Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham Tesla turun 10% setelah laporan pengiriman

Kendaraan Tesla dipajang di pusat penjualan dan servis di Vista, California, 3 Juni 2022.

Mike Blake | Reuters

saham Tesla Itu turun 10% pada Selasa pagi, sehari setelah laporan pembuat mobil listrik itu Angka produksi dan pengiriman kendaraan pada kuartal keempat tahun 2022.

Pengiriman adalah perkiraan terdekat dengan penjualan yang diungkapkan oleh Tesla. Perusahaan melaporkan 405.278 total pengiriman untuk kuartal tersebut dan 1,31 juta total pengiriman untuk tahun ini. Angka-angka ini merupakan rekor untuk Elon MuskDipimpin oleh industri otomotif, tumbuh 40% dalam pengiriman dari tahun ke tahun, tetapi jauh dari ekspektasi analis.

Berita investasi terkait

CNBCPro

Menurut konsensus perkiraan analis yang disusun oleh FactSet, per 31 Desember 2022, Wall Street mengharapkan Tesla mencatat sekitar 427.000 pengiriman untuk kuartal keempat tahun ini. Estimasi yang diperbarui pada bulan Desember, yang termasuk dalam konsensus FactSet, berkisar antara 409.000 hingga 433.000.

Perkiraan baru-baru ini sejalan dengan konsensus yang disusun oleh perusahaan dan didistribusikan oleh Martin Ficha, wakil presiden hubungan investor Tesla.

Beberapa analis Wall Street berpikir pengiriman Tesla yang hilang menimbulkan masalah bagi pembuat mobil listrik, tetapi yang lain berpikir demikian Peluang untuk membeli perusahaan pada tahun 2023.

Analis Baird Ben Kallo, yang baru-baru ini menyebut Tesla sebagai pilihan teratas untuk tahun 2023, mempertahankan peringkat tersebut dan mengatakan dia akan tetap menjadi pembeli saham menjelang laporan pendapatan perusahaan, yang dijadwalkan pada 25 Januari.

“Pengiriman pada kuartal keempat meleset dari konsensus tetapi melebihi perkiraan kami,” katanya dalam sebuah catatan pada hari Selasa. “Yang penting, produksi meningkat 20% secara berurutan, yang kami perkirakan akan berlanjut hingga 2023 karena pabrik raksasa di Berlin dan Austin terus meningkat.”

READ  Dow berjangka jatuh karena imbal hasil terus meningkat; Twitter menjatuhkan sentuhan terbaru Elon Musk

Analis di Goldman Sachs mengatakan mereka melihat laporan pengiriman sebagai “semakin negatif,” dan memandang Tesla sebagai perusahaan “berposisi baik untuk pertumbuhan jangka panjang.” Goldman menegaskan kembali peringkat beli pada saham tersebut dalam sebuah catatan pada hari Senin dan mengatakan membuat kendaraan lebih terjangkau dalam lingkungan makro yang menantang akan menjadi “pendorong utama pertumbuhan.”

“Kami yakin diskusi utama dari sini adalah tentang apakah pengiriman kendaraan, margin, dan merek Tesla dapat dipercepat,” kata para analis.

Saham Tesla mengalami aksi jual selama setahun pada tahun 2022, yang menyebabkan hal ini CEO Musk untuk memberi tahu staf pada akhir Desember agar tidak “terlalu kesal dengan kegilaan pasar saham”.

musk Menyalahkan Penurunan harga saham Tesla sebagian disebabkan oleh suku bunga yang lebih tinggi. Tetapi para kritikus menunjuk pada kekayaannya yang mencapai $44 miliar Twitter Akuisisi sebagai biang keladi segmen terbesar.

Analis Morgan Stanley mengatakan mereka percaya kelemahan harga saham perusahaan adalah “kesempatan membeli.”

“Antara latar belakang keseluruhan yang memburuk, keterjangkauan rekor yang lebih tinggi, dan persaingan yang meningkat, ada rintangan yang harus diatasi oleh semua perusahaan mobil di tahun mendatang,” kata mereka dalam sebuah catatan pada hari Selasa. “Namun, dengan latar belakang ini, kami yakin TSLA memiliki potensi untuk memperluas kepemimpinannya dalam perlombaan kendaraan listrik, karena memanfaatkan biaya dan keuntungan skala untuk menjauhkan diri dari persaingan.”

Laura Kolodny dan Michael Blum dari CNBC berkontribusi pada laporan ini.