Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham VinFast naik dalam debut pembuat mobil listrik Vietnam di Nasdaq

Saham VinFast naik dalam debut pembuat mobil listrik Vietnam di Nasdaq

  • VinFast memulai debutnya setelah bergabung dengan kendaraan tujuan khusus
  • Saham dibuka pada $22 untuk kesepakatan $10 yang disetujui dengan partner SPAC
  • CFO melihat peningkatan modal dalam 18 bulan ke depan ‘pasti’
  • VinFast untuk mengubah model distribusi – CEO

HANOI/SINGAPURA, 15 Agustus (Reuters) – Saham VinFast Inc (VFS.O) naik dalam perdagangan tipis dalam debutnya di Nasdaq pada hari Selasa setelah daftar belakang pembuat mobil listrik Vietnam senilai $23 miliar karena startup tersebut mengatakan kemungkinan akan mengumpulkan uang dari investor global di dalamnya. 18 bulan.

Saham dibuka dengan harga $22, lebih dari dua kali lipat $10 per saham yang disetujui dengan mitra SPAC VinFast Black Spade Acquisition (BSAQ.A) yang menilai VinFast pada $23 miliar.

Itu naik lebih jauh selama sesi, berakhir pada $37,06 dan menilai perusahaan EV non-dividen, pada $85 miliar, lebih dari nilai pasar Ford (FN) $48 miliar, dan nilai saham General Motors (GMN) sebesar $46 miliar. .

Menurut data Refinitiv, saham perusahaan senilai $185 juta diperdagangkan.

Penggabungan dengan SPAC memberi Vinfast entri pasar karena pendiri Pham Nhat Vuong berharap untuk mengakuisisi pemimpin industri Tesla (TSLA.O) dengan pabrik senilai $4 miliar yang sedang dibangun dan pendekatan baru untuk penjualan. di pedagang.

Orang terkaya di Vietnam, Vuong adalah pemilik manfaat dari 99% dari 2,3 miliar saham biasa VinFast pasca-merger melalui perusahaan induknya dan anak perusahaannya.

“Kami memiliki sejumlah investor strategis dan investor institusional. Kami berharap dapat merumuskan beberapa jenis peningkatan modal selama 18 bulan ke depan, pasti,” kata David Mansfield, kepala keuangan Finfast, kepada Reuters.

VinFast telah mengirimkan hampir 3.000 kendaraan ke Amerika Utara sejak akhir tahun lalu, tetapi penjualan awal lambat. S&P Global Mobility mengatakan hanya 137 Vinfast EV yang telah terdaftar di AS hingga Juni.

READ  Pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat selama 5 tahun ke depan - beberapa membayar lebih dari $100.000

“Street memusatkan perhatian pada para pemimpin di perbatasan berikutnya dengan beberapa pemenang, bersama dengan Tesla, dalam gelombang pasang hijau ini selama beberapa tahun mendatang,” kata Dan Ives, analis di Wedbush Securities.

CEO VinFast Le Thi Thu Thuy mengatakan perusahaan sedang bekerja untuk mengubah model distribusinya, yang didasarkan pada pendekatan langsung ke konsumen Tesla, dan diharapkan melibatkan dealer di pasar luar negeri.

“Kami beralih ke model hybrid di mana kami memiliki ruang pamer sendiri dan juga berbicara dengan dealer untuk membuka ruang pamer dealer,” kata Thuy dalam wawancara dengan Reuters.

VinFast dibentuk sebagai unit dari Vingroup konglomerat terbesar Vietnam (VIC.HM). Vuong, Vingroup dan afiliasinya telah menginvestasikan $9,3 miliar pada pembuat EV, menurut pengajuan bulan Juni. Vuong menjanjikan $2,5 miliar pada bulan April untuk mendukung pembuat mobil listrik, termasuk $1 miliar dari kekayaan pribadinya.

Pendapatan kuartal pertama VinFast turun 49% dari tahun sebelumnya, dan membukukan kerugian bersih sebesar $598 juta. Pada tahun 2022, perusahaan membukukan kerugian sebesar $2,1 miliar.

Saya mulai membangun pabrik senilai $4 miliar di North Carolina.

VinFast memasuki pasar AS dan Eropa pada saat harga kendaraan listrik berada di bawah tekanan, dipimpin oleh pemimpin pasar Tesla dan sekelompok perusahaan China.

VF8 VinFast mulai dari $46.000 di California, dibandingkan dengan $47.740 untuk Tesla Model Y sebelum kredit pajak federal sebesar $7.500 untuk Tesla diperhitungkan.

Thuy mengatakan VinFast bergerak menuju “memotong biaya di masa depan.”

READ  Penjualan dan pengiriman Tesla meningkat pada kuartal kedua karena permintaan kredit pajak meningkat

Thuy mengatakan VinFast berharap untuk membawa EV VF9 yang lebih besar ke pasar AS pada akhir tahun dan sedang dalam proses mendapatkan mobilnya yang disertifikasi oleh regulator keselamatan di Eropa.

(Laporan oleh Phuong Nguyen, Yantultra Ngoy dan Javier Singh Shekhawat; laporan tambahan oleh Ben Kleiman di Detroit dan Noel Randewich di Oakland. California; Disunting oleh Kevin Krulicki, Connor Humphreys, Mark Potter, Jonathan Otis dan Sonali Paul

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Akuisisi hak lisensimembuka tab baru

Francesco memimpin tim reporter di Vietnam yang meliput berita keuangan dan politik teratas di negara Asia Tenggara yang berkembang pesat dengan fokus pada rantai pasokan dan investasi manufaktur di beberapa sektor, termasuk elektronik, semikonduktor, otomotif, dan energi terbarukan. Sebelum di Hanoi, Francesco bekerja di Brussel untuk urusan Uni Eropa. Dia juga menjadi bagian dari tim inti global Reuters yang meliput pandemi COVID-19 dan terlibat dalam investigasi pencucian uang dan korupsi di Eropa. Dia adalah seorang pengelana yang rajin, selalu ingin mengemas ransel untuk menjelajahi tempat-tempat baru.