Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham HP Inc. jatuh.  Setelah pendapatan mengecewakan

Saham HP Inc. jatuh. Setelah pendapatan mengecewakan

HP
perusahaan.

Perusahaan ini melaporkan hasil keuangan yang beragam, menunjukkan dampak melemahnya permintaan printer dan harga PC yang lebih rendah dari perkiraan. Dengan perbaikan fundamental yang lebih lambat dari perkiraan perusahaan, manajemen memangkas prospek tahun fiskal pada Oktober 2023.

Saham (simbol saham: HPQ) turun 5,3% menjadi $29,70 di akhir perdagangan.

Untuk kuartal fiskal ketiga yang berakhir pada tanggal 31 Juli, HP melaporkan pendapatan sebesar $13,2 miliar, turun 9,9% dari kuartal tahun lalu, dan tepat di bawah konsensus Wall Street sebesar $13,4 miliar. Berdasarkan penyesuaian, laba adalah 86 sen per saham, sejalan dengan perkiraan Street dan dalam kisaran 81 hingga 91 sen yang diharapkan oleh manajemen. Berdasarkan GAAP, HP memperoleh 76 sen per saham, berada di atas kisaran pedoman 61 hingga 71 sen.

Enrique Lloris, CEO HP, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa perusahaan “terus berkinerja lebih baik di pasar yang penuh tantangan,” dengan pertumbuhan berurutan dalam laba per saham, laba operasional, dan arus kas bebas. Dia mengatakan bisnis PC perusahaannya memperoleh pangsa pasar secara berurutan dan dari tahun ke tahun, dengan margin operasi yang meningkat.

Namun Loris juga mengatakan, “Harga PC tidak membaik secepat yang kami harapkan.” Dia mencatat bahwa meskipun permintaan secara keseluruhan lebih kuat dari perkiraan, terutama untuk PC konsumen, tingkat persediaan yang tinggi di seluruh industri memberikan tekanan pada harga.

Pengumuman – gulir untuk melanjutkan

Sementara itu, katanya, perlambatan perekrutan korporat, antara lain, telah menyebabkan rendahnya permintaan PC korporat. Loris mengatakan dia memperkirakan persaingan harga yang ketat akan terjadi setidaknya seperempat lagi sebelum persediaan kembali normal.

Personal Systems Group dari HP, bisnis PC perusahaan, memperoleh pendapatan kuartal sebesar $8,9 miliar, turun 11% dari tahun lalu dan sedikit di atas konsensus Street sebesar $8,7 miliar. Pendapatan PC Bisnis turun 11%, sedangkan pendapatan PC konsumen turun 12%.

READ  Pembatalan oleh United Airlines terus mempengaruhi penumpang di Bandara Internasional Denver

Sedangkan untuk printer, kata Loris, permintaan untuk model konsumen sangat lemah, sementara permintaan untuk printer komersial sedikit menurun. Dia mengatakan permintaan lemah di Tiongkok, “yang tidak pulih pada kuartal ketiga seperti yang kami perkirakan.”

Pengumuman – gulir untuk melanjutkan

Pendapatan grup percetakan adalah $4,3 miliar, turun 7% dari tahun lalu dan jauh dari konsensus Street sebesar $4,7 miliar. Pendapatan percetakan komersial turun 6% dari tahun sebelumnya, sementara pendapatan konsumen turun 28%.

Untuk kuartal Oktober, HP memperkirakan laba non-GAAP sebesar 85 hingga 97 sen per saham, kisaran yang titik tengahnya kurang dari konsensus Street sebesar 96 sen. Berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum, HP mengharapkan laba dalam kisaran 65 hingga 77 sen per saham.

HP kini memperkirakan laba non-GAAP untuk setahun penuh sebesar $3,23 hingga $3,35 per saham, turun dari kisaran sebelumnya sebesar $3,30 hingga $3,50 per saham. Pendapatan GAAP sekarang diperkirakan berada di kisaran $2,95 hingga $3,07 per saham, dibandingkan dengan kisaran sebelumnya di $2,91 hingga $3,11.

Pengumuman – gulir untuk melanjutkan

HP tidak membeli kembali saham apa pun pada kuartal ini, namun membayar utang jangka panjang sebesar $1,1 miliar. Loris mengatakan perusahaan berencana untuk memulai pembelian kembali saham pada kuartal Oktober pada tingkat yang cukup tinggi untuk mengimbangi dilusi kompensasi berbasis saham. Dia mengatakan pembelian yang lebih berani mungkin dilakukan pada tahun fiskal 2024.

Kirimkan surat kepada Eric J. Savitz di [email protected]