keruntuhan FTX dengan aset yang disita.

READ  UAW, pembuat mobil menunjukkan kemajuan setelah berhari-hari mengalami stagnasi - sumber

“Dalam kasus seperti ini, pemerintah dan pengadilan akan memiliki gambaran yang baik tentang aset (Bankman-Fried) dan nilainya,” kata Anthony Capozzolo, mantan asisten pengacara AS untuk Distrik Timur New South Wales. York.

Tidak jelas berapa kekayaan Bankman-Fried saat ini, tetapi kemungkinan besar nilainya tidak mendekati $11 miliar.

Penentuan jumlah uang yang akan diterima oleh korban merupakan bagian dari proses internal Divisi Pencucian Uang dan Pemulihan Aset Departemen Kehakiman. Hal ini dapat menunda waktu yang dibutuhkan korban untuk melihat jenis pembayaran apa pun.

Mendapatkan kompensasi bagi korban kejahatan kerah putih bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Juni lalu, pengacara Elizabeth Holmes, mantan CEO Theranos, mengatakan dia memiliki “kemampuan finansial yang terbatas” dan tidak boleh dipaksa membayar $250 sebulan kepada korban kejahatannya setelah dia dibebaskan dari penjara. Holmes dan mantan COO Theranos Ramesh “Sunny” Balwani diperintahkan untuk membayar ganti rugi sekitar $452 juta kepada para korban.

Bernard Madoff, yang dijatuhi hukuman 150 tahun penjara karena skema Ponzi senilai $20 miliar yang dipimpinnya, diperintahkan untuk kehilangan lebih dari $170 miliar ketika dia… Dia dijatuhi hukuman pada tahun 2009. Dampak dari skema ini masih terasa lebih dari 15 tahun kemudian, dengan pembayaran terakhir sekitar $158 juta diumumkan pada bulan Desember 2023. Hingga saat ini, Departemen Kehakiman telah mendistribusikan kembali sekitar $4 miliar kepada para korban Madoff.

Saat ia hampir menjalani hukuman 25 tahun penjara, aset Bankman-Fried akan diserahkan kepada pemerintah, dan sisa uang utangnya akan tetap disimpan secara simbolis sampai ia dibebaskan.

“Sebenarnya, hal itu tidak relevan saat ini,” kata Peter Katz, mantan pengacara di divisi penipuan Departemen Kehakiman.

READ  Chipotle mengakhiri 'peretasan' yang memungkinkan pelanggan memesan burrito $3

Ketika Bankman-Fried yang berusia 32 tahun keluar dari penjara, secara teoritis pemerintah dapat mengambil bagian dari pendapatan yang ia peroleh, namun Katz mengatakan hal itu mungkin tidak sepadan dengan waktu yang mereka habiskan.

“Secara teori, mereka bisa mengejar penghasilan apa pun yang dia peroleh, namun kenyataannya adalah jika dia akhirnya mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan jutaan dolar atau jika dia mempunyai rejeki nomplok secara finansial, mereka akan mengejarnya,” kata Katz. “Jika dia pergi dan mendapat pekerjaan di 7-Eleven dan mendapat penghasilan $20 per jam, dia akan bisa hidup.”

“Pemerintah tidak ingin terdakwa menjadi milik negara, tapi mereka tidak bermurah hati,” kata Capozzolo. “Mereka akan melihat berapa penghasilannya dan berapa banyak yang dia habiskan untuk kebutuhan dan sewa.”

Besarnya perintah penyitaan berarti bahwa Bankman-Fried tidak akan pernah bisa merasa nyaman secara finansial, karena pemerintah dapat mengejar dia untuk mendapatkan uang dan aset selamanya.